Apa Itu Clean Eating? Yuk Mengenal Segudang Manfaatnya untuk Kesehatanmu!

apa-itu-clean-eating?-yuk-mengenal-segudang-manfaatnya-untuk-kesehatanmu!
Apa Itu Clean Eating? Yuk Mengenal Segudang Manfaatnya untuk Kesehatanmu!

Apa Itu Clean Eating? Yuk Mengenal Segudang Manfaatnya untuk Kesehatanmu!

Cindy Novita | Beautynesia

Kamis, 18 Jul 2024 06:30 WIB

img-alt

Foto: freepik.com/freepik

Terdapat macam-macam jenis makanan lezat menggugah selera seperti junk food, gorengan, makanan olahan dari aci (seblak, cimol, cilok), dan lainnya. Tetapi meskipun lezat, makanan tersebut tidak menyehatkan. Terlebih lagi bila dikonsumsi setiap hari.

Menjaga pola makan yang sehat dan seimbang sangat penting untuk kesehatan tubuh. Kamu bisa menerapkannya dengan melakukan ‘clean eating’. Clean Eating merupakan pola makan sehat yang diutamakan asupan buah, sayuran, lemak sehat, kacang-kacangan, hingga mengonsumsi protein rendah lemak.

Hal ini mendorong kita untuk membuat makanan kita sendiri agar sebersih mungkin. Melansir Menu Aid, berikut 3 manfaat menerapkan ‘clean eating’ untuk kesehatan tubuh.

1. Meningkatkan Kesehatan Mental

Ilustrasi Seorang wanita tersenyum/Foto: freepik.com/tirachardz

Selain berdampak pada kesehatan fisik, pola makan bergizi penting untuk menjaga kesehatan mental kamu. Mengonsumsi makanan kaya akan vitamin dan mineral yang diperlukan untuk fungsi otak merupakan bagian dari pola makan sehat.

Mengonsumsi makanan olahan dan makanan cepat saji (junk food) justru dikaitkan dengan perubahan mood, kecemasan, dan kesedihan. Kemampuan mengelola stres dan kecemasan dapat meningkatkan produktivitas sehingga kamu akan menjalani segala aktivitas dengan efisien.

2. Mengurangi Risiko Penyakit Kronis

Ilustrasi Seorang wanita jatuh sakit/Foto: freepik.com/freepik

Pola makan yang tidak sehat justru mengundang banyak penyakit dalam tubuhmu. Sebaliknya, bila kamu menerapkan pola makan sehat membantu tubuhmu mengurangi risiko terkena penyakit kronis seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung.

Menjaga tekanan darah tetap stabil, kadar kolesterol, dan kadar gula yang baik dapat dicapai dengan mengonsumsi makanan sehat mulai dari buah-buahan, sayuran, protein rendah lemah, dan biji-bijian. Menerapkan pola makan baik dalam kehidupan sehari-hari juga membantu menjaga berat badan sehingga menurunkan risiko obesitas.

3. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Ilustrasi Seorang wanita tertidur/Foto: freepik.com/benzoix

Makanan yang kamu konsumsi setiap harinya mungkin berpengaruh pada kualitas tidur kamu, Beauties. Makanan kaya akan triptofan seperti ayam, kalkun, dan pisang dapat membuat tidur lebih nyenyak. Selain itu, mengonsumsi makanan yang kaya akan magnesium seperti kacang-kacangan dan biji-bijian dapat membantu otot tubuh rileks. Memiliki waktu tidur yang cukup sebanyak 7-8 jam semalam dapat membuatmu kembali bersemangat menjalani aktivitas seharian.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(dmh/dmh)

Komentar

Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Apa Itu Clean Eating? Yuk Mengenal Segudang Manfaatnya untuk Kesehatanmu!

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us