Top 5 Sumber Vitamin Alami yang Baik untuk Kesehatan Mata

top-5-sumber-vitamin-alami-yang-baik-untuk-kesehatan-mata
Top 5 Sumber Vitamin Alami yang Baik untuk Kesehatan Mata

Top 5 Sumber Vitamin Alami yang Baik untuk Kesehatan Mata

Dwi Lindah Permatasari | Beautynesia

Kamis, 18 Jul 2024 06:15 WIB

img-alt

Top 5 Sumber Vitamin Alami yang Baik untuk Kesehatan Mata/Foto: Freepik

Beauties, banyak vitamin dan sumber nutrisi yang membantu dalam mendukung fungsi matamu. Mengingat mata adalah organ kompleks yang membutuhkan banyak vitamin dan nutrisi berbeda agar dapat berfungsi dengan baik.

Sebaliknya, kekurangan vitamin dapat mempengaruhi penglihatan dan kondisi mata secara menyeluruh. Risiko yang umum terjadi antara lain retinopati diabetik, degenerasi makula (AMD), glaukoma, dan katarak.

Nah, berikut 5 sumber vitamin dan nutrisi alami yang bisa membantu menjaga kesehatan matamu. Yuk cari tahu apa saja!

Vitamin A

Wortel/Foto: Freepik/stockking
Wortel/Foto: Freepik/stockking

Kita semua tentu sudah tahu jika vitamin A sangat penting untuk kesehatan mata. Merangkum dari Healthline, vitamin A berperan untuk menjaga kejernihan kornea, lapisan luar mata. Vitamin ini juga memungkinkan kamu untuk melihat dalam kondisi minim cahaya karena adanya rodhopsin.

Di beberapa negara, kasus kekurangan vitamin A bisa memicu penyakit serius seperti xerophthalmia, lho. Xerophthalmia merupakan penyakit mata progresif yang dimulai dengan rabun senja.

Nah, untuk membantu menjaga kecukupan asupan vitamin A, kamu bisa memulainya dengan mengatur pola makan tinggi vitamin A. Makanan kaya vitamin A yang bisa kamu konsumsi setiap hari antara lain wortel, ubi jalar, sayuran berdaun hijau, labu, dan paprika.

Vitamin E

Ikan Salmon/Foto: Unsplash/CA Creative

Vitamin E adalah antioksidan kuat yang membantu melindungi sel-sel tubuh, termasuk sel mata. Pasalnya, mata sering kali mengalami stres oksidatif, yakni kondisi ketidakseimbangan antara antioksidan dan radikal bebas dalam tubuh.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi 400 IU vitamin E dan beberapa nutrisi lain dapat mengurangi risiko penyakit mata terkait usia (AREDS). Selain itu, pola makan tinggi vitamin E juga dapat membantu mencegah penyakit katarak.

Beberapa pilihan makanan kaya vitamin E antara lain kacang-kacangan, biji-bijian, dan minyak goreng. Kamu juga bisa mengonsumsi alpukat, sayuran berdaun hijau, dan ikan salmon.

Vitamin C

Jeruk/Foto: Freepik/Mateusz Feliksik

Hampir sama dengan vitamin E, vitamin C juga termasuk antioksidan kuat yang dapat melindungi mata dari efek buruk radikal bebas. Vitamin C dapat bermanfaat bagi penderita degenerasi macula terkait usia (AMD) dan katarak.

Selain itu, vitamin ini juga dibutuhkan untuk membentuk kolagen yang memberi struktur pada kornea dan sklera mata. Adapun sumber vitamin C yang bisa kamu konsumsi berasal dari jeruk, buah-buahan tropis, paprika, brokoli, dan kangkung.

Niacin

Daging Sapi/Foto: Freepik/Jcomp

Adapula kelompok vitamin B yakni niacin (vitamin B3) yang baik untuk kesehatan mata. Niacin dalam tubuh berperan penting dalam membantu mengubah makanan menjadi energi dan bertindak sebagai antioksidan. Sebuah penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa niacin juga berperan dalam pencegahan glaukoma.

Namun, penting juga untuk memperhatikan jumlah konsumsi niacin harian. Terlebih ketika kamu mendapatkan niacin dari suplemen. Pastikan kamu tidak mengonsumsi dalam jumlah tinggi (1,5-5 gram per hari) agar tidak menimbulkan efek buruk pada mata.

Sebagai gantinya, kamu bisa mengonsumsi makanan alami tinggi niasin untuk menghindari efek buruknya. Beberapa makanan kaya niasin antara lain daging sapi, unggas, ikan, jamur, kacang tanah, dan polong-polongan.

Lutein dan Zeaksantin

Bayam/Foto: Freepik/8photo

Lutein dan zeaxanthin adalah bagian dari kelompok karotenoid yang baik untuk mata. Keduanya dapat ditemukan di macula dan retina mata yang berperan melindungi mata dari kerusakan. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa senyawa ini dapat mencegah katarak dan memperlambat perkembangan degenerasi macula.

Kamu tidak perlu mengonsumsi suplemen untuk mendapatkan asupan harian lutein dan zeaksantin. Kamu hanya perlu mengatur pola makan kaya buah-buahan dan sayuran secara alami. Beberapa sayuran yang tinggi karotenoid antara lain bayam matang, kangkung, dan sawi.

Mengonsumsi makanan padat nutrisi dari buah-buahan, sayuran, biji-bijian, protein, dan lemak sehat akan membantu kamu untuk mendapatkan asupan nutrisi yang dibutuhkan mata, Beauties. Karena itu, pastikan kamu mengonsumsi berbagai makanan sumber vitamin di atas, ya!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Komentar

Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Top 5 Sumber Vitamin Alami yang Baik untuk Kesehatan Mata

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us