5 Perbedaan Lip Balm dan Lip serum, Mana yang Lebih Baik?

5-perbedaan-lip-balm-dan-lip-serum,-mana-yang-lebih-baik?

tirto.id – Kulit bibir merupakan salah satu bagian tubuh yang memerlukan perhatian khusus. Apabila tidak pandai dalam merawatnya, sejumlah masalah dapat terjadi, misalnya bibir kering, berwarna hitam, hingga pecah-pecah.

“Kulit bibir bisa lima kali lebih tipis dibanding kulit wajah, sehingga bibir berwarna merah muda karena aliran darah yang [terlihat] lebih jelas di dekat permukaan,” ungkap Dr. Tan Ying Zhou, direktur medis Mizu Aesthetic Clinic dikutip Channel News Asia (CNA).

Selain itu, kulit wajah tidak memiliki lapisan yang sama tebalnya dengan kulit di bagian wajah lainnya, sehingga lebih rentan terhadap kekeringan, pecah-pecah, dan sensitivitas. Untuk mengatasi sejumlah kerentanan pada bibir, Anda bisa mengaplikasikan produk perawatan kulit bibir seperti lip balm dan lip serum.

Meski orang awam menganggap sama, sejatinya ada beberapa perbedaan lip balm dan lip serum. Lalu, apa perbedaan lip balm dan lip serum?

5 Perbedaan Lip Balm dan Lip Serum

Lip balm dan lip serum merupakan produk perawatan bibir yang banyak digunakan. Namun, mungkin banyak yang belum memahami perbedaan lip balm dan lip serum. Berikut akan dijelaskan secara rinci.

1. Perbedaan dari segi fungsi

Perbedaan lip serum dan lip balm yang pertama dapat dilihat dari fungsinya. Lip balm memiliki konsistensi lebih kental seperti lilin, mengandung shea butter, lilin lebah, dan minyak tumbuhan. Ia berfungsi membantu melembapkan bibir, mengunci hidrasi, dan mencegah hilangnya kelembapan lebih lanjut.

Sementara itu, lip serum diformulasikan secara ringan dan biasanya dikombinasikan dengan bahan aktif, seperti peptida, hyaluronic acid dan/atau antioksidan. Serum bibir dirancang untuk memberikan manfaat spesifik di luar hidrasi dasar, termasuk mengenyalkan bibir, menghaluskan garis-garis halus dan memperbaiki tekstur bibir.

2. Berdasarkan Perlindungan

Laman konsultasi kulit dan rambut asal India, Clinikally, menulis bahwa lip balm sering kali mengandung bahan-bahan yang berfungsi sebagai pelindung bibir. Produk ini dirancang untuk melindungi bibir dari faktor lingkungan seperti cuaca ekstrem, paparan sinar matahari, dan polutan.

Di lain sisi, lip serum tidak secara khusus dirancang untuk melindungi bibir dari efek lingkungan lainnya. Akan tetapi, Typology Paris menulis, sejumlah lip serum diperkaya vitamin E, yang dikenal karena sifat antioksidannya. Vitamin ini menetralkan aksi agresif radikal bebas pada kulit dan melindunginya dari serangan eksternal.

3. Berdasarkan Tekstur

Lip balm dapat melembapkan dan menutrisi bibir secara mendalam karena teksturnya yang lebih tebal dan lebih emolien. Produk ini biasanya terbuat dari lilin madu atau shea butter. Oleh karena itu, lip balm cenderung creamy, lebih mirip seperti balsem.

Sementara itu, lip serum bertekstur cair. Beberapa produk bahkan cenderung sedikit lebih kental. Lip serum pada umumnya tidak jauh berbeda dengan serum perawatan kulit lainnya.

4. Berdasarkan Warna

Lip balm biasanya dirancang dengan warna transparan. Kalaupun tersedia dalam beberapa pilihan rona, warna lip balm akan menyerupai warna alami bibir, seperti pink atau coral.

Lain halnya dengan lip balm,lip serum biasanya hanya berwarna putih bening atau cenderung kekuningan.

5. Berdasarkan Ketahanan Pemakaian

Lip balm cenderung memiliki efek pada bibir untuk jangka waktu lebih lama, terus menghidrasi dan melindunginya. Produk ini biasanya tidak perlu sering dioleskan ulang. Jika lip balm sudah menghilang setelah beberapa jam pemakaian, penggunaan ulang sangat dianjurkan.

Sementara itu, lip serum dirancang untuk menutrisi kulit bibir. Beberapa saat setelah diaplikasikan, lip serum akan menyerap dan seperti menghilang. Penggunaan lip serum biasanya dianjurkan hanya dalam beberapa kali sehari sesuai aturan penggunaan pemakaian masing-masing produk.

Mana yang Lebih Baik, Lip Balm atau Lip Serum?

Perbedaan lip balm dan lip serum tidak serta merta membuat Anda harus memilih salah satu di antaranya. Dua produk perawatan bibir tersebut memiliki fungsi yang berbeda.

Jika Anda membutuhkan perlindungan dan kelembapan yang lebih tahan lama, gunakan lip balm. Sementara itu, apabila Anda mencari perawatan yang lebih mendalam dan ingin memperbaiki tekstur bibir, lip serum bisa menjadi opsi.

Meski ada pilihan untuk memilih salah satu, tidak ada salahnya Anda menggunakan keduanya.


tirto.id – Diajeng

Kontributor: Balqis Fallahnda

Penulis: Balqis Fallahnda

Editor: Fadli Nasrudin

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
5 Perbedaan Lip Balm dan Lip serum, Mana yang Lebih Baik?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us