BlackRock dan Microsoft Luncurkan Dana US$30 Miliar untuk Membangun Pusat Data AI untuk Kebutuhan Energi Tinggi

blackrock-dan-microsoft-luncurkan-dana-us$30-miliar-untuk-membangun-pusat-data-ai-untuk-kebutuhan-energi-tinggi

BlackRock dan Microsoft telah bermitra untuk membentuk sebuah kelompok baru yang bertujuan untuk menciptakan dana investasi senilai US$30 miliar yang didedikasikan untuk pusat data kecerdasan buatan (AI).

Langkah ini diambil seiring dengan terus meningkatnya permintaan terhadap teknologi AI, yang memerlukan kekuatan komputasi dan energi yang besar untuk beroperasi secara efisien.

Permintaan Energi AI Menciptakan Peluang Baru bagi Bitcoin Miner

Dana tersebut bertujuan untuk mengumpulkan US$30 miliar dalam investasi ekuitas melalui unit infrastruktur BlackRock, Global Infrastructure Partners (GIP). Ini akan memungkinkan mereka untuk menggunakan tambahan US$70 miliar dalam pembiayaan utang.

Sementara itu, Microsoft, MGX Abu Dhabi, dan pembuat chip Nvidia akan memimpin proyek ini. Mereka akan memastikan desain dan implementasi fasilitas memasukkan teknologi terbaru untuk memenuhi kebutuhan komputasi tinggi AI. Dana baru ini akan fokus pada pembangunan pusat data yang mampu menangani operasi yang memakan banyak energi dari alat AI generatif.

Baca lebih lanjut: AI dalam Keuangan: 8 Kasus Penggunaan Kecerdasan Buatan Teratas untuk 2024

Inisiatif investasi ini muncul saat sektor energi dan infrastruktur menjadi semakin terintegrasi. Kecerdasan buatan, terutama model seperti ChatGPT dari OpenAI, membebani infrastruktur digital saat ini dengan kebutuhan komputasi yang besar. Model-model ini memerlukan energi yang jauh lebih besar daripada teknologi sebelumnya, menciptakan hambatan dalam membangun infrastruktur AI yang diperlukan.

Permintaan yang terus meningkat ini telah menjadi hambatan besar untuk pengembangan AI lebih lanjut. Namun, situasi seperti ini dapat menguntungkan beberapa pihak.

Misalnya, Nvidia, yang dikenal dengan GPU pemrosesan AI-nya, akan sangat penting dalam mengembangkan pabrik untuk pusat data ini. Selain itu, dengan keahlian mereka dalam manajemen energi, Bitcoin miner muncul sebagai pemain kunci dalam segmen baru ini.

Fenomena ini terlihat dalam beberapa investasi dan inisiatif dari Bitcoin miner di area ini. BeInCrypto melaporkan bahwa Core Scientific, salah satu perusahaan Bitcoin miner terbesar, menandatangani kontrak senilai US$3,5 miliar dengan CoreWeave yang didukung Nvidia pada bulan Juni. Kontrak ini bertujuan untuk meningkatkan fasilitasnya untuk tugas AI dan komputer berkinerja tinggi (HPC).

Perusahaan Bitcoin miner lainnya, Hut 8, juga telah membuat kemajuan dalam memasuki pasar pusat data AI. Dengan investasi senilai US$150 juta dari Coatue Management, Hut 8 dapat memanfaatkan keahlian energinya dan infrastruktur yang ada untuk mendukung kebutuhan daya komputasi AI yang terus bertambah. Akhirnya, langkah ini akan lebih memperluas operasi Hut 8 di luar penambangan Bitcoin tradisional.

Integrasi infrastruktur AI ke dalam operasi penambangan Bitcoin juga semakin menarik bagi investor. Menurut laporan dari perusahaan manajemen aset VanEck, Bitcoin miner berada dalam posisi unik untuk memenuhi permintaan energi AI. Ini karena operasi mereka yang sudah intensif energi.

“Sinerginya sederhana: perusahaan AI membutuhkan energi, dan Bitcoin miner memilikinya. Seiring pasar menghargai pasar pusat data AI/HPC yang berkembang, akses ke daya—terutama dalam jangka pendek—mendapatkan premi. […] Lokasi penambangan Bitcoin yang cocok dapat mengaktifkan GPU untuk AI dalam waktu kurang dari setahun, dibandingkan dengan lebih dari empat tahun yang dibutuhkan untuk pengembangan pusat data AI greenfield untuk online. […] Jika dilengkapi dengan baik dengan daya, bandwidth, dan sistem pendingin, lokasi penambangan Bitcoin ideal untuk menangkap nilai ini untuk layanan cloud AI/HPC,” papar laporan tersebut.

Baca lebih lanjut: Bagaimana Kecerdasan Buatan (AI) akan Mengubah Kripto?

Potensi Pendapatan AI Bitcoin Miner.
Potensi Pendapatan AI Bitcoin Miner. Sumber: VanEck

Penelitian VanEck menyarankan bahwa pada tahun 2027, Bitcoin miner yang mengalokasikan sebagian kapasitas energi mereka untuk tugas AI dan HPC bisa melihat peningkatan signifikan dalam profitabilitas. Selain itu, laporan tersebut memperkirakan bahwa miner bisa menghasilkan tambahan US$13,9 miliar dalam keuntungan setiap tahun dengan memfokuskan hanya 20% dari sumber daya energi mereka ke infrastruktur AI. Perubahan ini juga bisa menggandakan kapitalisasi pasar mereka dalam beberapa tahun ke depan seiring terus meningkatnya permintaan akan daya komputasi AI.

Penyangkalan

Seluruh informasi yang terkandung dalam situs kami dipublikasikan dengan niat baik dan bertujuan memberikan informasi umum semata. Tindakan apa pun yang dilakukan oleh para pembaca atas informasi dari situs kami merupakan tanggung jawab mereka pribadi.

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
BlackRock dan Microsoft Luncurkan Dana US$30 Miliar untuk Membangun Pusat Data AI untuk Kebutuhan Energi Tinggi

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us