Miley Cyrus diduga jiplak Bruno Mars, single Flowers serupa dengan When I Was Your Man

miley-cyrus-diduga-jiplak-bruno-mars,-single-flowers-serupa-dengan-when-i-was-your-man

Miley Cyrus diduga menjiplak lagu hit Bruno Mars berjudul When I Was Your Man untuk single hitnya berjudul Flowers, menurut dokumen gugatan hak cipta yang diajukan di pengadilan federal California, Amerika Serikat.

Gugatan yang diajukan pada Senin (16/9) oleh pemilik hak musik Tempo Music Investments ini menyatakan bahwa Flowers meniru “banyak elemen melodi, harmoni, dan lirik” dari lagu Bruno Mars, yang sempat memuncaki tangga lagu Billboard Hot 100 pada tahun 2013.

Hingga berita ini ditulis, perwakilan dari label rekaman Cyrus, Sony Music, serta pengacara dan juru bicara Tempo Music Investments belum memberikan komentar terkait gugatan tersebut.

 

Menurut laporan Reuters, Tempo Music Investments memiliki sebagian hak cipta lagu When I Was Your Man dari penulis lagu Philip Lawrence pada tahun 2020.

Sementara Bruno Mars, bersama dengan penulis Ari Levine dan Andrew Wyatt, tidak disebutkan sebagai penggugat dalam gugatan tersebut, menurut laporan Variety.

Juru bicara dari label Bruno Mars, Atlantic Records milik Warner Music Group, menolak untuk berkomentar. 

Gugatan hukum yang diajukan Tempo Music Investments ini juga menuduh pemilik layanan streaming seperti Apple dan Amazon, serta perusahaan retail termasuk Target dan Walmart, melanggar hak cipta Tempo Music Investments dengan mendistribusikan lagu Flowers milik Cyrus. 

Hingga saat ini, perwakilan dari perusahaan-perusahaan tersebut belum memberikan tanggapan.

Cyrus merilis lagu Flowers dalam albumnya yang berjudul Endless Summer Vacation pada 2023 lalu. 

Lagu ini telah diputar lebih dari 1 miliar kali di Spotify dan memenangkan penghargaan Grammy untuk kategori Song of the Year pada tahun 2024.

Gugatan yang diajukan Tempo Music Investments menyatakan bahwa Flowers memiliki “kesamaan mencolok” dengan When I Was Your Man, termasuk dari segi melodi, garis bass, progresi akor, dan elemen lirik. 

Gugatan itu juga mengutip artikel dari Billboard pada tahun 2023, yang mengatakan bahwa “setiap pendengar dapat merasakan bahwa [lagu Bruno Mars] memiliki bagian chorus yang merupakan kebalikan dari apa yang dinyanyikan Cyrus dalam Flowers.”

Tempo Music Investments meminta pengadilan untuk memberikan ganti rugi finansial dan perintah untuk menghentikan berbagai pelanggaran terkait dengan dugaan penjiplakan ini. 

Tidak disebutkan jumlah kerugian finansial yang dituntut dalam gugatan tersebut. 

Dapatkan informasi menarik lainnya dengan bergabung di WhatsApp Channel CNA.id dengan klik tautan ini.

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Miley Cyrus diduga jiplak Bruno Mars, single Flowers serupa dengan When I Was Your Man

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us