Tren Independent Women dan High Value Standar Baru untuk Nilai Perempuan

tren-independent-women-dan-high-value-standar-baru-untuk-nilai-perempuan
Tren Independent Women dan High Value Standar Baru untuk Nilai Perempuan

Mubadalah.id – Dulu banyak yang meyakini bahwa perempuan berkelas adalah perempuan yang secara fisik cantik. Meski juga banyak yang mengatakan cantik itu relatif. Nyata standar cantik yang perempuan sendiri anut harus putih, tinggi, langsing berpenampilan menarik dan lain sebagainya.

Definisi cantik seperti ini bukan serta merta hadir dengan sendirinya sebagai kesadaran perempuan. Tetapi secara masif dikampanyekan melalui ruang publik seperti televisi, koran, tabloid dan lain-lain oleh pemilik modal yang tentunya berperspektif maskulin atau laki-laki.

Konten iklan yang beredar di ruang publik menjual konsep-konsep kecantikan dengan standar tertentu. Tanpa kita sadari, media berkontribusi membawa pesan mengenai standar perempuan.

Bagaimana iklan kecantikan yang memosisikan perempuan sebagai objek yang lebih menarik (lebih dipilih) dibandingkan tidak menggunakan produk iklan tersebut. Karena kampanye masih tentang standar kecantikan perempuan telah terbentuk sejak lama. Bahkan sudah terbangun sejak lahir, hal in terinternalisasi alam bawah sadar menjadi suatu kebenaran terkait standar perempuan cantik.

Tidak sedikit perempuan yang mengikuti program diet ketat hingga menyiksa diri. Membeli berbagai produk kecantikan mahal atau pun instan yang pastinya kebanyakan tidak aman hingga mengubah bagian tubuhnya.

Bagaimana kebanyakan iklan produk kecantikan zaman dulu menampilkan cantik dengan standar-standar tertentu. perempuan akan cantik dan putih dengan menggunakan produk mereka. Badan ideal yang lebih menarik dibandingkan yang gemuk dan ini bisa diperoleh dengan produk pelangsing yang diiklankan.

Konsep Standar Kecantikan

Dengan kondisi demikian tanpa kita sadari menciptakan persaingan-persaingan antar sesama perempuan. Dengan kata lain standar cantik tercipta untuk kebutuhan pasar, terutama perempuan sebagai target konsumennya.

Pemahaman perempuan yang menganut keyakinan cantik seperti yang beredar di media dan masyarakat tentu tidak sesimpel kita mengatakan “jangan insecure”. Butuh analisis panjang dan mendalam mengenai pengalaman perempuan.

Perempuan yang sejak kecil sudah mengalami diskriminasi terhadap tubuh mereka dengan konsep-konsep cantik versi pasar dan masyarakat. “kamu harus menjaga pola makan dan penampilan agar laki-laki mau memilih kamu” pernah mendengar kalimat seperti itu dari orang terdekat?

Singkatnya begitu, tapi maksudnya kalau ingin ada laki-laki yang memilih kamu, kamu harus menjadi cantik dan jangan sampai gendut. Karena gendut tidak menarik. Lalu tanpa sadar lahir sebuah kesadaran untuk bersaing menjadi perempuan-perempuan cantik agar mendapat penerimaan secara sosial dalam masyarakat dan yang terpenting dari laki-laki.

Pergeseran Standar Kualitas Perempuan

Seiring perkembangan zaman dan lahirnya berbagai gerakan perempuan yang membangun kesadaran pada perempuan. Standar dan persepsi masyarakat terhadap perempuan mengalami pergeseran yang sangat signifikan.

Jika dulu kecantikan fisik sering menjadi tolok ukur dalam menilai perempuan. Maka kini kualitas menjadi hal yang sangat perempuan perhatikan. Konsep mengenai Independen women dan high value menjadi tren baru dalam kalangan perempuan. Kesadaran konsep ini sebagai bentuk keberdayaan perempuan atas dirinya dan mendobrak kuasa maskulinitas atas perempuan.

Konsep independent women mengacu pada kemandirian secara finansial, emosional dan sosial perempuan sehingga tidak ketergantungan dengan keluarga maupun pasangan. Namun yang menjadi persoalaan secara kultur sosial dari semua kemandirian yang perempuan miliki  independen women identik hanya sebagai perempuan karir.

Konsep High Value Mengukur Nilai Perempuan

Bicara independent women maka tak bisa lepas dari high value karena independen women adalah bagian dari konsep high value. Konsep high value sendiri tidak hanya merujuk  dalam penampilan secara fisik tetapi juga meliputi keunggulan dalam berbagai aspek seperti karir, kecerdasan, bahkan perilaku sosial.

Independent women dan high value menjadi konsep yang memang seharusnya perempuan miliki. Tapi secara tidak langsung tren ini menjadi bentuk polarisasi dalam masyarakat khususnya perempuan. sehingga memunculkan berbagai ketimpangan atau pengkotak-kotakan terhadap perempuan.

Misalnya anggapan perempuan karir lebih berkualitas dari perempuan yang memilih jadi ibu rumah tangga. Perempuan yang menempuh pendidikan tinggi lebih baik dari perempuan yang tidak melanjutkan pendidikan tinggi. Perempuan yang mampu berkarir sekaligus mengurus urusan domestik lebih hebat dari perempuan yang hanya melakukan salah satunya dan berbagai stigma lainnya.

Menjadi perempuan dengan high value memang suatu keharusan. Namun konsep high value tidak semata dengan TOLOK UKUR kemapanan finasial dan karir, emosianal atau pun spiritual. Lebih dari pada itu high value harus kita maknai sebagai suatu konsep untuk saling menghargai dan setara sebagai sesama manusia. Tanpa memberi label baik atau buruk terhadap perempuan dan orang lain atas pilihan mereka ambil secara sadar.

Dengan demikian konsep high value pada perempuan bukan  semata untuk bersaing sesama perempuan menjadi lebih baik, melainkan bagaimana kebermanfaatan perempuan yang juga mendukung perempuan untuk berdaya dan mampu bersaing dengan laki-laki.

Jangan sampai sebagai perempuan high value nantinya kita justru merasa lebih dari perempuan lainnya. Karena kita tidak pernah tahu perjalanan perempuan dan pengalaman keperempuanan yang telah mereka lalui. Penting untuk menyadari dampak negatif dari standar-standar yang tinggi dan pengkotak-kotakkan baru yang muncul.

Masyarakat perlu mendorong pemahaman yang lebih inklusif dan realistis tentang nilai-nilai perempuan. Menghargai kebebasan dan menghormati pilihan individu tanpa tekanan atau ekspektasi yang berlebihan. []

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Tren Independent Women dan High Value Standar Baru untuk Nilai Perempuan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us