10 Bahan Scrub Bibir Alami yang Mencerahkan dan Cara Membuatnya

10-bahan-scrub-bibir-alami-yang-mencerahkan-dan-cara-membuatnya

tirto.id – Salah satu cara merawat bibir adalah dengan rajin melakukan eksfoliasi. Eksfoliasi dapat dilakukan dengan scrub bibir alami yang bisa Anda buat sendiri di rumah.

Eksfoliasi merupakan proses pengangkatan sel-sel kulit mati yang biasa dilakukan pada kulit tubuh, wajah, hingga bibir. Tentunya ada banyak alasan kenapa eksfoliasi sangat penting untuk dilakukan.

Menghilangkan sel kulit mati akan mempercepat pergantian sel kulit baru pada bibir. Hal inilah yang membuat tampilan bibir tampak selalu sehat dan memiliki permukaan yang terasa halus.

Menghilangkan sel-sel kulit mati juga berguna untuk mengoptimalkan penyerapan pelembab dan bahan-bahan lain yang diaplikasikan untuk bibir, misalnya saat menggunakan lip balm dan lip mask.

Tak hanya itu, eksfoliasi bibir umumnya menggunakan eksfoliasi fisik yang melibatkan gosokan. Aktivitas menggosok ini akan meningkatkan sirkulasi darah sehingga bibir akan mendapatkan lebih banyak oksigen, antioksidan, hingga nutrisi yang menyehatkan.

10 Scrub Bibir Alami dan Cara Membuatnya

Scrub bibir alami umumnya menggunakan bahan berbentuk bubuk dan sedikit kasar, misalnya gula dan kopi. Kedua bahan ini dapat dicampur dengan bahan alami lain yang tentunya memiliki manfaat tersendiri untuk kesehatan bibir.

Berikut beberapa resep scrub bibir alami yang patut dicoba:

1. Scrub Bibir dari Kopi

Scrub alami untuk bibir yang pertama adalah kopi. Bubuk kopi memiliki butiran halus yang bisa dijadikan scrub untuk membantu pengelupasan sel-sel kulit mati.

Kopi dikenal memiliki banyak manfaat untuk kulit. Kopi diketahui memiliki kandungan antioksidan, vitamin B3, dan memiliki zat yang beraifat antiradang yang bisa membantu mengurangi hiperpigmentasi.

Cara membuat scrub bibir dari kopi sangat mudah. Anda cukup mencampurkan bahan-bahan berikut ini:

  • 1 sendok teh bubuk kopi halus
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok teh minyak kelapa

2. Scrub Bibir dengan Gula dan Minyak Zaitun

Cara membuat scrub bibir alami berikutnya bisa dengan menggunakan gula dan minyak zaitun. Gula pasir yang kasar berfungsi sebagai scrub, sedangkan minyak zaitun sebagai bahan yang dapat menutrisi bibir.

Minyak zaitun kaya akan antioksidan serta vitamin A dan E yang dapat menyehatkan bibir. Minyak zaitun juga memberikan hidrasi lebih yang berguna untuk mencegah bibir pecah-pecah.

Untuk membuat scrub bibir alami ini, Anda tinggal mencampurkan bahan-bahan berikut:

  • 2 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok makan minyak zaitun
  • ½ sendok teh madu
  • 1-2 tetes minyak esensial, misalnya minyak lavender

3. Scrub Bibir dari Madu

Scrub bibir alami paling basic dan paling mudah dibuat adalah scrub dari gula dan madu. Madu termasuk bahan alami yang umum digunakan dalam perawatan kulit.

Madu dapat membantu melembabkan dan mencegah bibir pecah-pecah. Madu juga dikenal mengandung zat antimikroba, antiradang, dan membantu proses penyembuhan sehingga menjaga bibir Anda dari segala jenis infeksi.

Tak hanya itu, madu juga memiliki kemampuan eksfoliasi yang bisa membantu menghilangkan sel-sel kulit mati. Untuk mendapatkan semua manfaat ini, pastikan Anda menggunakan madu organik dan murni untuk dijadikan scrub bibir.

Cara membuat scrub bibir dengan gula dan madu sangat mudah. Cukup campurkan 1 sendok teh gula dan 1 sendok teh madu, aduk rata, dan scrub pun siap digunakan.

4. Scrub Bibir dari Kelapa

Jika Anda ingin tahu cara membuat scrub bibir tanpa madu, cobalah menggunakan bahan dari kelapa, yaitu minyak kelapa dan gula palem/aren.

Manfaat minyak kelapa yang paling utama adalah melembabkan bibir. Bahan ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki bibir kering dan mudah pecah-pecah.

Minyak kelapa juga mengandung zat antimikroba yang membantu bibir terbebas dari infeksi. Sementara gula palem bertindak sebagai scrub yang membantu mengangkat sel kulit mati dan kering dari bibir.

Cara membuatnya cukup mudah, cukup siapkan 1,5 sendok teh minyak kelapa dengan 1 sendok teh bubuk gula palem. Campurkan kedua bahan dan scrub bibir dari kelapa pun siap digunakan.

5. Scrub Bibir dari Oat

Oat dikenal dapat digunakan sebagai bahan eksfoliasi yang bisa menghilangkan debu, kotoran, bahkan sel-sel kulit mati. Dengan hilangnya sel kulit mati, maka bibir tidak akan terlihat kusam dan bisa tampak lebih cerah.

Cara membuat scrub bibir hitam dengan memanfaatkan oat sangatlah mudah. Anda bisa mencampurkannya dengan bahan lain seperti madu dan minyak untuk membuat bibir lebih lembab.

Bahan yang perlu Anda siapkan meliputi:

  • 4 sendok makan bubuk oat
  • 2 sendok makan gula
  • 1 sendok makan madu
  • 2 sendok makan vegetable oil (misalnya minyak kelapa, minyak zaitun, atau canola).

6. Scrub Bibir dari Brown Sugar

Brown sugar adalah jenis gula yang dalam proses pembuatannya ditambah dengan molase. Brown sugar dapat bertindak sebagai exfoliator yang yang lembut untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati.

Brown sugar merupakan humektan alami yang berguna menjaga kelembaban bibir. Bahan yang satu ini juga termasuk asam glikolat alami yang berperan dalam pergantian sel kulit.

Untuk membuat scrub bibir alami, siapkan 1 sendok makan brown sugar dan 1 sendok makan madu. Campurkan kedua bahan ini dan scrub siap untuk digunakan.

7. Scrub Bibir dari Kayu Manis

Kayu manis bisa jadi bahan utama scrub bibir alami untuk memerahkan bibir. Kayu manis merupakan bahan eksfoliasi alami yang bisa melancarkan sirkulasi darah sehingga membantu bibir tampak lebih plumpy dan kemerahan.

Kayu manis dapat dicampurkan dengan bahan lain yang memiliki fungsi untuk melembabkan, misalnya minyak kelapa dan madu. Untuk membuat scrub bibir alami, campurkan bahan berikut ini:

  • 2 sendok makan gula palem/aren
  • 2 sendok minyak kelapa
  • 1 sendok makan bubuk kayu manis
  • 1 sendok makan madu

8. Scrub Bibir dari Lemon

Lemon dipercaya sebagai bahan alami yang dapat mencerahkan bibir. Oleh karena itu, lemon direkomendasikan untuk dijadikan bahan scrub agar bibir tampak lebih cerah dan sehat.

Cukup siapkan 1 sendok teh air perasan lemon dengan 2 sendok teh gula pasir. Campur kedua bahan ini dan scrub siap digunakan kapan saja.

9. Scrub Bibir dari Nanas

Nanas mengandung enzim alami yang bisa membantu mengangkat sel kulit mati sekaligus mencerahkan bibir. Nanas juga kaya akan vitamin C yang bertindak sebagai antioksidan yang dapat menyehatkan bibir.

Dalam penggunaannya, Anda bisa mencampurkan nanas dengan bahan lain seperti gula palem dan minyak kelapa sebagai pelembab. Untuk membuat scrub, campurkan bahan-bahan berikut:

  • 1 sendok makan nanas yang sudah dihaluskan (bisa diblender)
  • 1 sendok makan gula palem
  • ½ sendok tes minyak kelapa

10. Scrub Bibir dari Timun

Timun dikenal sebagai bahan alami yang dapat melembabkan kulit maupun bibir. Buah yang satu ini juga mengandung banyak vitamin, termasuk vitamin A dan C yang dapat mendukung kesehatan bibir Anda.

Untuk membuat scrub, parut setengah buah mentimun, lalu campurkan dengan 1 sendok makan gula. Setelah tercampur merata, scrub bibir alami dari mentimun siap digunakan.

Cara Menggunakan Scrub Bibir Alami

Pada dasarnya, eksfoliasi pada bibir tak jauh berbeda dengan eksfoliasi yang biasa dilakukan pada kulit tubuh dan wajah. Untuk hasil yang maksimal, ikuti beberapa tips di bawah ini:

  • Bersihkan bibir terlebih dahulu. Pastikan bibir bebas dari debu, kotoran, makeup, atau sisa makanan/minuman.
  • Biarkan bibir dalam kondisi agak basah untuk mencegah gesekan yang abrasif.
  • Oleskan scrub bibir yang sudah disiapkan sebelumnya.
  • Gosok perlahan dengan jari dalam gerakan memutar selama sekitar 30 detik.
  • Setelah selesai, bilas dengan air hangat sampai benar-benar bersih.

Meski scrub sangat bagus untuk bibir, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan, yaitu:

  • Hindari eksfoliasi jika bibir Anda sedang terluka, mengalami lecet, terdapat jerawat atau lepuh di sekitar bibir.
  • Jangan eksfoliasi berlebihan (over-exfoliation). Eksfoliasi sebaiknya dilakukan tidak lebih dari 2 kali dalam seminggu.
  • Saat proses eksfoliasi, jangan menggosok terlalu keras/kasar dan jangan terlalu lama.
  • Pastikan menggosok dengan gerakan melingkar/berputar untuk mencegah terjadinya robekan pada bibir.
  • Setelah eksfoliasi dengan scrub, aplikasikan lip balm agar bibir tetap lembab.

tirto.id – Diajeng

Kontributor: Erika Erilia

Penulis: Erika Erilia

Editor: Dhita Koesno

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
10 Bahan Scrub Bibir Alami yang Mencerahkan dan Cara Membuatnya

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us