Berdoa Di Makam Seorang Habib Ahli Hadis

berdoa-di-makam-seorang-habib-ahli-hadis
Berdoa Di Makam Seorang Habib Ahli Hadis

Oleh: KH. Ma’ruf Khozin

Beliau adalah Al Habib Abdullah bin Abdul Qodir Bilfaqih, Kota Malang. Beliau sudah lama saya dengar keahliannya di bidang hadis. Sesuai dengan pesantren beliau yang diberi nama Darul Hadits. Di antara tokoh yang menjadi lulusan pesantren ini Prof Quraisy Shihab.

Saya berdoa meminta kepada Allah di dekat makam ulama ahli hadits bukan tanpa rujukan. Ada referensinya. Yaitu seperti yang disampaikan oleh Al-Hafidz Adz-Dzahabi ketika menyampaikan dua Ulama ahli hadits:

صَالِحُ بْنُ اَحْمَدَ بْنِ مُحَمَّدٍ الْحَافِظِ الْكَثِيْرِ الصِّدْقِ اْلمُعَمَّرِ أَبُوْ الْفَضْلِ التَّمِيْمِي الْهَمْذَانِى ذَكَرَهُ شَيْرَوَيْهِ فِي تَارِيْخِهِ فَقَالَ: كَانَ رُكْنًا مِنْ اَرْكَانِ الْحَدِيْثِ ثِقَةً حَافِظًا دَيِّنًا لاَ يَخَافُ فِي اللهِ لَوْمَةَ لاَئِمٍ، وَلَهُ مُصَنَّفَاتٌ غَزِيْرَةٌ، تُوُفِّىَ فِي شَعْبَانَ سَنَةَ اَرْبَعٍ وَثَمَانِيْنَ وَثَلاَثَ مِائَةٍ. وَالدُّعَاءُ عِنْدَ قَبْرِهِ مُسْتَجَابٌ (تذكرة الحفاظ للذهبي – ج 3 / ص 985)

“Shaleh bin Ahmad bin Muhammad, al-Hafidz, yang banyak jujurnya, Abu al-Fadlal at-Tamimi al-Hamdzani. Syairawaih menyebutkan dalam Tarikhnya bahwa Ia termasuk ahli hadis, terpercaya, hafidz, dan agamis. Ia tidak takut celaan orang lain dalam agama Allah. Ia punya banyak karya kitab. Meninggal pada 384 H. Berdoa di kuburnya adalah mustajab” (Tadzkirah al-Huffadz, 3/985)

وَابْنُ لآلٍ اْلإِمَامُ أَبُوْ بَكْرٍ أَحْمَدُ بْنُ عَلِيِّ بْنِ أَحْمَدَ الْهَمْذَانِي . قَالَ شَيْرَوَيْهِ : كَانَ ثِقَةً أَوْحَدَ زَمَانِهِ مُفْتِيَ هَمْذَانَ لَهُ مُصَنَّفَاتٌ فِي عُلُوْمِ الْحَدِيْثِ غَيْرَ اَنَّهُ كَانَ مَشْهُوْرًا بِالفِقْهِ. عَاشَ تِسْعِيْنَ سَنَةً وَالدُّعَاءُ عِنْدَ قَبْرِهِ مُسْتَجَابٌ (العبر للذهبي – ج 1 / ص 175)

“Ibnu La’al, seorang imam. Abu Bakar Ahmad bin Ali bi Ahmad al-Hamdzani. Syairawaih berkata: Ia terpercaya, orang alim tunggal di masanya. Mufti Hamdzan. Ia memiliki banyak karya di bidang hadis. Ia juga masyhur dengan ilmu fikih. Ia hidup 90 tahun. Berdoa di kuburnya adalah mustajab” (adz-Dzahabi, al-Ibar, /175)

∆ Makam Kasin, Kota Malang.

Beli Buku

Avatar photo

Ulama Nusantara Center

Melestarikan khazanah ulama Nusantara dan pemikirannya yang tertuang dalam kitab-kitab klasik

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Berdoa Di Makam Seorang Habib Ahli Hadis

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us