Publikasi Ilmiah Terbaru: Apa Kaitan antara Kesadaran dan Kehidupan?

publikasi-ilmiah-terbaru:-apa-kaitan-antara-kesadaran-dan-kehidupan?

Memahami Kesadaran Bersama Christof Koch

Diterbitkan di The Ary Suta Center Series on Strategic Management Juli 2024 Volume 66

Oleh Reza A.A Wattimena, Pendiri Rumah Filsafat, Pengembang Teori Kesadaran, Agama dan Politik

Tak ada habisnya upaya manusia memahami kesadaran. Ada beragam teori diajukan.[1] Christof Koch mencoba menawarkan beberapa sudut pandang yang berpijak pada penelitiannya. Temuannya pun sederhana, namun mendalam. Kesadaran adalah inti kehidupan itu sendiri.

Kesadaran adalah pengalaman subyektif dari saat ke saat. Setiap manusia memiliki pengalaman, walaupun pengalaman itu tanpa sensasi. Pengalaman subyektif ini beragam, dan amat tergantung dari struktur biologis terkait. Tulisan ini membahas pandangan Christof Koch tentang kesadaran. Bagian awal menjelaskan latar belakang Koch, dilanjutkan dengan penjabaran teorinya tentang kesadaran. Tulisan ini ditutup dengan kesimpulan.

[1] Lihat (Wattimena, Menyingkap Misteri Kesadaran Manusia Lewat Filsafat dan Neurosains 2023), (Wattimena, Kesadaran Seluas Semesta: Pendekatan Non-Dual Tentang Kesadaran di dalam Tradisi Filsafat Advaita Vedanta dalam Dialog dengan Sains Modern 2023), (Wattimena, Memahami Kesadaran Bersama David Chalmers 2023)

Silahkan langsung diunduh: Jurnal Reza, Kesadaran menurut Christof Koch

Diterbitkan oleh

Reza A.A Wattimena

Pendiri Rumah Filsafat. Pengembang Teori Transformasi Kesadaran dan Teori Tipologi Agama. Peneliti di bidang Filsafat Politik, Filsafat Ilmu dan Kebijaksanaan Timur. Alumni Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara Jakarta, Doktor Filsafat dari Hochschule für Philosophie München, Philosophische Fakultät SJ München, Jerman. Beberapa karyanya: Menjadi Pemimpin Sejati (2012), Filsafat Anti Korupsi (2012), Tentang Manusia (2016), Filsafat dan Sains (2008), Zen dan Jalan Pembebasan (2017-2018), Melampaui Negara Hukum Klasik (2007), Demokrasi: Dasar dan Tantangannya (2016), Bahagia, Kenapa Tidak? (2015), Cosmopolitanism in International Relations (2018), Protopia Philosophia (2019), Memahami Hubungan Internasional Kontemporer (20019), Mendidik Manusia (2020), Untuk Semua yang Beragama (2020), Terjatuh Lalu Terbang (2020), Urban Zen (2021), Revolusi Pendidikan (2022), Filsafat untuk Kehidupan (2023), Teori Transformasi Kesadaran (2023), Teori Tipologi Agama (2023) dan berbagai karya lainnya. Rumah Filsafat kini bertopang pada Crowdfunding, yakni pendanaan dari publik yang terbuka luas dengan jumlah yang sebebasnya. Dana bisa ditransfer ke rekening pribadi saya: Rekening BCA (Bank Central Asia) 0885100231 atas nama Reza Alexander Antonius. Lebih lengkapnya lihat di https://rumahfilsafat.com/rumah-filsafat-dari-kita-untuk-kita-dan-oleh-kita-ajakan-untuk-bekerja-sama/

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Publikasi Ilmiah Terbaru: Apa Kaitan antara Kesadaran dan Kehidupan?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us