Belajar Memaknai Perpisahan dari Lagu Gala Bunga Matahari Karya Sal Priadi

belajar-memaknai-perpisahan-dari-lagu-gala-bunga-matahari-karya-sal-priadi

Mubadalah- Gala bunga matahari jadi salah satu judul lagu yang masih jadi perbincangan kini. Bahkan setelah seminggu Music Video atau MV nya dirilis masih menepati tranding 1 YouTube untuk kategori musik. Lagu ini punya banyak pesan, mulai dari setiap syairnya, rima yang penyanyi gunakan, hingga multi tafsir yang luas melalui sosial media.

Keunikan Sal Priadi

Gala bunga matahari punya keunikan sendiri. Lagu garapan Sal Priadi ini menceritakan kisah perpisahan seorang yang sangat dicintai. Sal Priadi yang punya panggilan akrab Sal adalah penyanyi sekaligus pemusik yang punya keunikan tersendiri. Pesan eksplisit ia sampaikan dalam setiap karyanya. Baik melalui irama lagu, lirik, hingga sceen pada MV nya. Keunikan itu juga Sal muat dalam karya terbarunya kini.

MV gala bunga matahari menampilkan si kecil Gempita Nora Martin atau Gempi sebagai pemerannya. Ia memerankan sosok seorang yang berada jauh dari bumi. Gempita jadi anak kecil yang diibaratkan bagai bunga matahari. Raut wajahnya yang lucu, ceria dan terkadang kebingungan tampil dalam MV ini. Selain sebagai pemeran, Gempi sebenarnya adalah pesan bagi kalian yang melihat MV ini.

Bukan hanya sebagai anak kecil, peran Gempi lebih besar dari hal tersebut. Gempi diceritakan sebagai sosok bunga matahari yang sudah lama pergi. Sal ingin bilang, bahwa dia yang pergi ke tempat jauh akan kembali jadi sosok anak kecil yang lucu. Mereka yang telah berpulang juga terkadang dapat berkomunikasi dengan kita, entah itu dengan bahasa tumbuhan atau bunga matahari ittu sendiri.

Makna Bunga Matahari

Gempi menyampaikan pesannya melalui bunga matahari. Dan di bumi seorang menerima pesan itu dengan bunga matahari juga. Entah pesannya benar-benar tersampaikan, atau hanya suara alam yang ia dengar.

Pesan lain juga tak kadang ingin kita sampaikan untuk orang tersayang yang sudah berjarak waktu dan tempat. Banyak pertanyaan apakah mereka bahagia disana? Apakah ada sungai aliran susu? Atau apakah kamu kembali kecil lagi? Tapi yang pasti, mereka sudah tak sakit lagi.

Tulisan sebelumnya saya ambil dari beragam liriknya yang Sal masukkan dalam lagunya. Ia mencoba berkomunikasi dengan para pendengar dengan cara unik. Yang mana kondisi kehilangan juga akan semua orang alami. Bahwa semua yang ada di dunia adalah titipan dari sang maha kuasa. Kita hidup dengan pedoman Tuhan, hidup juga menatap ke masa depan. Dan sama halnya dengan bunga matahari yang selalu menghadap sinar buatan yang maha kuasa.

Permainan Nada yang Indah

Selain punya lirik yang bermakna dalam, Gala bunga matahari juga punya irama musik yang bisa kita kupas lebih lanjut. Sal Priadi sendiri adalah penyanyi dengan karakteristik suara yang unik. Irama mayor dan minor yang Sal padukan bersama membentuk pesan yang berbeda pada setiap lirik dari lagu ini.

Jadilah bunga matahari, yang tiba-tiba mekar di taman. Yang bicara dengan bahasa tumbuhan. Ceritakan padaku, bagaimana tempat tinggalmu yang baru.

Bait tersebut adalah bait pertama pada lagu ini merupakan pengalaman mayor yang juga Sal kemas dengan nada mayor. Bait ini punya makna bahwa siapa saja pasti punya keinginan untuk bertemu lagi dengan orang tersayang yang telah pergi.

Adakah sungai-sungai itu benar-benar. Dilintasi dengan air susu? Juga badanmu tak sakit-sakit lagi. Kau dan orang-orang di sana muda lagi. Semua pertanyaan, temukan jawaban. Hati yang gembira, sering kau tertawa. Benarkah orang bilang. la memang suka bercanda?

Bait selanjutnya adalah pengalaman minor yang juga dikemas dengan nada minor. Yang mana membahas pengalaman kultural dengan refrensi ayat Al-Qur’an. Selain itu, tidak perlu menjadi seorang religius untuk perlu menggambarkan surga. Apalagi dengan harapan bahwa orang yang kita sayang akan pergi ke tempat terbaik. Dari nada minor inilah usaha Sal untuk terhubung dengan para pendengarnya.

Gala Bunga Matahari dan Segala Pesannya

Gala bunga matahari tampaknya bukan hanya sebuah lagu. Ini pesan tersirat dan media untuk curhat, bahkan bisa lebih dari itu. Sal Priadi seorang musisi ternama menghiasnya dengan sedemikian rupa. Banyak curhatan netizen saya temukan ketika membaca komentar di MV Gala Bunga Matahari.

Kisah mereka juga banyak tertuang di media sosial lain dan punya atensi sendiri. Lagu ini bukan lagu bernuansa sedih maupun lagu ceria. Ini adalah lagu kerinduan yang tak kadang rasanya sederhana tapi begitu mendalam.

Perpisahan bukan hal yang dapat kita hindari. Kerinduan dengan mereka yang telah pergi terlebih dahulu adalah hal wajar. Tugas kita kini adalah menjalani dunia dan bersiap untuk bertemu kembali suatu saat nanti. Hanya doa yang bisa mengobati kerinduan ini. Dan mungkin Sal sendiri ingin mengajak kita untuk bersama-sama ingat dan berdoa untuk mereka yang sudah pergi.[]

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Belajar Memaknai Perpisahan dari Lagu Gala Bunga Matahari Karya Sal Priadi

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us