Agama adalah Nasihat

agama-adalah-nasihat

Laduni.ID, Jakarta – Rasulullah SAW pernah bersabda:

الدِّينُ النَّصِيحَةُ، قُلْنَا: لِمَنْ؟ قَالَ: ِللهِ وَلِكِتَابِهِ وَلِرَسُولِهِ وَلِأَئِمَّةِ الْمُسْلِمِينَ وَعَامَّتِهِمْ

“Agama itu adalah nasihat. Lalu kami (para sahabat) bertanya: ‘Untuk siapa?’ Beliau menjawab: “Untuk Allah, Kitab-Nya, Rasul-Nya, para pemimpin umat Islam, dan untuk orang Islam pada umumnya.” (HR. Muslim)

Nasihat (dalam bahasa Arab: Nashihah) berasal dari suku kata kerja nashaha- yanshahu-nashihah, artinya menasihati. Untuk menjabarkan arti nasihat ini, para ulama berbeda pendapat. Sebagian ulama mendefinisikannya dengan menjahit. Apabila dikatakan, “tanashaha ar-rajulu tsaubahu”, artinya seseorang telah menjahit pakaiannya. Seorang penasihat disamakan dengan seorang penjahit kain, karena usaha seorang penasihat untuk menyampaikan fatwa-fatwanya demi kemaslahatan bersama, adalah sama dengan pekerjaan seorang penjahit yang selalu menusukkan jarum dan benang pada kain sasarannya dengan maksud untuk merajut dan mencipta model pakaian yang sesuai dengan kehendaknya atau untuk memperbaiki pakaian yang telah rusak.

Pendapat lainnya mendefinisikan nasihat dengan makna membersihkan. Apabila dikatakan, nashahtu al-‘asala, artinya aku telah membersihkan madu dari malamnya (yang menjadi sarang lebah). Seorang pemberi nasihat hendaknya membersihkan ucapan-ucapan yang dapat menimbulkan tipu muslihat, khianat, dan fitnah. Sebagaimana tukang madu membersihkan madu dari malam yang melekat.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Agama adalah Nasihat

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us