NYT: Israel buat perusahaan gadungan untuk kirim penyeranta ke Lebanon

nyt:-israel-buat-perusahaan-gadungan-untuk-kirim-penyeranta-ke-lebanon

Moskow (ANTARA) – Israel telah mendirikan perusahaan cangkang atau gadungan untuk memproduksi penyeranta peledak yang kemudian dikirim ke Lebanon, menurut laporan The New York Times (NYT) dengan mengutip tiga petugas intelijen.

Menurut sumber petugas tersebut,  manufaktur penyeranta itu, BAC Consulting Kft. adalah perusahaan yang berbasis di Hongaria yang memiliki kontrak untuk memproduksi perangkat tersebut atas nama perusahaan Taiwan Gold Apollo, padahal sebenarnya produk itu dibuat perusahaan buatan Pemerintah Israel.

Selain itu, sedikitnya ada dua perusahaan gadungan lain yang dibentuk untuk menutupi identitas sebenarnya dari orang-orang yang membuat perangkat tersebut – ungkap petugas intelijen Israel.

Pada saat yang sama, BAC Consulting Kft. juga memiliki pelanggan lainnya yang memesan produksi penyeranta yang tanpa menggunakan bahan peledak, lapor surat kabar itu.

Penyeranta yang bersifat eksplosif ini mulai dikirimkan ke Lebanon pada musim panas 2022, tetapi penggunaannya kemudian ditingkatkan setelah pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah mencela penggunaan ponsel demi alasan keamanan.

Sebelumnya, surat kabar Lebanon Al Manar melaporkan bahwa peralatan komunikasi yang meledak pada Rabu (18/9) di berbagai wilayah di Lebanon dibeli sekitar lima bulan yang lalu, hampir bersamaan dengan penyeranta yang meledak satu hari sebelumnya.

“Hizbullah membeli peralatan komunikasi lima bulan lalu, pada waktu yang hampir bersamaan dengan penyeranta,” lapor surat kabar tersebut.

Sumber: Sputnik-OANA

Baca juga: Hizbullah: Komandan selamat ledakan penyeranta karena pakai model lama

Baca juga: Sekjen Hizbullah bersumpah jadikan Israel neraka usai ledakan pager

Baca juga: Taiwan selidiki serentetan ledakan penyeranta di Lebanon

Penerjemah: M Razi Rahman

Editor: Atman Ahdiat

Copyright © ANTARA 2024

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
NYT: Israel buat perusahaan gadungan untuk kirim penyeranta ke Lebanon

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us