Perempuan dan Daya Tarik Media Sosial

perempuan-dan-daya-tarik-media-sosial

Mubadalah.id – Belakangan ini ramai pemberitaan seputar rekam jejak digital seseorang di masa lalu yang kembali netizen ungkit. Di zaman digital seperti sekarang, perlu kita sadari bahwa tak hanya ‘mulutmu hariamaumu’, tapi juga ‘jarimu harimaumu’.

Media sosial memang leluasa memberi ruang kebebasan untuk berekspresi maupun beropini. Namun jika tidak diiringi oleh kebijaksanaan, maka bisa jadi malapeteka. Berbagai kejahatan bisa bermula dari media sosial, seperti penculikan, penipuan, dan lainnya.

Pengguna internet juga semakin cerdas. Hanya dengan info seminimal mungkin yang seseorang posting di akun media sosialnya, netizen bisa saja mengkorek-korek detail kehidupan dari informasi tersebut seperti seorang intelejen terlatih. Hal ini menjadi pengingat untuk kita bersama, utamanya perempuan yang cenderung lebih aktif membagikan setiap momen yang ia jalani di media sosial.

Perubahan teknologi yang terus berkembang pesat memudahkan manusia untuk saling berhubungan jarak jauh, salah satunya melalui media sosial. Media sosial merupakan sebuah media online dengan para penggunanya dapat dengan mudah berbagi informasi maupun berkomunikasi di dunia virtual.

Data Media Sosial

Berdasarkan data, kita ketahui bahwa daya tarik media sosial mayoritas adalah perempuan hingga 76%. Instagram misalnya, sebagai salah satu media sosial yang kita gemari saat ini. Berdasarkan laporan Napoleon Cat Mei 2021 menunjukkan mayoritas penggunanya di Indonesia adalah perempuan yaitu sebesar 52,6%. Sedangkan untuk laki-laki sebesar 47,4%.

Penelitian lain berhubungan dengan self disclosure. Yaitu keterbukaan diri antara laki-laki dan perempuan di media sosial. Dari penelitian ini ternyata menunjukan hasil bahwa persepsi remaja laki-laki terhadap self disclosure sebesar 39%. Artinya persepsi remaja laki-laki kurang mempengaruhi keterbukaan diri mereka dengan orang lain di media sosial.

Sedangkan persepsi remaja perempuan terhadap self disclosure sebesar 61%. Artinya persepsi remaja perempuan mempengaruhi  keterbukaan diri mereka dengan orang lain di media sosial. Dari berbagai penelitian dan data yang sudah ada memang dapat kita simpulkan bahwa perempuan lebih dominan dalam aktivitas media sosial

Keaktifan perempuan di media sosial tersebut barangkali terpengaruhi oleh psikologi perempuan itu sendiri yang cenderung gemar bersosialisasi, bercerita, dan membagikan perasaannya. Menurut salah satu psikolog di Palembang, Muhammad Uyun, aktifnya para perempuan di media sosial penyebabnya karena sifat dasar yang sebagian besar perempuan miliki. Di mana mereka sangat suka diperhatikan oleh orang-orang yang mereka kenal.

Perempuan Aktif di Media Sosial

Ada kalanya, sejumlah perempuan yang aktif di media sosial juga ingin memperlihatkan hal-hal menarik yang mereka miliki. Seperti halnya menunjukkan kreativitas tulisan melalui status. Bisa juga memperlihatkan kecantikan atau momen berharga melalui foto. Salah satu tujuannya adalah sebagai bentuk ekspresi diri atau menyalurkan isi hati maupun emosi yang ia rasakan pada saat yang sama.

Tak jarang pula, perempuan kerap membagikan momen-momen duka, atau menumpahkan amarahnya di media sosial dengan dalih untuk mengeluarkan energi negatif yang ditimbulkan oleh pemendaman masalah. Terlebih jika masalah tersebut terasa sangat berat oleh yang bersangkutan.

Banyaknya kasus kejahatan yang timbul akibat media sosial kerapkali menyasar korban perempuan. Kasus yang ramai terjadi belakangan ini. Misalnya, akibat salah satu postingan story seorang tokoh publik yang berujung pada sentimen negatif publik. Hingga menyeret ke banyak hal. Termasuk masa lalu dan aib dari yang bersangkutan.

Hal-hal demikian bisa jadi menimbulkan dampak psikologis akibat komentar-komentar pedas pengguna sosial lainnya. Mengingat semua orang memiliki kebebasan berbicara dan beropini di media sosialnya masing-masing.

Batasan dalam Berinteraksi

Untuk menghindari berbagai insiden maupun malapetaka tak kita inginkan dari media sosial, penting kiranya untuk tiap orang memiliki batasan yang perlu terjaga. Yakni tentang apa saja yang harusnya kita bagikan atau tidak. Utamanya jika seseorang tersebut adalah tokoh publik.

Tokoh publik yang sudah terkenal banyak orang tentu telah memiliki personal branding yang melekat pada diri, sehingga orang-orang pun menaruh ekspektasi kepadanya. Maka dampak dari ketidaksesuaian ekspektasi publik tersebut bisa saja berbuntut pada banyak hal di kemudian hari.

Jika ingin berkomentar terhadap sesuatu masalah, usahakan untuk fokus memberi komentar pada masalahnya dengan bahasa yang sopan dan baik. Jangan justru malah menyerang orang yang bersangkutan. Apalagi dengan bahasa yang sarat umpatan.

Biarpun demikian, meski kita rasa diri ini hanya masyarakat biasa dan bukan tokoh publik pun tidak berarti memiliki kebebasan yang lebih luas. Karena lagi-lagi jejak digital seolah tak terhapus masa. Tak ada yang tahu tentang masa depan. Bisa jadi seorang yang bukan siapa-siapa hari ini, di kemudian hari dia menjadi tokoh publik yang dikenal oleh banyak orang. []

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Perempuan dan Daya Tarik Media Sosial

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us