Diet, Puasa dan Sehat

diet,-puasa-dan-sehat

Mubadalah.id – Kamis lalu, saya menghadiri acara MAARIF HOUSE, sebuah forum diskusi ringan dengan topik khusus yang  dihadiri oleh peserta terbatas.

Hajatan ini diampu oleh Maarif Institute di bilangan Tebet. Tema yang diangkat dalam pertemuan perdana itu agak berat, yaitu; “Agama, Krisis Lingkungan dan HAM: Izin Tambang untuk Ormas, Masalah atau Maslahah?”. Banyak narasumber keren dengan berbagai latar belakang; pegiat organisasi masyarakat sipil, pengusaha, ormas keagamaan, dosen, peneliti dst.

Saya berjumpa dengan kiai Ulil Abshar-Abdalla, cendikiawan muda NU yang populer dengan berbagai gagasan yang kerap menimbulkan perdebatan lanjutan. Dari siang hingga waktu Maghrib, Kiai Ulil nampak lebih segar, baik dari sisi pemikiran hingga tampilan fisiknya.

Kali ini, saya tidak akan menulis tentang sisi pemikirannya terkait Fiqh tambang. Terlalu berat bagi saya untuk merangkumnya dalam bentuk tulisan. Saya akan menuliskan sosok Kiai Ulil dari sudut pandang lain, yaitu sisi spiritualitas dalam laku keseharian hidupnya.

Diet Puasa

Selama kurang lebih 4,5 jam berdiskusi, saya tidak melihat Kiai Ulil mencicipi makanan dan minuman yang tersaji. Air mineral, teh, makanan ringan, nasi kotak dibiarkan utuh. Karena penasaran, akhirnya saya memberanikan diri untuk bertanya.

Dia menjelaskan dengan rileks bahwa selama hampir satu tahun ini, ia melakoni ”puasa diet”.  Saya kaget, bertanya di dalam hati; “waduh teori puasa apa lagi nih?” Puasa itu telah memangkas berat badannya hingga hilang 15 kg secara perlahan.

Baginya, puasa diet adalah gabungan antara puasa ala Nabi Daud As (sehari puasa sehari tidak) dan puasa Senin-Kamis. Durasi waktu dan tata carannya sama seperti puasa biasa. Tapi, karena dia tidak ingin berpuasa di setiap hari Ahad, maka implikasi dari penggabungan itu terkadang harus berpuasa selama dua hari berturut-turut. Bisa Senin-Selasa atau Kamis-Jum’at. Jadi, puasa diet hanyalah istilah biasa saja. Ia bukan ajaran baru tanpa landasan fiqh.

Membangun Budaya Hidup Sehat

Kiai Ulil merasa begitu prihatin dengan sejumlah fakta tentang banyaknya kiai-kiai muda yang mudah sakit, lalu meninggal dunia di usia muda. Baginya, problem kesehatan ini bisa kita cegah dengan berbagai aktivitas yang mudah, murah dan menyenangkan.

Saat ini, ia giat mempromosikan program hidup sehat khusus untuk para kiai. Praktiknya sederhana, memperbanyak jalan kaki, mengubah pola makan yang lebih sehat dan berpuasa. Pola itu sudah dipraktikkan dengan baik oleh Kiai Mustafa Bisri (Gus Mus) mertuannya. Di usianya yang sudah berkepala 8, Gus Mus mampu menjalankan ritual umroh secara sempurna, tanpa bantuan kursi roda yang dibantu orang lain.

Selain Gus Mus, saya menjumpai Kiai Husein Muhammad dari Perguruan FAHMINA Cirebon, Kiai Hasan Abdullah Sahal, dari Gontor Ponorogo. Keduannya telah membangun pola hidup sederhana namun sehat. Seperti; olah ringan secara rutin alias jalan kaki pagi, rajin berpuasa, mengatur pola makan dengan asupan yang terukur, namun cukup kandungan nutrisi dan gizinya.

Porsi makanan yang mereka santap jauh dari kesan mewah, berukuran jumbo, berbumbu ekstrim dan berlemak. Prinsipnya, makanan itu sekedar cukup untuk menopang tubuh agar tetap kuat beribadah.

Membangun Kualitas Hidup

Saya mengenal Kiai Hasan Abdullah Sahal sejak tahun 1981, ketika nyantri di Pondok Gontor. Dugaan saya dulu, Kiai Hasan tidak bisa naik sepeda motor. Pasalnya, beliau pergi kemana-mana selalu berjalan kaki. Baik saat hendak mengajar atau berkeliling pondok untuk melihat kehidupan para santri.

Sekarang, setelah puluhan tahun, saya baru menyadari, bahwa pilihan berjalan kaki itu telah berbuah pada kehidupan yang jauh lebih sehat di kemudian waktu. Sekarang, beliau masih tetap sehat dan bugar di usia yang hampir 80 tahun.

Dalam hal kesehatan, saya percaya pada pepatah kuno “you are what you eat”.  Konon, slogan ini ditulis oleh Anthelme Brillat-Savarin, dalam bukunya “Physiologie du Goût” (1826). Dia menulis, “Tell me what you eat and I will tell you what you are”.

Dalam pepatah melayu ada istilah “sesaat di bibir, seumur hidup di pinggul”. Kedua pepatah ini memberi pesan, bahwa segala jenis makanan yang kita konsumsi akan berdampak pada kualitas kesehatan kita di kemudian waktu.

Meski bukan dokter, juga bukan peramal yang mampu membaca takdir yang akan menimpa diri, namun saya yakin bahwa penyakit itu bisa kita cegah, dengan berupaya membangun kualitas hidup agar bisa menjadi lebih baik. Soal takdir kematian, biarlah malaikat itu datang menjemput nyawa tanpa rasa sakit. Amin. []

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Diet, Puasa dan Sehat

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us