30 Instansi Daerah yang Sepi Peminat CPNS 2024 Pemkab & Pemkot

30-instansi-daerah-yang-sepi-peminat-cpns-2024-pemkab-&-pemkot

tirto.id – Pendaftaran seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2024 resmi ditutup. Menyusul penutupan pendaftaran, Badan Kepegawaian Negara (BKN) merilis daftar instansi daerah yang sepi peminat di CPNS 2024.

Daftar instansi daerah yang sepi peminat di CPNS 2024 termasuk di lingkungan pemerintah kabupaten (pemkab) dan pemerintah kota (pemkot). Daftar instansi sepi peminat ini bisa digunakan pelamar CPNS 2024 yang belum lolos seleksi sebagai acuan melamar tahun depan.

Berdasarkan data resmi dari BKN, tahun ini ada sebanyak 3,96 juta pelamar yang telah mendaftarkan diri pada CPNS. Namun, jumlah pelamar yang menyelesaikan proses pendaftaran hingga tahap resume atau submit lebih sedikit.

Masih menurut BKN, jumlah pelamar CPNS 2024 yang melakukan submit ada sebanyak 3,57 juta orang. Sebanyak 599,5 ribu pelamar dinyatakan tidak lolos dan berstatus tidak memenuhi syarat (TMS).

Sementara itu, 2,85 juta pelamar lainnya dinyatakan lolos seleksi administrasi dan berstatus memenuhi syarat (MS) dari instansi, serta tinggal menunggu hasil akhir.

Pelamar yang lolos seleksi administrasi CPNS 2024 berhak melanjutkan ke tahap seleksi kompetensi dasar (SKD). Tes ini akan diselenggarakan secara terpusat oleh BKN menggunakan sistem computer assisted test (CAT).

Sebaliknya, pelamar yang tidak lolos seleksi administrasi bisa mengajukan sanggah kepada panitia seleksi. Periode sanggah berlangsung pada 20 sampai 22 September 2024.

Daftar 30 Instansi Daerah dengan Pelamar CPNS 2024 Paling Sedikit

Berdasarkan data dari BKN, setidaknya ada 30 instansi daerah dengan pelamar CPNS 2024 paling sedikit. Tidak seperti instansi lainnya yang dilamar hingga ribuan orang, instansi-instansi sepi pelamar hanya memperoleh pelamar belasan hingga ratusan orang saja.

Umumnya, instansi-instansi sepi pelamar tak membuka banyak kebutuhan formasi seperti instansi lainnya. Misalnya, pada instansi Pemerintah Kabupaten Bangli yang membuka 9 formasi kebutuhan, hanya mendapat 19 pendaftar dan 17 yang sampai proses submit.

Ini berbeda jauh dengan instansi lain seperti Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). Kementerian tersebut tahun ini membuka sebanyak 9.070 formasi dan dilamar oleh 567.552 pelamar.

Berikut ini daftar 30 instansi daerah dengan pelamar CPNS 2024 paling sedikit di pemkab dan pemkot:


tirto.id – Aktual dan Tren

Kontributor: Olivia Rianjani

Penulis: Olivia Rianjani

Editor: Yonada Nancy & Dipna Videlia Putsanra

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
30 Instansi Daerah yang Sepi Peminat CPNS 2024 Pemkab & Pemkot

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us