Hari Anak Nasional, asal-usul dan tujuannya

hari-anak-nasional,-asal-usul-dan-tujuannya

Jakarta (ANTARA) – Setiap tanggal 23 Juli, Indonesia memperingati Hari Anak Nasional. Tujuan dari peringatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai betapa pentingnya menegakkan dan melindungi hak-hak anak dalam tumbuh dan berkembang agar masa depan negara menjadi lebih baik.

Hari Anak Nasional pertama kali dicanangkan semasa pemerintahan Presiden Soeharto.

Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1979 tentang Kesejahteraan Anak menjadi landasan bagi upaya peningkatan kesejahteraan anak di Indonesia disahkan pada 23 Juli 1979.

Melalui Keputusan Presiden Nomor 44 Tahun 1984, Presiden Soeharto menetapkan tanggal 23 Juli sebagai Hari Anak Nasional. Keputusan tersebut ditandatangani langsung oleh Presiden Soeharto pada tanggal 19 Juli 1984.

Tujuan dari adanya Hari Anak Nasional untuk menyoroti peran penting anak-anak sebagai generasi masa depan negara dengan upaya pembinaan terhadap perempuan dan anak di Indonesia.

Hal ini memerlukan perhatian khusus kepada anak mulai dari hal kesehatan, pendidikan, dan perlindungan. Hak-hak ini sudah semestinya dimiliki oleh anak-anak dan dijamin oleh negara secara adil tanpa memandang latar belakang, agama, ras, dan sosial.

Baca juga: Pemkot Jayapura: HAN jadi momentum anak bebas dari perundungan

Baca juga: Pewarta cilik ambil alih ANTARA terkait Hari Anak Nasional

Hari Anak Nasional diperingati setiap tahun dan ditandai dengan berbagai acara untuk anak-anak, orang tua, dan masyarakat umum. Acara ini diselenggarakan di berbagai wilayah tingkat pusat, daerah, sampai luar negeri.

Acara peringatan Hari Anak Nasional diadakan dengan kegiatan kontes festival kreatif, seminar tentang orangtua dan anak, kampanye kesejahteraan anak, dan acara parenting lainnya.

Hal ini bertujuan agar dapat memberikan wawasan baru bagi orangtua dalam mendidik serta ajang kebebasan bagi anak-anak untuk mengekspresikan hak-haknya serta mengembangkan potensi kemampuan dirinya.

Selain itu, tujuan peringatan menjadi momentum penting sebagai bentuk kepedulian dan keterlibatan pemerintah serta masyarakat dalam penciptaan lingkungan ramah anak.

Setiap tahunnya, Hari Anak Nasional mempunyai topik berbeda berdasarkan isu-isu terkini terkait anak. Seperti pada tahun 2024 mengusung tema utama “Anak Terlindungi, Indonesia

Maju”.

Selain sebagai acara seremonial, Hari Anak Nasional juga harus menjadi momentum kesadaran dan evaluasi peningkatan upaya pengutamaan serta perlindungan hak-hak anak.

Dengan adanya memperingati Hari Anak Nasional setiap tahunnya, harapan untuk wujudkan generasi yang bermoral, cerdas, dan sehat dapat terwujud sehingga menjadi agen perubahan masa depan kemajuan negara.

Baca juga: Menteri Bahlil pastikan kesiapan Papua gelar acara Hari Anak Nasional

Baca juga: Galeri Indonesia Kaya gelar “Senandung Masa Kecil” sambut Hari Anak

Pewarta: Putri Atika Chairulia

Editor: Gilang Galiartha

Copyright © ANTARA 2024

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Hari Anak Nasional, asal-usul dan tujuannya

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us