Bukan Puncak, Ini 7 Daftar Tragedi Kemacetan Terparah Sepanjang Sejarah Dunia!

bukan-puncak,-ini-7-daftar-tragedi-kemacetan-terparah-sepanjang-sejarah-dunia!

Ilustrasi tragedi kemacetan terparah yang pernah terjadi di dunia/ Foto: Freepik.com/freepik

Kemacetan lalu lintas kerap menjadi musuh utama bagi para pengendara, terutama saat libur panjang. Bertambahnya volume kendaraan pada ruas jalan yang melebihi kapasitas jalan menjadi penyebab terjadinya kemacetan panjang.

Salah satunya yang terjadi di kawasan wisata Puncak, Bogor, Jawa Barat saat momen libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW pada Minggu (15/9/2024). Ratusan ribu kendaraan terjebak dalam kemacetan panjang hingga 15 jam. Lantaran volume kendaraan yang memasuki kawasan puncak mencapai 150 ribu kendaraan atau naik dua kali lipat dari kapasitas ruas jalur tersebut.

Akibat kemacetan ini, seorang wisatawan pun harus merenggang nyawa akibat serangan asma setelah terjebak berjam-jam tanpa akses medis yang memadai.

Namun, fenomena kemacetan horor ini bukanlah yang pertama kali terjadi di Indonesia. Sejumlah negara pun juga pernah mengalami kemacetan panjang yang jauh lebih ekstrem. Melansir dari CNBC Indonesia, berikut beberapa kemacetan terparah sepanjang sejarah dunia. Simak!

1. Paris, Prancis, Februari 1980

Tragedi kemacetan di Paris, Prancis tahun 1980/ Foto: Hot Cars

Mundur ke empat dekade silam, tepatnya pada 16 Februari 1980, Prancis pernah mencetak rekor kemacetan terparah sepanjang sejarah dunia. Tak tanggung-tanggung, kemacetan ekstrem dari Lyon ke Paris itu membentang hingga 109 mil atau sekitar 175 kilometer.

Penyebabnya dipicu cuaca buruk yang terjadi secara mendadak, sehingga warga yang berencana melakukan liburan bermain ski di Lyon, justru berbondong-bondong pulang ke kota Paris.

Saking parah dan panjangnya kemacetan tersebut, sampai masuk rekor dunia Guinness World Records, lho!

2. Perbatasan Jerman Barat dan Jerman Timur, April 1990

Tragedi kemacetan di perbatasan Jerman Barat dan Timur pada April 1990/ Foto: Hot Cars

Pada 12 April 1990, Jerman juga pernah mengalami kemacetan terparah sepanjang sejarahnya. Peristiwa tersebut menyebabkan sekitar 18 juta mobil terjebak dalam kemacetan di kawasan perbatasan Jerman Timur dan Barat yang membentang hingga sejauh 30 mil atau 48 kilometer.

Normalnya, jumlah kendaraan yang melintasi jalanan tersebut hanya ada 500.000 setiap harinya, namun saat itu naik berkali-kali lipat.

Kemacetan ekstrem ini diperkirakan terjadi karena beberapa faktor di antaranya adalah reunifikasi atau penyatuan kembali Jerman Timur dan Barat, serta bertepatan dengan libur paskah.

3. Tokyo, Jepang, Agustus 1990

Ilustrasi kemacetan yang terjadi di Tokyo, Jepang pada Agustus 1990/ Foto: Freepik.com/freepik

Siapa sangka, negara yang terkenal dengan sistem transportasi umum paling canggih di dunia ini pernah mengalami tragedi kemacetan terparah di dunia. Kemacetan sepanjang 84 mil atau 135 kilometer itu terjadi pada 12 Agustus 1990.

Lebih dari 15.000 mobil terlibat dalam kemacetan lalu lintas terbesar sepanjang sejarah Jepang. Jalanan pun dipadati kendaraan yang baru kembali dari liburan musim panas.

Nahasnya, di waktu yang bersamaan terjadi topan Winona atau badai angin besar yang menerjang daerah tersebut sehingga kemacetan panjang pun tak bisa dihindarkan.

4. Houston, Amerika Serikat, September 2005

Tragedi kemacetan di Houston, Amerika Serikat pada September 2005/ Foto: Hot Cars

Badai Rita yang mendekati Houston pada 22 September 2005 lalu, membuat penduduk berbondong-bondong mengevakuasi diri. Akibatnya, ada sekitar 2,5 juta warga yang panik dan membuat kemacetan sepanjang 100 mil atau 160 kilometer.

Kemacetan ekstrem tersebut diketahui berlangsung selama 48 jam dan membuat banyak pengemudi kehabisan bahan bakar.

5. Beijing, China, Agustus 2005

Tragedi kemacetan di Beijing, China pada Agustus 2005/ Foto: Hot Cars

Kalau biasanya kemacetan lalu lintas berlangsung selama belasan jam saja, namun berbeda dengan yang terjadi di Beijing, China. Pada Agustus 2010 lalu, jalan tol Beijing-Tibet dikabarkan mengalami kemacetan selama 12 hari.

Saat itu, kendaraan yang terjebak macet hanya bisa bergerak dengan kecepatan 2 mil atau 3,2 kilometer per harinya. Penyebab utama kemacetan ini adalah truk-truk yang membawa perlengkapan konstruksi yang menutupi pintu keluar.

Akibatnya, kemacetan yang membentang sepanjang 62 mil atau sekitar 99,7 kilometer tak bisa dicegah.

6. Chicago, Amerika Serikat, Februari 2011

Tragedi kemacetan di Chicago, Amerika Serikat pada Februari 2011/ Foto: Hot Cars

Pada 1 Februari 2011 lalu, peristiwa kemacetan terparah dan terburuk sepanjang masa terjadi di Chicago, Amerika Serikat. Pasalnya, ada ribuan pengemudi terjebak dalam kemacetan saat badai salju dan suhu dingin ekstrem melanda daerah tersebut.

Saking lebatnya salju yang turun, bahkan sampai menutupi jalan dan menimbun mobil mereka. Demi menyelamatkan diri, para pengendara dan penumpang mobil pun terpaksa meninggalkan kendaraannya.

Peristiwa yang menjebak ratusan mobil dan bus itu, dikabarkan berlangsung selama 12 jam 45 menit.

7. Gerbang Tol Brebes Timur (Brexit), Jawa Tengah, Indonesia, Juli 2016

Tragedi kemacetan Brexit 2016/ Foto: detikNews

Pastinya Beauties masih inget dengan tragedi kemacetan parah yang terjadi pada arus mudik Lebaran Idul Fitri pada Juli 2016 lalu, kan? Tragedi menyeramkan ini dikenal dengan Brexit (Brebes Exit) dan menelan korban jiwa sebanyak 17 orang.

Kebanyakan korban meninggal karena kelelahan dan stres. Lantaran kendaraan hampir tidak bergerak sepanjang 34 kilometer selama tiga hari.

Penyebab utama kemacetan ini karena terjadinyaa lonjakan volume kendaraan sesaat setelah Tol Pejagen-Brebes baru dibuka, di mana antusias masyarakat sangat tinggi untuk mencoba tol baru tersebut.

Namun sayangnya, pembukaan tol ini justru menjadi peristiwa memilukan yang masih dikenang hingga saat ini.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Bukan Puncak, Ini 7 Daftar Tragedi Kemacetan Terparah Sepanjang Sejarah Dunia!

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us