Menyoal Anak Tidak Betah Berada di Pesantren

menyoal-anak-tidak-betah-berada-di-pesantren

Mubadalah.idPendidikan di pesantren seringkali mendapat citra bagus karena bisa memberikan wawasan keagamaan yang lebih dengan pengawasan ketat. Di pondok pesantren, anak akan lebih fokus mengembangkan pengetahuan dan nalar kritis spiritual. Sehingga mereka bisa terbebas dari dunia luar yang sering kali gamang penuh dengan godaan dan pergaulan bebas.

Sayangnya, banyak di antara orang tua maupun anak hanya sekedar menimbang pondok pesantren dari kulitnya saja. Mereka tidak mempertimbangkan tiap konsekuensi yang mungkin saja lewat bahkan terjadi ketika berhubungan dengan pendidikan di pondok pesantren.

Dari pihak anak sendiri, banyak dari mereka yang mau mondok karena melihat kemegahan pondok pesantren yang akan ia tempati. Melihat bagaimana media mem-framing keadaan pesantren yang menggiurkan. Ikut-ikutan teman saja. Mendapatkan iming-iming kebendaan dari orang tua. Atau sekian alasan yang datangnya bukan dari sendiri, sehingga kemudian membuat niat mereka untuk mencari ilmu hanya tinggal setengahnya saja.

Niat Setengah-setengah

Beberapa kali saya menemui anak yang awalnya ingin sekali mondok. Meminta, bahkan memelas kepada orang tuanya agar bisa belajar di pesantren. Lantas setelah masuk pondok, mereka merengek tidak betah dan ingin pindah. Bukankah ini tindakan egois?

Saya kira biaya untuk memondokkan anak di pondok pesantren sekarang sudah begitu tinggi. Beberapa pondok pesantren mematok syahriyah (Sumbangan Pembinaan Pendidikan) yang cukup menguras isi dompet. Tentu tidak semua orang tua merasa sanggup melakukan ini. mereka harus susah payah mengumpulkan dana demi menuruti keinginan anaknya belajar di pesantren.

Sehingga niat setengah-setengah anak untuk mondok, bahkan jika mereka berpikir berada di pondok begitu menyenangkan, tentu harus mereka kubur dalam-dalam. Fasilitas hanyalah penunjang, instansi pesantren yang elit hanyalah nama, lantas jika seorang anak yang masuk di dalamnya tidak mau berusaha untuk tumbuh dan berkembang, tiap kemegahan pondok yang ia tempati hanyalah sia-sia belaka.

Di pondok pesantren, tiap santri mendapat tempaan yang keras, tuntutan yang berlipat, dengan waktu yang begitu padat. Ibarat sebuah besi yang ingin mendapatkan bentuk yang elok, bernilai mahal, tentu tidak bisa jika hanya berbentuk bongkahan berkarat. Perlu tempaan keras dan usaha yang maksimal agar mereka bisa membentuk dirinya sesuai dengan keinginan.

Nekadnya Seorang Anak

Sayangnya, hati tetaplah hati. Tidak ada yang tahu apa dan bagaimana di dalam hati seseorang kecuali dirinya sendiri. Jika anak yang mondok hanya punya niat setengah-setengah, yang muncul selanjutnya andaikan bukan bongkahan besi tumpul, maka sebuah keberanian untuk melawan keraguan itu. Mereka memilih untuk menyerah.

Sebagaimana yang saya temukan beberapa hari lalu melalui media sosial. Bahwa ada seorang santri yang jatuh dari lantai tiga di pondok pesantrennya. Kabarnya, ia tidak betah berada di pondok pesantren. Sudah pernah berusaha kabur, dan orang tuanya mengembalikan anaknya kembali. Lantas kedua kalinya, ia mencoba untuk kabur dengan melompat. Kiranya akan bisa jatuh ke sawah daerah sekitar. Naasnya, ia harus jatuh di lantai satu, dan meninggal.

Bahkan di salah satu pondok pesantren lain. Sudah berapa kali saya menemui banyak anak nekad untuk kabur karena alasan tidak betah. Beberapa di antaranya pun merupakan anak-anak yang terkenal pendiam, tidak pernah membuat ulah, dan tidak pernah mendapatkan masalah. Lantas tiba-tiba pulang tanpa kabar. Kabur membawa tubuhnya menyusuri jalanan sepi. Orang tuanya pun tak bisa menyangka sama sekali bahwa anaknya bisa senekad itu.

“Padahal anak saya tidak pernah keluar rumah sejak kecil, tidak tahu jalan, tapi tiba-tiba sudah ada di balai desa.”

“Padahal anak saya ke kamar mandi saja selalu minta ditemani. Saya tidak menyangka dia senekad ini pulang sendirian.”

Kenekadan yang anak miliki tentunya mempunyai sebab tertentu. Sayangnya, ketika saya mencoba mengobservasi keadaan lingkungan pertemanan beberapa santri yang sempat kabur. Di antara teman-temannya mengatakan bahwa tidak ada masalah apapun yang terjadi. Bahkan mereka tidak pernah sama sekali mengganggu orang-orang ini.

Mendapatkan bullying, tidak. Ada kendala akademik juga tidak. Mereka hanya tidak betah. Mengatakan ingin pulang tak kuasa. Akhirnya memutuskan pergi sendirian.

Pertimbangan Anak

Jika anak sudah berani nekad kabur dari pesantren, berarti ia telah berani mengambil segala konsekuensi, bahkan nyawa menjadi taruhan yang harus ia pertimbangkan.

Bagaimana tidak, jika seorang anak kabur sendirian pada malam hari, tanpa pengawasan, dengan usia yang masih belia, dan tidak benar-benar tahu jalan pulang, bahkan tak tahu kendaraan apa yang bisa ia pergunakan, bukankah ia telah benar-benar berani mengambil keputusan yang paling buruk untuk diri sendiri?

Anak yang demikian, bisa melakukan apapun demi keinginannya sendiri. Jika orang tua tetap memaksa untuk memasukkan mereka ke pesantren lagi, tentu akan menjadi keegoisan yang tidak solutif. Bisa jadi anak akan kabur lagi, atau berkemungkinan melakukan hal yang lebih tak masuk akal lagi kedepannya.

Usaha preventif maupun kuratif perlu orang tua lakukan kepada anak. Baik bagi mereka yang akan atau sudah masuk pondok. Untuk usaha preventif sendiri, sebaiknya orang tua tidak memberikan gambaran surga dalam pondok pesantren kepada mereka.

Sebaliknya, gambaran konsekuensi, dampak-dampak, dan tiap jalan kemungkinan perlu mereka bagi dengan baik. Sehingga anak bisa berpikir lebih matang untuk menghadapi langkah yang akan ia lalui kedepannya. Tentu hal ini juga bisa memperkuat niat dan tekad anak agar tidak mudah goyah saat melalui perjalanannya sebagai pencari ilmu di pondok pesantren.

Sedangkan usaha kuratif sendiri, bisa orang tua lakukan dengan mengajak anak berdiskusi dengan baik. Mengajak mereka berpikir akan tiap dampak yang bisa saja anak terima jika memilih untuk tetap berada di pesantren, atau keluar darinya. Dengan ini, anak berperan sebagai pengambil keputusan. Dan orang tua penting untuk tetap mengarahkan mereka agar bisa mempertimbangkan apa yang baik untuknya. []

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Menyoal Anak Tidak Betah Berada di Pesantren

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us