Kamala Harris, Pion dari Biden?

kamala-harris,-pion-dari-biden?

Presiden ke-46 Amerika Serikat (AS) Joe Biden telah memutuskan mundur dari Pemilihan Presiden (Pilpres) AS 2024 dan memutuskan untuk mendukung Kamala Harris sebagai calon presiden (capres) Partai Demokrat. Mengapa?


PinterPolitik.com

“Look, I view myself as a bridge, not as anything else. There’s an entire generation of leaders you saw stand behind me. They are the future of this country” – Joe Biden, Calon Presiden AS 2020 (9 Maret 2020)

Pada 9 Maret 2020 silam, ribuan warga Amerika Serikat (AS) berkumpul di satu tempat, tepatnya di balai olahraga di salah satu sekolah di Detroit, Michigan. Joe Biden yang saat itu masih menjadi calon presiden (capres) dalam Pilpres AS 2020, disambut oleh para pendukungnya.

Pada hari itu, Gubernur Michigan Gretchen Whitmer memperkenalkan Biden ke ribuan warganya. Whitmer sendiri merupakan salah satu politikus yang berasal dari Partai Demokrat.

Saat tiba gilirannya berpidato, Biden-pun menyebutkan Whitmer sebagai salah satu pemimpin masa depan AS. “Mereka adalah masa depan negara ini,” ucap Biden sambil menunjuk para politisi yang berdiri di belakangnya.

Whitmer akhirnya menjadi salah satu politisi yang disebut-sebut menjadi kandidat calon wakil presiden (cawapres) untuk Biden. Namun, Whitmer tidak sendiri. 

Di momen itu, berdiri juga sejumlah politisi Demokrat lainnya. Terdapat juga Senator New Jersey Cory Booker dan Senator California Kamala Harris.

Momen itu berlalu dan kemudian publik AS akhirnya mengetahui siapa yang menjadi pendamping Biden. Beberapa bulan setelahnya, yakni pada 19 Agustus 2020, Kamala dipilih untuk menjadi cawapres Biden.

Momen empat tahun lalu ini seakan-akan juga menjadi pengingat akan situasi politik Pilpres AS 2024 di masa kini. Usai memutuskan untuk mundur dari Pilpres AS 2024, Presiden ke-46 AS Biden mengumumkan akan mendukung wapresnya, Kamala, sebagai capres yang diusung Partai Demokrat.

Padahal, sejumlah nama potensial lainnya juga muncul ke permukaan. Salah satunya adalah istri Presiden ke-44 Barack Obama, Michelle Obama, yang disebut-sebut bisa mengalahkan Donald Trump di hasil survei.

Lantas, mengapa Biden lebih memilih Harris? Mungkinkah ada permainan politik di baliknya, layaknya dalam kontestasi politik di Indonesia?

Kamala Harris, Pilihan Biden di 2020

Hubungan Biden dan Kamala tidaklah selalu mulus. Kamala bahkan pernah mengkritik Biden pada tahun 2019 silam.

Dalam debat capres yang digelar oleh Partai Demokrat pada Juni 2019 silam, Biden berhadapan dengan sejumlah bakal capres Demokrat lainnya. Kamala adalah salah satu individu itu di antara nama-nama lain seperti Bernie Sanders.

Kala itu, Kamala mempermasalahkan bagaimana Biden pernah bekerja sama dengan dua politisi yang mendukung segregasi rasial. Serangan Kamala inipun akhirnya mempertanyakan komitmen Biden pada kesetaraan ras dan etnis, mengingat kelompok non-putih adalah basis suara terbesar Partai Demokrat.

Tentunya, kritik Kamala ini menjadi rapot buruk saat Biden akhirnya memenangkan nominasi Partai Demokrat pada tahun 2020. Namun, meski begitu, dari nama-nama potensial lainnya seperti Elizabeth Warren dan Susan Rice, Biden justru malah memilih Kamala sebagai cawapres.

Salah satu alasan terkuat mengapa Biden memilih Kamala adalah karena alasan rasial. Biden ingin menyajikan kampanye yang kontras dengan Trump. Mudahnya, Biden ingin terlihat lebih inklusif dibandingkan kubu sebelah.

Alasan kedua adalah Biden ingin tetap dominan sebagai presiden. Menurut beberapa sumber yang disebutkan di artikel The New York Times yang berjudul “How Biden Chose Harris,” Kamala diminta berjanji untuk menjadi wapres yang penurut dan menjadi anggota tim yang menjalankan instruksi sang presiden.

Biden memang dikenal memiliki tendensi untuk mengutarakan apa yang ada di pikirannya. Dan, sang presiden selalu ingin pemikirannya ini sejalan dengan apa yang dipikirkan oleh timnya. 

Bukan tidak mungkin, Kamala akhirnya bisa menjadi wapres yang menjalankan peran tersebut. Biden juga terlihat lebih dominan dalam pertemuan-pertemuan tingkat tinggi di luar negeri daripada Kamala.

Lantas, apa hubungannya dengan dukungan Biden pada Kamala di Pilpres AS 2024 kini? Mungkinkah Kamala tetap menjadi kepanjangan tangan Biden di masa mendatang?

Kamala Harris, Pilihan Biden (Lagi) di 2024

Bukan tidak mungkin, dukungan Biden kepada Kamala adalah bargaining chip yang diberikan pada donor dan elite Partai Demokrat lainnya. Bisa jadi, ini menjadi cara Biden agar tetap memiliki pengaruh pada capres Demokrat selanjutnya.

Tidak dipungkiri, meski publik dan media banyak menyoroti kemampuan dan kesehatannya, Biden tetap memiliki modal politik yang besar. Modal politik ini berupa modal sosial yang dimilikinya di Partai Demokrat.

Bagaimanapun, Biden memiliki dukungan terbesar dalam proses nominasi di Partai Demokrat. Modal sosial ini, sejalan dengan penjelasan Kimberly Casey dalam tulisannya yang berjudul Defining Political Capital, bisa ditransformasikan menjadi modal politik.

Salah satunya adalah untuk memberikan dukungan politik. Pasalnya, dukungan politik bisa saja bertransformasi menjadi pengaruh politik ke depannya.

Dengan mendukung Kamala, Biden bisa saja masih memiliki pengaruh pada bagaimana jalannya pemerintah AS, jikalau Kamala memenangkan Pilpres AS 2024 nanti.

Biden sendiri bisa saja memiliki kepentingan tertentu. Anaknya, Hunter Biden, misalnya, disebut terlibat sejumlah kasus hukum, seperti kasus pajak dan kasus kepemilikan senjata api.

Well, tentunya, ini semua kembali lagi pada hasil Pilpres AS 2024 mendatang. Apapun yang terjadinya nantinya, yang jelas baik Trump maupun Biden memiliki kepentingan yang perlu mereka jaga. Bukan begitu? (A43)


0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Kamala Harris, Pion dari Biden?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us