Pengertian bansos, jenis dan tujuannya

pengertian-bansos,-jenis-dan-tujuannya

Jakarta (ANTARA) – Bansos merupakan program bantuan sosial yang disediakan oleh pemerintah untuk mendukung masyarakat Indonesia yang menghadapi risiko ekonomi dan sosial. Saat ini, terdapat berbagai jenis bansos yang disalurkan kepada masyarakat di antaranya yaitu Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Bantuan Langsung Tunai (BLT), Bantuan Sosial Beras (BSB).

Penyaluran bansos kepada masyarakat yang kurang mampu untuk mengurangi kemiskinan dengan cara memenuhi kebutuhan dasar dan meningkatkan kualitas hidup dari masyarakat yang membutuhkan. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai apa itu bansos? Pengertian, jenis, dan tujuannya.

Pengertian bansos

Bansos atau bantuan sosial adalah berbagai bentuk dukungan yang diberikan oleh pemerintah atau lembaga lainnya untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. Bentuk bansos bisa berupa uang tunai, barang, atau layanan. Hal itu ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan, mengurangi kemiskinan, atau memberikan bantuan dalam situasi darurat.

Sedangkan menurut Peraturan Menteri Sosial Nomor 1 Tahun 2019, bantuan sosial adalah bantuan berupa uang, barang atau jasa kepada seseorang, keluarga, kelompok, atau masyarakat miskin, tidak mampu atau rentan terhadap risiko sosial.

Jenis-jenis bansos

1. Program Keluarga Harapan (PKH)

PKH diberikan untuk mendukung masyarakat kurang mampu, terutama dalam bidang kesejahteraan, pendidikan, dan kesehatan. PKH adalah bantuan Pemerintah kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang terdaftar di Daftar Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos.

Bantuan yang diberikan berupa uang tunai yang diberikan kepada keluarga miskin yang memiliki anggota rentan, seperti ibu hamil, balita, anak sekolah, penyandang disabilitas, dan lansia.

• Ibu hamil dan anak balita mendapatkan bantuan sebesar Rp3 juta per tahun

• Anak SD Rp900 ribu per tahun

• Anak SMP Rp1,5 juta per tahun

• Anak SMA Rp2 juta pe tahun

• Lansia dan penyandang disabilitas Rp2,4 juta per tahun.

2. Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)

BPNT juga diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) berdasarkan DTKS. Dengan bantuan berupa pangan senilai Rp200.000 per bulan.yang diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) melalui Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

3. Bantuan Langsung Tunai (BLT) Mitigasi Risiko Pangan

BLT merupakan bantuan uang tunai yang diberikan langsung kepada masyarakat yang membutuhkan. Biasanya bantuan program ini disalurkan karena krisis ekonomi dan bencana, bertujuan membantu kebutuhan dasar dan meringankan beban ekonomi masyarakat yang membutuhkan.

4. Bantuan Sosial Beras (BSB)

BSB merupakan program bansos yang memberikan beras gratis seberat 10 kilogram yang diberikan kepada KPM yang terdaftar dalam DTKS Kemensos. Bantuan ini untuk membantu memenuhi kebutuhan pangan dan meringankan beban hidup masyarakat yang membutuhkan.

Tujuan bansos

Pemberian bansos bertujuan membantu masyarakat untuk mengatasi hal-hal yang berkaitan dengan risiko sosial kesejahteraan ekonomi dan kebutuhan pangan.

1. Penanggulangan kemiskinan

Bansos merupakan kegiatan atau program yang dilakukan oleh pemerintah untuk membantu masyarakat, dalam penanggulangan kemiskinan yang ditujukan kepada individu,keluarga dan masyarakat yang tidak memiliki pekerjaan dan tidak mampu memenuhi kebutuhan dasar.

2. Jaminan Kesejahteraan sosial

Bansos sebagai jaminan kesejahteraan sosial adalah bentuk dukungan yang diberikan pemerintah untuk melindungi masyarakat dari risiko sosial dan ekonomi. Bantuan ini ingin memastikan setiap individu dan keluarga memiliki akses kebutuhan dasar seperti pangan, kesehatan, dan pendidikan.

3. Meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup

Bansos bertujuan untuk meningkatkan akses terhadap layanan kesehatan dan pendidikan serta mendukung setiap upaya yang berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat.

4. Perlindungan sosial

Bansos memberikan perlindungan sosial kepada kelompok yang lebih berisiko, seperti lansia, penyandang disabilitas, dan keluarga miskin. Bansos ini bertujuan untuk menjaga kelangsungan hidup masyarakat dalam memenuhi kebutuhan dasar.

Baca juga: Bank DKI distribusi kartu bantuan sosial untuk pastikan tepat sasaran

Baca juga: DKI mulai bagikan ATM kepada penerima baru bantuan PKD

Baca juga: Komisi VIII DPR: Data penerima bantuan sosial harus ‘clear’

Pewarta: Sean Anggiatheda Sitorus

Editor: Alviansyah Pasaribu

Copyright © ANTARA 2024

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Pengertian bansos, jenis dan tujuannya

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us