Kekuatan Perempuan yang Melawan dalam Film Laura: A True Story of a Fighter

kekuatan-perempuan-yang-melawan-dalam-film-laura:-a-true-story-of-a-fighter

Gemerlap serunya kehidupan anak muda yang dihidupi oleh Laura Anna (Amanda Rawles) seketika sirna ketika dihadapkan oleh satu peristiwa yang mengubah hidupnya dalam seketika. 

Kecelakaan tunggal yang dialami Laura bersama mantan kekasihnya, Jojo (Kevin Ardilova), dikisahkan dalam film Laura: A True Story of a Fighter. Laura Anna merupakan influencer ternama di kalangan para remaja yang gemar membuat vlog kegiatan sehari-harinya. 

Laura punya banyak pengikut di media sosial dan dikenal sebagai sosok yang ceria dan baik hati. Netizen pun sempat dikagetkan dengan berita kecelakaan yang dialami Laura pada 2019 silam. Kecelakaan itu menggemparkan banyak orang karena foto mobil yang digunakan Laura tersebar ke publik. Mobil itu terlihat hancur dari berbagai sisi. Netizen kembali dikagetkan dengan kondisi Laura pasca kecelakaan. 

Cerita ini kemudian diangkat menjadi sebuah film garapan sutradara Hanung Bramantyo. Sebuah kisah inspiratif yang mengangkat berbagai makna dalam nilai kehidupan. 

Angkat Kejadian Nyata

Beberapa tahun lalu, tepatnya 2021, Laura Anna meninggal dunia setelah dua tahun berjuang melawan kondisi fisiknya yang berubah total pasca kecelakaan yang dialaminya. Film Laura: a True Story of a Fighter dibuka dengan Laura dan Jojo yang sedang bersenang-senang di diskotik. Terlihat Jojo mulai tak sadarkan diri akibat pengaruh alkohol dan sempat terjadi perdebatan antara Laura dan Jojo.

Kejadian di hari itulah yang menyebabkan kecelakaan tunggal dengan mobil yang dikendarai Jojo terjadi. Jojo diperlihatkan beberapa kali menguap dan tertidur saat mengendarai mobil. Adegan ini membawa penonton melihat bagaimana kronologi kecelakaan tragis itu terjadi. 

Konflik mulai terjadi ketika Jojo mulai menunjukkan sikap-sikap manipulatif dalam hubungannya dengan Laura. Kejanggalan mulai terjadi ketika Jojo dan keluarganya memaksa Laura untuk pulang ke rumah setelah kecelakaan walaupun proses pemeriksaan kondisi Laura belum sepenuhnya selesai. Setelah dilakukan pemeriksaan, Laura pun didiagnosa mengalami kelumpuhan yang kemungkinan akan dirasakan Laura seumur hidup. 

Toxic Relationship Mulai Dirasa

Rentannya kondisi Laura saat itu pun menyebabkan rasa frustasi dan kebutuhan akan adanya dukungan dari lingkungan sekitarnya, khususnya Jojo. Alih-alih memberikan dukungan lebih terhadap Laura, Jojo pun berkali-kali memanipulasi Laura dan menunjukkan sikap tak acuh. 

Tak hanya itu, bentuk kekerasan yang terjadi dalam hubungan Laura dengan Jojo bukan hanya kekerasan psikis. Tetapi juga kekerasan finansial atau financial abuse. Mulai dari menggunakan kartu kredit Laura tanpa persetujuan untuk membayar rumah sakit, meminta Laura membelikan karakter game, hingga minta dipesankan ojek online untuk pergi ke rumah Laura. Walaupun Laura sendiri tidak merasa keberatan, tapi janggal rasanya jika melihat perlakuan yang didapatkan Laura dari Jojo. 

Sering kali Jojo datang terlambat ke rumah Laura padahal harus bergantian menjaga Laura. Bahkan, Laura dan Jojo beberapa kali bertengkar yang mulanya terjadi karena keterlambatan Jojo. Dari situ, mulai terlihat sikap Jojo yang sangat tidak menghargai Laura dan berkali-kali membuat Laura tertekan. 

Kondisi Laura yang sedang dalam posisi rentan menimbulkan rasa ketergantungan batin kepada Jojo. Laura pun akhirnya terjebak dalam lingkaran hubungan beracun yang makin sulit untuk dilepaskan. Ini lantaran ia merasa tak berdaya dan tak memiliki siapapun jika Jojo meninggalkannya.

Tiga Sosok Perempuan Kuat

Selain sosok influencer yang ceria dan baik hati, Laura juga dikenal sebagai seorang pekerja keras yang tak pantang menyerah. Setelah berhasil lolos untuk sekolah di Hungaria, Laura merasa tidak cocok dengan kehidupan yang ia jalani di Hungaria. 

Hidup hanya berdua dengan kakaknya, Irene, membuatnya merasa kesepian dan merindukan kehidupannya di Jakarta. Laura pun memutuskan kembali ke Jakarta dan berpisah dengan Irene yang memutuskan menetap di Hungaria untuk melanjutkan studinya. 

Laura dan Irene merupakan dua kakak beradik yang terlihat sangat menyayangi dan peduli terhadap satu sama lain. Ketika mendengar berita Laura mengalami kelumpuhan akibat kecelakaan, Irene pun tanpa ragu meninggalkan kehidupan yang ia cintai di Hungaria dan pulang ke Indonesia untuk menemani Laura dan ibunya, Amel. Film ini menyoroti tiga sosok perempuan yang memiliki karakter penting dalam jalan ceritanya. 

Laura, sebagai karakter utama, dikisahkan sebagai sosok yang tak mudah menyerah dan memiliki kepedulian besar terhadap orang-orang yang dicintainya, yaitu keluarga dan juga para sahabatnya. Sikap pekerja keras yang dimiliki Laura ditunjukkan dari gigihnya Laura dalam mencari uang, terutama sepulang dari Hungaria. Dengan rajin mengunggah vlog kesehariannya yang kemudian menarik banyak pengikut di media sosial Laura. 

Baca juga: Yang Bisa Kamu Pelajari dari Film ‘Seni Memahami Kekasih’ : Mencintai Dengan Apa Adanya

Endorsement dan berbagai photoshoot pun diterima oleh Laura. Bahkan setelah kecelakaan pun Laura masih melanjutkan bisnis online yang ia miliki hingga berhasil meraih keuntungan miliaran dan mampu membelikan rumah untuk keluarganya. 

Kesedihan dan kekecewaan yang dirasakan Laura akibat kondisi fisiknya yang harus berubah total pasca kecelakaan pun tidak membuat Laura terus menerus mengeluh setiap saat. Ia sangat khawatir akan menjadi beban bagi orang-orang yang mengurusnya di kala sakit. Ditambah dengan situasi Laura yang sedang berada di dalam toxic relationship di tengah kerapuhan yang ia alami. 

Selain Laura, Irene dan Mama Amel juga merupakan dua tokoh yang menjadi pilar utama dalam kisah Laura. Irene merupakan sosok kakak yang sangat penuh kasih sayang dan kepedulian terhadap adik-adiknya, khususnya Laura dengan kondisi pasca kecelakaan. 

Irene rela mengorbankan kehidupannya di Hungaria, bahkan di Jakarta, untuk mengabdikan hampir seluruh hidupnya mengurus Laura. Tak hanya itu, Irene juga menjadi karakter yang memberikan dukungan emosional besar kepada Mama Amel. Irene juga menjadi salah seorang yang paling mendukung Laura ketika ia memutuskan untuk speak up dan melepaskan diri dari hubungannya yang toxic dengan Jojo. 

Baca juga: ‘Perfect Family’, Apakah Keluarga Sempurna Benar-Benar Ada?

Mama Amel tak hanya menggambarkan sosok ibu yang kuat dan sabar ketika dihadapkan dengan masalah yang memaksa kehidupan anaknya berubah total. Film ini juga menunjukkan sisi rapuh seorang ibu ketika sudah tidak sanggup lagi melihat anaknya dalam kondisi seperti Laura. Bahwa seorang ibu pun butuh bantuan orang lain untuk bersandar, dalam hal ini, Mama Amel dan Irene saling memberi dukungan dan kekuatan terhadap satu sama lain. 

Sama halnya dengan Irene, Mama Amel pun mengabdikan hidupnya untuk menjadi caregiver dari Laura dan juga ayahnya yang kondisi kesehatannya pun turut memburuk setelah mengetahui kondisi Laura. Beberapa adegan menunjukkan Mama Amel yang berpura-pura kuat di depan Laura, tetapi menangis tersedu-sedu ketika sudah tidak di hadapan Laura. 

Toxic relationship, hubungan dengan keluarga dan sahabat, juga sikap pantang menyerah menjadi highlight utama dalam film ini. Seperti judulnya, Laura: a Story of a True Fighter menggambarkan sosok Laura sebagai perempuan tangguh yang memperjuangkan haknya atas keadilan. Laura menuntut Jojo untuk bertanggung jawab atas tindakannya, menyetir mobil di bawah pengaruh alkohol dan tidak bertanggung jawab secara finansial, yang menyebabkan Laura terancam lumpuh seumur hidup. 

Keberanian yang dimiliki Laura merupakan bukti bahwa kekuatan akan selalu berada di sisi perempuan yang melawan. Mengingat salah satu perkataan Laura dalam persidangannya bahwa ia melakukan ini demi keluarga dan demi perempuan-perempuan lain di luar sana yang merasakan hal yang sama dengan Laura.

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Kekuatan Perempuan yang Melawan dalam Film Laura: A True Story of a Fighter

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us