GOW Lamongan Hadiri Peringatan Hari Kebaya Nasional Tahun 2024 Di Jakarta

gow-lamongan-hadiri-peringatan-hari-kebaya-nasional-tahun-2024-di-jakarta

Jakarta, jurnal9.tv -Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Lamongan mendapat penghormatan menghadiri undangan peringatan Hari Kebaya Nasional tahun 2024. momen penting dalam upaya melestarikan budaya berkebaya di Indonesia dengan ditandai hadirnya Presiden Joko Widodo bersama Ibu Iriana Joko Widodo yang didampingi langsung oleh Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia (KOWANI) Giwo Rubianto Wiyogo yang digelar di Istora Senayan Jakarta, Rabu (24/7).

Mengangkat tema “Lestarikan Budaya dengan Bangga Berkebaya,” acara ini diharapkan dapat mendorong lebih banyak perempuan untuk mengenakan kebaya. Peringatan Hari Kebaya Nasional ini dilaksanakan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 19 Tahun 2023. Moment ini juga mengacu pada sejarah Kongres Wanita Indonesia (Kowani) ke-10 pada tahun 1964 yang dihadiri oleh Presiden Soekarno bersama 7.000 perempuan berkebaya.

Dalam kesempatan ini Ketua KOWANI juga menjelaskan tentang berbagai jenis kebaya yang akan diajukan dalam nominasi UNESCO bersama empat negara ASEAN lainnya. Mulai dari kebaya labuh dari Sumatera, kebaya kutu baru dari Jawa, kebaya noni dari Sulawesi Utara, kebaya nona dari wilayah Timur Maluku dan Papua, hingga kebaya kerancang.

Ketua Umum GOW Kabupaten Lamongan Bunyai Hj. Raden Nganten Tumenggung Narti Sa’adah Rouf Puja Ningrum , MPd. MM mengaku, dijawa timur, hanya GOW Kabupaten Lamongn yang mendapat menghormatan untuk menghadiri peringatan Hari Kebaya Nasional tahun 2024.

“Alhamdulillah, dijawa timur, Lamongan mendapat menghormatan diundang dalam upaya melestarikan budaya berkebaya di Indonesia” Katanya.

Masih ketua umum GOW Lamongan, kebaya memiliki makna yang sangat tinggi karena merupakan bagian dari tradisi Indonesia yang sudah turun temurun.

“Bagi saya maknanya tinggi sekali, karena merupakan ciri khas, dan jati diri wanita Indonesia. Dan saya selaku Ketua GOW Kabupaten Lamongan bersama Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Lamongan siap mengajak masyarakat Kabupaten Lamongan khususnya untuk ikut melestarikan kebaya” ujar bu Wabup.

Ketua Lajnah Wathonah Jatman Dan Majelis Pecinta Rosul (MPR) Idaroh Syu’biyah Lamongan ini juga berharap agar Hari Kebaya Nasional tidak hanya menjadi euforia sesaat, tetapi menjadi kebanggaan dan kecintaan terhadap budaya yang diwariskan oleh leluhur. “Harapannya mohon agar ini bukan hanya euforia sesaat, tapi kami menginginkan kebaya menjadi sebuah kenyataan kebanggan kecintaan kita terhadap budaya yang diwariskan oleh pewaris-pewaris kita terdahulu,” harapnya. (mbs/snm)

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
GOW Lamongan Hadiri Peringatan Hari Kebaya Nasional Tahun 2024 Di Jakarta

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us