Warna Paspor Indonesia Berganti

warna-paspor-indonesia-berganti

Indonesiabaik.id — Pemerintah akan kenalkan desain baru paspor Indonesia bertepatan pada hari ulang tahun Republik Indonesia, 17 Agustus 2024.

Paspor Indonesia

Saat ini, paspor Indonesia memiliki sampul berwarna biru muda atau tosca untuk paspor umum. Sementara untuk paspor kedinasan berwarna biru, dan paspor diplomatik bersampul hitam. Sampul paspor milik Indonesia terdiri dari gambar lambang burung Garuda berwarna emas. 

Ada 3 warna paspor Indonesia yang berlaku berdasarkan jenis dan fungsinya.

  • Paspor Biasa (hijau tosca): Digunakan warga negara Indonesia (WNI)

  • Paspor Dinas (biru): Digunakan pejabat RI yang mengadakan perjalanan untuk tugas kedinasan

  • Paspor Diplomatik (hitam): Digunakan oleh para Diplomat RI yang bertugas

Desain Paspor Terbaru

Melansir informasi yang disebutkan oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Silmy Karim, bahwa desain dan warna paspor Indonesia yang saat ini dalam proses pembaruan dipersiapkan untuk diterbitkan pada 17 Agustus 2025.

Perubahan itu akan dirilis pada 17 Agustus 2024, bertepatan dengan hari ulang tahun Republik Indonesia. Adapun pengumuman terkait perubahan desain dan warna Paspor Indonesia untuk memberi spirit perbaikan ke arah yang lebih baik.

Dikatakan, pihak imigrasi tengah bersemangat memberikan karya terbaik dan paling aman. Pasalnya, perubahan nantinya ada peningkatan pengamanan. 

Hal ini sesuai dengan aturan internasional bahwa keamanan paspor harus diperkuat setiap tiga tahun. Oleh karena itu, salah satu aspek dalam mengganti keamanan adalah warna di mana di dalamnya perlu ada proses pengecekan.

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Warna Paspor Indonesia Berganti

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us