Pengaruh Psikoanalisis Freud dalam Feminisme

pengaruh-psikoanalisis-freud-dalam-feminisme

Mubadalah.id – Sigmund Freud merupakan salah satu tokoh penting dalam psikologi. Dia merupakan pendiri psikoanalisis. Teorinya yang paling terkenal adalah tentang ‘tripartite personality’ yang terdiri dari id, ego, dan superego. Freud percaya bahwa tindakan kita kebanyakan terpengaruhi oleh dorongan-dorongan biologis yang berada di alam bawah sadar.

Selain teori tripartite personality di atas, Freud juga terkenal dengan pandangannya tentang tahapan perkembangan psikoseksual. Alasan mengapa kita sebut psikoseksual adalah karena setiap tahapan dalam psikoseksual berhubungan dengan perkembangan hasrat seksual manusia, atau libido.

Bagi Freud, kita terlahir dengan membawa id. Sedangkan ego dan superego terus berkembang seiring kita bertumbuh. Freud percaya bahwa ego dan superego berkembang ketika kita melewati tahap-tahap psikoseksual. Oral (0-1 tahun), anal (1-3 tahun), phallic (3-6 tahun), latent (6-12 tahun), dan genital (12-seterusnya). Jika kita terjebak atau terpaku pada satu tahap, itu akan memengaruhi perilaku kita ketika dewasa. Misalnya, jika seseorang terjebak pada tahap oral, dia mungkin akan menggigit kukunya saat dewasa.

Kompleks Oedipus dan Kompleks Electra

Teori Freud sehubungan dengan tahap phallic di atas cukup menarik. Menurut Freud, dalam tahap ini, anak-anak mulai menyadari perbedaan fisik antara dua jenis kelamin. Orang tua kita anggap akan membantu seorang anak untuk memahami salah satu dari dua kompleks yang agak kontroversial. Yakni kompleks Oedipus pada anak laki-laki dan kompleks Electra pada anak perempuan.

Ketika mengalami kompleks Oedipus, anak laki-laki ingin memiliki ibunya dan menggantikan ayahnya. Dia merasa seolah-olah ayahnya adalah pesaingnya, tetapi dia juga takut jika ayah akan menghukumnya, karena perasaan ini. Ketakutan ini kemudian terkenal dengan ‘castration anxiety’ (kecemasan pengebirian).

Di sisi lain, selama kompleks Electra, seorang anak perempuan dianggap mengalami apa yang kita sebut dengan ‘penis envy’ (kecemburuan terhadap penis). Dia menyadari bahwa dia tidak memiliki penis ketika saudara dan ayahnya memilikinya. Freud berpikir bahwa anak perempuan percaya jika ibunyalah yang telah memotong penisnya. Begitu dia menyadari bahwa dia tidak mungkin memiliki penis, dia menekan amarahnya terhadap ibunya dan mengubah keinginannya untuk memiliki penis dengan keinginan untuk memiliki bayi.

Sebuah Kritik

Pada 1970an, banyak feminis seperti Shulamith Firestone, Betty Friedan dan Millet mengkritik gagasan Freud tentang ‘penis envy’ di atas. Teori Freud seolah mengatakan bahwa sikap inferior dan status sosial perempuan terhadap laki-laki merupakan bawahan biologisnya. Padahal, menurut mereka, posisi perempuan sangat berkaitan dengan konstruk sosial. Alih-alih biologis. Betty mengatakan bahwa:

“Aforisme Freud tentang takdir anatomi menandakan bahwa peran reproduksi, identitas gender, dan preferensi seksual perempuan disebabkan karena perempuan tidak memiliki penis. Sehingga perempuan yang tidak berperilaku sesuai dengan apa yang telah biologisnya tentukan akan dianggap sebagai abnormal.”

Betty menolak gagasan Freud yang ia anggap terlalu berlebihan melihat seksualitas. Menurutnya, obsesi masyarakat terhadap tubuh perempuanlah yang mendiskriminasi perempuan. Dia menawarkan agar kita lebih berfokus pada situasi sosial-ekonomi dan budaya yang notabene menentukan nasib perempuan. Alih-alih pada masalah mengapa perempuan tidak memiliki penis.

Sayangnya, seperti judul artikel kali ini, pandangan feminisme tidak pernah seragam. Tetapi begitulah feminisme, kekuatannya terletak pada keragaman perspektifnya. Bertentangan dengan Betty, sejumlah kritikus feminis melihat teori psikoanalisis Freud sebagai konsep berguna yang dapat menyesuaikan dengan pemahaman mereka tentang seksualitas perempuan dan keterkaitan perempuan dengan peran keibuannya.

Reproduksi Keibuan

Dorothy Dinnerstein dan Nancy Chodorow merupakan dua kritikus feminis yang menggunakan kerangka psikoanalisis untuk menganalisis kompleksitas peran perempuan sebagai ibu di masyarakat.

Mereka berfokus pada konsep Freud tentang tahap pra-Oedipal (di antara tahap anal dan phallic) dari perkembangan psikoseksual. Yakni ketika bayi masih sangat bergantung pada ibunya, untuk menunjukkan bagaimana seksualitas dan gender dibangun yang memberikan keutamaan kepada laki-laki di atas perempuan. Dorothy Dinnerstein berkata:

“Kami menentang gagasan bahwa ibu bertanggung jawab pada seluruh pengasuhan anak-anak. Seorang ayah mustinya memiliki tanggung jawab yang sama. Keterlibatan ibu dan ayah akan mendorong anak untuk melihat ayahnya sebagai makhluk yang dekat dan rentan.”

Keterpisahan dari Ibu

Nancy Chodorow menarik persoalan ini lebih jauh. Tetapi dia kurang tertarik pada masalah seksual, dan cenderung berfokus mempertanyakan mengapa perempuan memutuskan untuk menjadi seorang ibu. Meskipun kondisi sosial tidak memaksa mereka untuk berperan demikian. Chodorow membantah pendapat Freud bahwa memiliki anak merupakan cara perempuan untuk melarikan diri dari penis envy. Chodorow berkata:

“Saya berpendapat bahwa anak laki-laki menganggap keterpisahannya dari ibu tidak terlalu traumatis dibandingkan anak perempuan karena hal ini memungkinkannya untuk mengidentifikasi dirinya dengan ayahnya. Anak perempuan menderita simbiosis berkepanjangan dan identifikasi narsistik berlebihan karena mereka menganggap dirinya terus menerus bersama ibunya.”

Keterpisahan anak laki-laki dari ibunya menimbulkan kekurangan emosional dan rasa perjuangan untuk bertahan hidup yang akan mempersiapkannya di masyarakat sebagai laki-laki yang kompetitif. Sebaliknya, anak perempuan yang tetap dekat dengan ibunya cenderung memiliki kemampuan untuk berempati dan membentuk hubungan yang hangat dan intim.

Maka dari itu, “jika anak-anak diasuh oleh ibu dan ayahnya, maka ketimpangan ini dapat kita minimalisir,” ujar Chodorow. “Anak perempuan akan belajar dari ayahnya untuk mengendalikan empatinya, sementara anak laki-laki akan belajar untuk mencapai keseimbangan antara otonomi dan ekspresi emosionalnya.” []

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Pengaruh Psikoanalisis Freud dalam Feminisme

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us