Tiga Hal Mempengaruhi Komitmen Hubungan

tiga-hal-mempengaruhi-komitmen-hubungan

Mubadalah.id – Ada banyak faktor yang mempengaruhi komitmen suatu hubungan. Ia seperti iman, kadang naik kadang pula turun, itu hal yang wajar namun tidak bisa disepelekan. Aktor dari pada hubungan sejatinya adalah dua insan yang memiliki kedewasaan dalam merawat dan menjaganya.

Kita mengalami dan melihat hubungan orang lain dulunya menjadi pasangan idaman namun ternyata berujung pada perselingkuhan maupun menjadi tahanan karena melakukan kekerasan. Dulu seseorang mungkin memperlakukan pasangannya begitu baik, penuh cinta kasih, penuh kepedulian namun lambat laun berubah dan tidak disadari saling menyakiti satu sama lain.

Hal ini yang akan kita bahas dalam tulisan ini, bahwa manusia itu sangat dinamis mengikuti ruang dan waktu yang berkembang. Siklus kehidupan seperti uang koin satu rupa namun terdapat dua gambar berbeda tidak bisa kita hindari. Hari ini sehat bisa jadi esok sakit, sekarang pasangan kita menjadi teman, esok bisa jadi pasangan kita menjadi lawan. Ada malam-siang, ada surga-neraka, ada baik-buruk, ada hitam-putih, dan lain sebagainya.

Refleksi Komitmen dalam Hubungan

Ada tiga hal yang bisa kita lihat apakah kita atau pasangan masih menjaga komitmen suatu hubungan dan mari kita refleksikan bersama.

Pertama, satisfaction level atau tingkat kepuasan terhadap hubungan. Bagaimana mengukur hubungan yang memuaskan? Ada beberapa cara, jika kita sudah pernah berpasangan sebelumnya maka bisa membandingkan dengan hubungan sebelumnya.

Jika ada perbedaan secara signifikan, tentu yang lebih membuat kita senang dan saling menyejahterakan, bisa jadi hubungan saat ini punya komitmen jangka panjang. Hubungan tanpa kekerasan, hubungan yang membantu menemukan diri dan lebih produktif, hubungan yang memiliki batasan dan tetap menjaga kepercayaan, hubungan yang tidak mengubahmu menjadi orang lain dan lainnya.

Hal ini yang mampu merasakannya adalah diri kita sendiri. Kita bisa membandingkannya lebih mudah karena sebelumnya sudah memiliki pengalaman. Namun jika hubungan saat ini adalah hubungan yang pertama, dengan pertanyaan apakah rasa nyaman ini bukan hanya jebakan dan sementara? Dan apakah hubungan yang sedang kita jalin punya tujuan jangka panjang?

Melihat Kualitas Hubungan

Tentu hal ini agak sedikit lebih sulit karena tidak punya perbandingan dengan hubungan sebelumnya. Namun, kita bisa menanyakan hal tersebut kepada teman yang biasa kita berbagi cerita atau membandingkannya dengan pengalaman orang lain. Pastikan teman kita mampu melihat secara objektif dan punya sifat netral dalam melihat hubungan kita.

Kedua, quality of alternatives atau kualitas alternatif di luar hubungan kita dengan pasangan. Misalnya adalah ada orang ‘ketiga’, lingkup pergaulan, pekerjaan, cita-cita, ada alternatif lain yang lebih dari pasangan. Apakah dengan adanya alternatif tersebut pasangan kita tetap merasa nyaman dan merasa cukup dengan kita?

Namun sebenarnya tidak bisa untuk dibanding-bandingkan dan memunculkan pilihan, misal pilih pasangan atau teman, pekerjaan dan lainnya. Ada hal-hal yang membuat pasangan cemburu dan posesif dengan orang lain ataupun aktivitas kita. Yang paling penting adalah pasangan punya batasan dalam membagi alternatif-alternatif yang ada dan tetap menjaga komitmen bersama.

Ketiga, investment size atau hubungan yang berinvestasi, seperti memberikan waktu, perhatian, tenaga, pikiran dan materi yang harapannya saling memberikan kebahagiaan kepada diri dan pasangan. Biasanya semakin besar investasi atau perhatian kepada pasangan, semakin kuat keinginan untuk mempertahankan hubungan.

Namun ini bisa jadi bias sebab ternyata ada pasangan yang begitu royal untuk menutupi perselingkuhannya dengan orang lain. Kunci dari hubungan yang berinvestasi yakni membangun hubungan yang sehat dan membuat kedua pasangan sama-sama bahagia dengan cara masing-masing dan saling memberdayakan. []

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Tiga Hal Mempengaruhi Komitmen Hubungan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us