Ini Dia Kawasan Pecinan Tertua di Dunia, Distrik Binondo Filipina

ini-dia-kawasan-pecinan-tertua-di-dunia,-distrik-binondo-filipina

Jumlah Pembaca : 117

Tahun baru Imlek sebentar lagi akan tiba! Imlek jadi perayaan yang istimewa dan penting bagi komunitas Tionghoa di berbagai belahan dunia. Tak terkecuali di negara tetangga Indonesia, yakni Filipina. Kira-kira ada apa di Filipina? Biasanya orang Filipina akan berkumpul di distrik Binondo untuk merayakan Imlek. Perlu diketahui, bahwa distrik Binondo merupakan kawasan Pecinan atau Chinatown tertua di dunia. Distrik ini tepat berada di wilayah Kota Manila, ibu kota negara Filipina.

Gerbang Masuk Distrik Binondo (Adobe Stock)

Distrik Binondo berdiri sekitar tahun 1590-an oleh pemerintah Spanyol yang saat itu menduduki wilayah Filipina. Kawasan ini pada mulanya diperuntukkan bagi penduduk Tionghoa-Katolik. Hal ini diberlakukan oleh Luis Perez Dasmarinas bagi imigran Tiongkok yang ingin menetap disana. Akibat dari asimilasi budaya yang terjadi disana, melahirkan satu keunikan, yakni kelompok Tionghoa-Mestizo di wilayah Pecinan Binondo itu sendiri. Lokasi Binondo berada di seberang Sungai Pasig, dimana lokasi ini berdekatan dengan bekas markas Spanyol, yaitu Intramuros. Hal ini bertujuan agar pemerintahan Spanyol dapat mengawasi penduduk Tionghoa di Binondo dengan mudah. Lambat laun, banyak pendatang dari negara Tiongkok sendiri yang datang ke Binondo untuk menetap maupun berdagang. Mereka datang secara terus menerus hingga menambah keragaman budaya Tionghoa di Distrik Binondo. Hingga saat ini, kawasan Distrik Binondo merupakan kawasan yang berkembang pesat dengan perdagangannya di Manila, Filipina. 

Komunitas Tionghoa di Distrik Binondo biasanya merayakan Imlek dengan berkumpul disana untuk menyaksikan pertunjukkan barongsai, pertunjukkan kembang api, dan jalanan di Distrik Binondo dipenuhi dengan hiasan berwarna merah menambah kemeriahan Imlek. Makanan yang menjadi ciri khas ketika perayaan Imlek disini adalah tikoy atau kue beras ketan. Tikoy biasa dimakan ketika berkumpul bersama keluarga sebagai bentuk perlambangan persatuan diantara anggota keluarga. Tidak ketinggalan juga, sajian mie yang melambangkan panjang umur, dan juga ikan dan pangsit yang melambangkan keberuntungan. Sobat KP dapat menikmati sajian tikoy yang nikmat ini. Tidak sukar menemukan panganan yang satu ini, karena panganan ini dijual di sepanjang jalanan Distrik Binondo selama menjelang perayaan Imlek. Selain itu, Sobat KP juga bisa mengunjungi Carvajal Street atau yang lebih dikenal sebagai Umbrella Alley, disana tersedia banyak pilihan jajanan kaki lima yang siap menggugah lidah Sobat KP! Beragam hidangan dapat Sobat KP coba, seperti hidangan kaki katak, egg tart, dan makanan manis lainnya. 

Distrik Binondo juga menawarkan tempat-tempat menarik untuk dikunjungi. Sebagai salah satu distrik tertua di Manila, tentunya Sobat KP akan diajak bernostalgia ketika menjejakkan kaki di kawasan ini. Beberapa tempat yang wajib dikunjungi ketika berada disini adalah:

Gereja Binondo

Gereja ini dibangun pada tahun 1596, tepat dua tahun setelah pemerintah Spanyol memberikan kawasan Binondo sebagai tempat perlindungan bagi imigran Tiongkok disana. Pembangunan gereja ini juga menjadi saksi sejarah bagaimana pemerintah Spanyol memerintahkan para imigran Tiongkok tersebut untuk berpindah keyakinan ke Katolik dengan cara yang lebih sopan. Tidak jauh dari kawasan ini, terdapat juga Plaza San Lorenzo Ruiz. Tempat tersebut dibangun sebagai peringatan terhadap salah satu misionaris asal Filipina yang tewas sebagai martir di Jepang.

Gereja Binondo (rcam)

Plaza San Lorenzo Ruiz (Wikipedia)

Kuil Kuang Kong

Kuil ini merupakan kuil Buddha yang didirikan oleh masyarakat Tionghoa yang berada disana. Kuil ini didedikasikan kepada Dewa Perang. Kuil ini juga menjadi nilai penting bagi keberadaan komunitas Tionghoa di Filipina.

Kuil Kuang Kong (Travel Silletos)

Binondo Chinatown Museum

Museum ini berada di Lucky Chinatown Mall. Sobat KP dapat menelusuri jejak-jejak bersejarah komunitas Tionghoa di distrik Binondo. Museum ini menyimpan berbagai koleksi mengenai sejarah komunitas Tiongkok di kawasan tersebut.

Binondo Chinatown Museum (chinatownmuseum.org)

Itu tadi penjelasan mengenai Distrik Binondo yang merupakan salah satu distrik Pecinan tertua di Filipina maupun di dunia. Distrik ini sangat cocok untuk mengisi waktu liburan Imlek Sobat KP. Apalagi dengan jarak yang tidak jauh dari Indonesia. 

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Ini Dia Kawasan Pecinan Tertua di Dunia, Distrik Binondo Filipina

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us