Memberantas Kasus KBGO di Lingkungan Sekolah

memberantas-kasus-kbgo-di-lingkungan-sekolah

Mubadalah.id – Saat ini perkembangan teknologi semakin pesat, hal demikian tentu banyak dampak positif bagi masyarakat, namun disisi lain perkembangan teknologi bisa berdampak negatif, seperti kata pepatah, teknologi ibarat sebilah mata pisau ia mempunyai dua sisi, bisa memberi manfaat namun bisa juga membunuh.

Seperti halnya kasus kekerasan berbasis gender marak terjadi di dunia digital atau online. Kasus ini bisa menimpa siapa saja tanpa memandang jenis kelamin atau usia, dari mulai anak-anak hingga dewasa.

Kasus kekerasan gender di usia anak sekolah masih terus menjadi perhatian. Pasalnya kasus kekerasan khususnya berbasiskan online masih marak terjadi. Hal tersebut terjadi tentu dipengaruhi oleh faktor perkembangan teknologi yang semakin pesat, sehingga penggunaan gadget bagi para siswa semakin masif.

Penggunaan gadget bagi para siswa memberikan kemudahan dalam proses pembelajaran, apalagi tuntutan kurikulum yang harus beradaptasi dengan menggunakan teknologi. Namun di sisi lain penggunaan gadget yang tidak bijak dapat memberikan dampak negatif yang tidak terelakkan.

Minimnya Penanganan Kasus KBGO di Lingkungan Sekolah

Di samping maraknya kasus KBGO di lingkungan sekolah yang semakin meningkat, yang sayangnya masih saja terkendala dalam proses pengaduan serta penanganannya. Hal tersebut terpicu oleh banyak hal. Misalnya minimnya pengetahuan siswa tentang edukasi seksual dan sosialisasi kekerasan seksual.

Bertambah lagi dengan pengetahuan guru tentang penanganan dan pendampingan korban kekerasan gender yang masih terbilang ‘awam’. Belum lagi pihak sekolah yang masih menjaga citra baik sekolahnya.

Sehingga banyak kasus kekerasan yang tidak terlaporkan bahkan minim penindakannya, jika ada penindakan pun tidak berpihak pada korban. Hal tersebut menjadikan kasus-kasus KBGO yang terjadi di sekolah terus mengendap dan tidak muncul di permukaan.

Seperti salah satu kasus yang pernah terjadi di salah satu sekolah di kota Bogor, di mana ada siswa (laki-laki) yang sengaja mengedit foto wajah adik-adik kelasnya (perempuan) tersebut dengan tubuh perempuan lain yang seksi.

Tentu saja hal tersebut membuat para korban menjadi shock, karena foto wajahnya digunakan untuk sesuatu yang negatif. Menurut pengakuan pelaku, ia melakukan itu hanya untuk kepuasan pribadi, tanpa menyebarkannya ke mana pun. Akan tetapi tetap saja perlakuan tersebut menjadikan korban tidak nyaman.

Namun sayang, karena peliknya hubungan sekolah dengan para siswa, akhirnya pelaku tidak tertindak dengan tegas. Sebab tindakan tersebut belum terlalu fatal, karena hanya dikonsumsi oleh pribadi pelaku dan tidak tersebarkan ke publik.

Padahal korban berharap agar pelaku dapat kita tindak tegas, seperti ada hukuman yang setimpal sesuai apa yang sudah pelaku perbuat kepada mereka. Kasus demikian adalah salah satu contoh di mana kasus KBGO tidak tertangani dengan baik, sehingga banyak kasus-kasus yang serupa kian mengendap dan tidak disikapi serius bahkan tidak terlaporkan.

Pentingnya Edukasi Anti Kekerasan Seksual Bagi Para Pendidik

Sebelum terjadinya kasus KBGO di sekolah, pihak sekolah hendaknya menjamin keamanan digital selama proses pembelajaran di sekolah. Yakni dengan memfilter isi gadget mereka, serta memberikan nasihat dan edukasi anti kekerasan untuk para siswa.

Selain itu, pihak sekolah hendaknya ikut membantu korban dalam mencari keadilan melalui proses hukum. Atau solusi yang pihak sekolah tawarkan pada korban bisa melalui jalur nonpidana dalam bentuk mediasi dan somasi, atau jalur pidana dengan melaporkan kepada polisi.

Namun hal demikian terkadang terkendala karena minimnya pemahaman pihak sekolah dalam proses penanganan dan pendampingan korban. Bertambah lagi dengan peliknya hubungan pihak siswa dan orang tua serta upaya sekolah untuk tetap menjaga nama baik. Oleh sebab itu, perlu mengadakan edukasi anti kekerasan  oleh dinas pendidikan atau dinas terkait, yang melibatkan guru-guru dan kepala sekolah.

Di ruang lingkup pendidikan, kita perlu membenahi mindset para pendidik terlebih dahulu sebelum ia mendidik. Maka, dengan cara mengadakan pelatihan khusus seperti cara menyikapi dan mengadvokasi korban kekerasan perlu kita lakukan. Cara tersebut merupakan upaya preventif untuk memberantas kasus KBGO yang marak terjadi di sekolah. Karena semua bermula dari bagaimana sikap guru dan pihak sekolah dalam membentuk lingkungan sekolah.

Selepas mereka memahami bagaimana cara menyikapi kasus-kasus kekerasan dan pendampingan bagi korban, maka sekolah kembali menjadi ruang yang aman bagi para peserta didik dalam belajar. Hal tersebut bisa terbentuk ketika ada kerjasama antara pemerintah, sekolah dan masyarakat setempat. []

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Memberantas Kasus KBGO di Lingkungan Sekolah

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us