Samara dalam Relasi Marital

samara-dalam-relasi-marital

Sungguh indah relasi marital pasutri yang mawadah wa rahmahnya selalu berjalan seiring. Suami berbahagia dengan istrinya yang membahagiakannya. Istri pun demikian.

Mubadalah.id – Di dalam Islam, semua pasangan suami-istri berharap pasangannya menjadi qurrata a’yun atau permata hati dan penyejuk jiwanya.

Jalan menuju ke sana sudah dijelaskan juga oleh al-Qur’an yakni bersama mewujudkan keluarga sakinah yang dipenuhi mawadah dan rahmah, sebagaimana disebut dalam ayat 21 Surat ar-Rum. 

Zawj (pasangan hidup) dalam ayat ini merupakan salah satu tanda kekuasaan Allah, karena dengan zawj-nya suami dan istri akan mendapatkan ketentraman dan tempat berlabuhnya jiwa (sakinah). Modal untuk meraih sakinah juga sudah diberikan Allah, yakni mawadah dan rahmah yang ditanamkan dalam hati kedua pasangan.

Banyak tafsir dari kata mawadah wa rahmah. Yang paling populer adalah cinta dan kasih sayang. Jika dikaitkan dengan kata baynakum (di antara kalian) dalam ayat ini, mawadah dan rahmah akan menjadi hubungan timbal-balik yang saling membahagiakan jika dimaknai seperti ini:

Mawadah adalah cinta yang ada dalam pernyataan “aku mencintaimu karena aku bahagia bersamamu”. Sedangkan rahmah adalah kasih sayang yang terwujud dalam kalimat “aku menyayangimu karena aku ingin membuatmu bahagia”.

Mawadah adalah cinta kepada pasangan karena dorongan mendapatkan kebahagiaan dari pasangannya. Sementara rahmah adalah kasih kepada pasangan karena kemauan dirinya untuk membahagiakan pasangannya.

Relasi Marital

Sungguh indah relasi marital pasutri yang mawadah wa rahmahnya selalu berjalan seiring. Suami berbahagia dengan istrinya yang membahagiakannya. Istri pun demikian.

Relasi marital yang hanya berisi mawadah tanpa rahmah akan menjadikan perkawinan di jurang bahaya. Misalnya, suami atas nama cinta selalu menuntut istrinya melayani dirinya, tak peduli apakah istri kelelahan atau tak mampu.

Atau, atas nama cinta, suami bertindak posesif, over protektif, dan pencemburu berat hingga membuat istri tersiksa.

Di sisi lain istri, karena dorongan ingin mendapat kebahagiaan dari suami, maka selalu menuntut suami di luar batas kemampuannya. Atas nama pengorbanan dalam cinta, suami pun menjadi korban tuntutan yang tak berujung. Mawadah tanpa rahmah akan melahirkan cinta dominatif dan miskin empati.

Rahmah saja tanpa mawadah juga bisa menjadikan kebahagiaan perkawinan bertepuk sebelah tangan. Misalnya, suami sudah berusaha maksimal membahagiakan istri. Tapi istrinya tak pernah menganggap cukup usaha suaminya. Atau, istri sudah mengorbankan hidupnya demi suami, tapi suami tidak menghargai hal itu.

Demi keutuhan keluarga, salah satu pasangan mengalah meski merasakan ketidakadilan. Rahmah tanpa mawadah membuat sakinah yang sejati sulit tercapai.

Dengan mawadah wa rahmah yang ada dan terjaga secara seimbang di hati suami dan istri, insya Allah, keluarga akan menjadi tempat yang memberi ketentraman dan kebahagiaan (sakinah). Saat itulah suami menjadi penyejuk jiwa penentram hati bagi istrinya (qurrata a’yun), dan istri pun demikian bagi suaminya. []

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Samara dalam Relasi Marital

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us