Memaknai Kata Merayakan, dari Lagu Semua Aku Dirayakan Karya Nadin Amizah

memaknai-kata-merayakan,-dari-lagu-semua-aku-dirayakan-karya-nadin-amizah

Mubadalah.- Semakin dewasa kita pastinya semakin mempelajari banyak hal. Hal yang dulunya kita anggap harus ada dan terjadi dalam hidup lambat laun juga akan biasa saja. Hal yang harusnya seperti ini, jika tidak terjadi ya tidak masalah. Sama seperti merayakan kesuksesan atau pencapaian yang kita dapat. Dulu kita berpikir bahwa perayaan adalah hal paling penting dari sebuah pencapaian itu sendiri.

Mengenal Hierarki Kebutuhan Manusia

Sama halnya dengan pendapat Maslow dalam hierarki kehidupan yang ia gambarkan melalui segitiga. Yang mana aktualisasi jadi puncak tertinggi dalam kehidupan manusia. Teorinya biasa kita kenal dengan psikologi humanistik. Maslow mengenalkan konsep manusia berbentuk segitiga hierarki yang semakin ke atas semakin mengerucut. Manusia menurut Maslow harus memenuhi kebutuhan mulai dari fisiologis hingga aktualisasi diri.

Hierarki kebutuhan ini berlandaskan pada kebutuhan fisiologis manusia yang meliputi sandang, pangan dan papan. Jika tahap dasar sudah terpenuhi maka sebagai manusia kita dapat baik pada tahap selanjutnya yaitu rasa aman, pengakuan sosial, penghargaan dan akhirnya pada aktualisasi diri.

Tahap yang terakhir pada teori Maslow yaitu aktualisasi diri yang kita dapatkan. Bentuk aktualisasi sendiri biasanya digeneralisasikan sebagai pengakuan dari lingkungan. Pengakuan yang kita terima biasanya berupa perayaan dari seseorang atau teman dekat. Perayaannya baik berupa semangat, hadiah atau apapun yang orang lain berikan.

Semua Aku Dirayakan

Sama halnya seperti perayaan tadi yang jadi hierarki kebutuhan tertinggi menurut Maslow. Lagu karya Nadin Amizah juga erat kaitannya dengan perayaan ini. Setiap liriknya menggambarkan ucapan terimakasih atas perayaan yang diberikan. Semua yang telah ia lakukan akan dapat perayaan, sama seperti judul lagunya “Semua aku dirayakan”.

Walau pada kenyataannya perayaan sebenarnya tidak harus dilakukan oleh orang lain. Walau, makna perayaan erat kaitannya dengan orang lain yang hadir. Tetapi, sebagai makhluk individu kita harusnya dapat memaknai perayaan versi kita sebelum merayakan bersama orang lainnya. Dan kembali pada teori humanistik Maslow, kita bisa melakukan aktualisasi diri ketika semua tahapan sebelumnya sudah kita dapatkan.

Dapatkan bukan bermakna mendapat sesuatu dari orang lain. Mendapatkan di sini dapat berarti pemenuhan diri dengan usaha dan pemberian yang maha kuasa. Doa dan usaha yang jadi faktor utama dalam perayaan sebenarnya. Walau merayakan segala kemenangan kita bersama orang lain perlu, tetapi bisa merayakannya dengan diri sendiri tidak kalah pentingnya.

Memaknai Keberhasilan

Setelah kita bisa merayakan keberhasilan kita sendiri perjuangan yang telah kita lakukan sebelumnya akan tampak berharga. Walau apresiasi orang lain terkadang juga kita perlukan, tetapi memahami makna perayaan untuk diri ini menambah penghargaan kita terhadap diri sendiri.

Manusia merupakan makhluk sosial dan juga individual. Dengan adanya pengaruh teknologi, terkadang kembali ingat bahwa penghargaan oleh diri kita sendiri juga perlu. Kembali menghargai segala usaha yang telah kita lakukan sekecil apapun itu. Dan juga, jika kita tidak mendapat perayaan dari orang lain itu tidak ada salahnya. Aktualisasi diri yang Maslow maksud akan kita dapat dengan penghargaan diri itu.

Lagu Semua aku dirayakan mungkin bermakna apresiasi seorang pada orang lain. Tetapi, saya sendiri memaknainya sebagai monolog pada diri sendiri. Kita dapat merayakan keberhasilan bersama diri sendiri dan menemukan makna  perayaan yang  lebih dalam.

Walau demikian, ini bukan berarti kalian harus selamanya sendiri. Melakukan perayaan dengan keluarga dan teman dekat juga harus kalian lakukan. Semangat merayakan segala keberhasilan kalian.[]

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Memaknai Kata Merayakan, dari Lagu Semua Aku Dirayakan Karya Nadin Amizah

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us