Nggak Baik buat Kesehatan, Jangan Campur 3 Buah Ini dengan Susu!

nggak-baik-buat-kesehatan,-jangan-campur-3-buah-ini-dengan-susu!

Tyas Arini | Beautynesia

Selasa, 30 Jul 2024 05:00 WIB

Nggak Baik buat Kesehatan, Jangan Campur 3 Buah Ini dengan Susu!

Sederet buah yang tidak boleh dicampur dengan susu/Foto: Pexels.com/Anastasia Shuraeva

Smoothies dan milkshakes, kombinasi antara buah dan susu, memang terlihat sangat lezat ya, Beauties! Baik susu dan buah, keduanya memberikan gizi, nutrisi, dan vitamin yang baik untuk tubuh. 

Namun, ternyata tidak semua buah cocok dikonsumsi bersama dengan susu. Ada beberapa buah yang dihindari untuk dikombinasikan dengan segelas susu. Bukan tanpa alasan, kombinasi buah dan susu yang kurang tepat, dapat menimbulkan masalah kesehatan. 

Nah, buah apa saja yang tidak boleh dikonsumsi bersama dengan susu, ya? Simak di bawah ini, Beauties!

1. Pisang

Ilustrasi pisang / Foto: Pexels.com/ Juan Salamanca

Mungkin banyak dari Beauties yang mengira susu dan pisang merupakan kombinasi yang sehat. Ternyata salah ya, Beauties! Susu dan pisang sebaiknya tidak digabung menjadi satu. Hal ini disampaikan oleh Dr. Pritam Moon, dokter Rumah Sakit Wockhardt, Mumbai, yang dilansir oleh Health Shots. 

“Susu dan pisang jika dikombinasikan akan menjadi berat. Tubuh butuh waktu yang cukup lama untuk mencerna. Alih-alih memberikan tenaga, tubuh akan merasa lelah untuk mencerna kombinasi tersebut,” ungkap Dr. Pritam Moon. 

Kedua bahan ini sangat bergizi, namun memang sebaiknya dinikmati terpisah. Sebab jika digabung, Beauties akan merasakan rasa kenyang yang berlebihan dan rasa tidak nyaman pada perut. 

2. Melon

Ilustrasi melon / Foto: Pexels.com/Susanne Jutzeler

Tidak semua buah bisa dikombinasikan dengan susu. Beberapa buah justru akan berdampak buruk pada kesehatan jika dicampur, seperti melon. Melon mungkin terasa makin nikmat ketika dicampur susu, tetapi pada kenyataan tidak. 

Melansir Times of Indiasusu cenderung memiliki sifat pencahar, sedangkan melon memiliki sifat diuretik. Jika digabungkan keduanya, dapat menyebabkan masalah pencernaan, yang berakibat muntah ataupun diare. 

3. Jeruk

Ilustrasi jeruk / Foto: Pexels.com/Pixabay

Melansir Food NDTV, ahli gizi, Shilpa Arora menyebut, “Makanan yang mengandung asam dan memiliki vitamin C yang tinggi seperti jeruk, sebaiknya tidak dikonsumsi bersama susu.” Tidak hanya jeruk, namun buah-buahan yang kaya dengan vitamin C juga sebaiknya tidak dikonsumsi dengan susu. 

Susu pada dasarnya membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna. Ketika air jeruk yang mengandung vitamin C dan asam sitrat ditambahkan ke dalam susu, susu kemudian akan mengental dan menggumpal. Hal ini akan berdampak buruk pada kesehatan. Kombinasi jeruk dan susu akan membuat perut dipenuhi gas dan rasa mulas yang tidak nyaman. Hal ini bisa memicu asam lambung hingga alergi makanan. 

Wah, ternyata ketiga buah tersebut tidak boleh dicampur dengan susu ya, Beauties! Semoga artikel ini membantu, ya!

______

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation! Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Komentar

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama memberikan komentar.

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Nggak Baik buat Kesehatan, Jangan Campur 3 Buah Ini dengan Susu!

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us