5 Love Language dalam Pengasuhan Anak

5-love-language-dalam-pengasuhan-anak

Mubadalah.id – Love language atau biasa kita kenal dengan istilah bahasa kasih atau juga bahasa cinta merupakan gagasan dari seorang konselor keluarga kebangsaan Amerika. Dia adalah Dr. Gary Chapman yang tertulis dalam bukunya “The Five Love Languages: How to Express Heartfelt Commitment to Your Mate”. Dia  menjelaskan terkait perilaku yang membuat seseorang merasa dicintai. Sederhananya, cara seseorang dalam mengekspresikan rasa cintanya kepada orang lain.

Menurut Dr. Gary Chapman (2010) menyebut terdapat lima bahasa cinta (Love Language). Yaitu pemberian kata-kata positif yang mengandung kasih sayang (words of affirmation), memberikan bantuan (act of service),waktu yang berkualitas (quality time),memberikan hadiah (receiving gift), dan sentuhan fisik (physical touch).

Realitas menunjukkan bahwa setiap orang memahami dan menerima cinta dalam bahasa tertentu. Setidaknya melalui satu daripada kelima poin bahasa cinta yang ada. Keempat bahasa lainnya sama pentingnya dan menawarkan cara lain untuk mengekspresikan cinta.

Pada awalnya konsep ini kita gunakan untuk konteks hubungan antar pasangan. Namun seiring perkembangannya, konsep ini juga dapat kita aplikasikan pada konteks yang lebih luas, seperti hubungan pertemanan, hubungan orang tua dan anak, keluarga, dan seterusnya.

Love language dalam pengasuhan anak adalah cara yang anak gunakan untuk mengekspresikan perasaan cintanya kepada orang tua atau pengasuh.

Keutamaan Memahami Love Language Anak

Setiap orang memiliki corak bahasa cintanya tersendiri. Mengenal love language anak penting untuk membangun hubungan yang sehat dan memenuhi kebutuhan emosional mereka.

Selain itu, dapat membantu orang tua memahami cara anak mengekspresikan dan menerima cinta. Sehingga membangun hubungan yang lebih kuat dan bahagia sekaligus membantu orang tua untuk menghindari konflik dan kesalahpahaman terhadap anak. Di mana nantinya dapat memunculkan perasaan tidak dicintai.

Untuk mengukur apakah langkah orang tua sudah tepat dalam mengenali love language anak, maka ini adalah step-step yang dapat kita lakukan. Yakni orang tua perlu untuk memahami terlebih dahulu konsep daripada lima jenis love language. Kemudian, memperhatikan bagaimana anak mengekspresikan cinta dan kasih sayang.

Lalu, mencoba berbagai cara untuk mengekspresikan cinta orang tua kepada anak. Seperti memberikan hadiah, menghabiskan waktu bersama, atau melakukan tindakan nyata untuk membantu mereka dan lainnya.

Orang tua dapat mengidentifikasikan bahasa kasih pada anak dengan memperhatikan cara anak mengungkapkan cinta dan menanggapi kebutuhan mereka sesuai dengan love language yang dominan.

Physical Touch (Sentuhan Fisik)

Anak yang memiliki bahasa cinta ini lebih suka mengekspresikan cinta melalui sentuhan fisik, seperti pelukan atau sentuhan lembut.

Physical touch, atau sentuhan fisik, adalah salah satu dari lima bahasa cinta yang sering kita gunakan dalam pengasuhan anak. Anak yang memiliki kecenderungan bahasa cinta ini lebih suka mengekspresikan dan menerima kasih sayang melalui sentuhan fisik, seperti pelukan, ciuman, dan berpegangan tangan.

Words of Affirmation (Kata-kata Pujian)

Anak yang memiliki bahasa cinta ini lebih suka mendengar kata-kata pujian dan pemberian dukungan positif dari orang tua.

Words of affirmation dalam pengasuhan anak adalah cara yang kita gunakan untuk mengekspresikan rasa cinta melalui kata-kata yang positif dan menginspirasi. Contoh kata-kata pujian yang dapat kita berikan saat anak bangun atau menjelang tidur seperti “kamu sehat, kamu kuat, kamu hebat, kamu cerdas bangunlah, ayo siap-siap berangkat ke sekolah sayang.”

Quality Time (Waktu yang Berkualitas)

Anak yang memiliki love language ini lebih suka menghabiskan waktu bersama orang tua, seperti bermain atau berbicara.

Quality time dalam pengasuhan anak adalah jenis love language yang di mana anak suka menghabiskan waktu bersama tersayangnya. Anak yang memiliki love language ini, orang tua harus menyisihkan waktu khusus untuk quality time bersama anak. Contohnya seperti membuat jadwal mingguan atau bulanan untuk aktivitas bersama. Antara lain bermain, membaca buku, atau makan bersama.

Receiving Gifts (Memberikan Hadiah)

Anak yang memiliki love language ini lebih suka menerima hadiah atau tanda cinta dari orang tua.

Receiving gifts dalam pengasuhan anak adalah salah satu dari lima bahasa cinta yang kita gunakan untuk mengekspresikan rasa cinta dan kasih sayang. Anak yang memiliki bahasa cinta ini lebih suka menerima hadiah dari orang tua mereka. Karena merasa sangat dicintai ketika mereka menerima hadiah. Love language ini dapat berupa memberikan kejutan di hari ulang tahun si anak, memberikan hadiah atas prestasi yang dicapai oleh si anak, dan sebagainya.

Acts of Service (Memberikan Bantuan)

Anak yang memiliki love language ini lebih suka mendapatkan bantuan atau dukungan dari orang tua, seperti membantu dengan tugas atau menemani dalam aktivitas. Sebaliknya, ia juga akan memberikan bantuan sebagai kasih sayang mereka kepada orang tersayang karena menganggap tindakan sebagai wujud cinta.

Act of Service dalam pengasuhan anak adalah salah satu jenis love language di mana orang tua dan anak saling memberikan bantuan atau pelayanan. Anak yang memiliki bahasa cinta ini akan sangat menghargai bantuan orang tua dalam tugas-tugas harian. Contohnya seperti merapikan tempat tidur, membantu menyiapkan piring, atau menyapu rumah.

Anak dengan love language ini mungkin tidak menyadari bahwa apa yang mereka lakukan sebenarnya adalah tanda kasih sayang dan kepedulian kepada anggota keluarga lainnya. Namun, ketika mereka melakukan hal-hal ini secara proaktif, orang tua harus mengapresiasi usaha mereka. Selain itu, memberikan dukungan positif melalui kata-kata kasih sayang dan penghargaan. []

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
5 Love Language dalam Pengasuhan Anak

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us