Trik Sehat Saat Cuaca Ekstrem

Trik Sehat Saat Cuaca Ekstrem

Memasuki musim pancaroba, yang salah satunya ditandai dengan fenomena peningkatan suhu udara, Kementerian Kesehatan mengimbau masyarakat untuk mengantisipasi dan menjaga kesehatan di tengah cuaca panas yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia.

Cuaca panas dan terik melanda Jawa, Bali hingga Nusa Tenggara. Panas menyengat ini berlangsung sejak beberapa hari lalu. Meski demikian, fenomena ini adalah hal alamiah yang sering terjadi pada puncak musim kemarau panjang dan masa pancaroba.

Berdasarkan pantauan Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG), panas menyengat ini terjadi akibat gerak semu matahari yang saat ini berada di bagian selatan Khatulistiwa. Alhasil radiasi matahari yang masuk cukup optimum. Hasil monitoring suhu udara maksimum berkisar antara 34.0 – 37.5 derajat celcius.

Sebenarnya ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menghadapi cuaca terik yang melanda Indonesia. Tentunya cara ini sangat berguna untuk melawan cuaca panas ekstrem yang melanda Indonesia saat ini. Seperti apa sajakah caranya?
1. Banyak minum air putih. Mengonsumsi banyak air merupakan cara paling efektif yang bisa dilakukan. Dalam kondisi cuaca panas, sebaiknya harus rajin minum air putih bahkan jika tidak
dalam kondisi haus. Hindari minuman dengan kafein, alkohol, atau banyak gula.

2. Kenakan pakaian yang melindungi kulit dari sinar matahari Mengenakan pakaian longgar, ringan, dan berwarna terang merupakan solusi efektif untuk mengatasi cuaca panas.

3. Konsumsi buah dan sayur. Dengan konsumsi buah saat cuaca panas membuat tubuh terasa lebih segar dan mengurangi rasa gerah akibat cuaca panas. Buah yang mengandung banyak air lebih dianjurkan untuk dikonsumsi saat cuaca panas.

4. Gunakan benda yang dapat menghalau sinar matahari. Tabir surya dapat memengaruhi kemampuan tubuh untuk mendinginkan diri dan dapat berkontribusi terhadap dehidrasi.

5. Konsumsi makanan ringan. Mengonsumsi makanan ringan sangat dianjurkan agar tidak menimbulkan lebih banyak panas saat tubuh mencerna makanan.

6. Istirahat cukup. Batasi aktivitas luar ruangan pada pagi dan sore hari ketika cuaca berangsur lebih dingin. Istirahatlah di tempat yang teduh dan sebisa mungkin jauhi kontak dengan matahari secara langsung.

#IndonesiaBaik #PanasEkstrem #YangMudaSukaData

Ikuti media sosial kami

Facebook: https://www.facebook.com/IndonesiaBai
Instagram: https://www.facebook.com/IndonesiaBai
Twitter: https://twitter.com/indonesiabaikid

http://indonesiabaik.id/

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Trik Sehat Saat Cuaca Ekstrem

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us