4 Cara Meredupkan Layar Laptop Windows Biar Lebih Nyaman!

4-cara-meredupkan-layar-laptop-windows-biar-lebih-nyaman!

Cara Meredupkan Layar Laptop Windows - Header

Gadgetren – Kecerahan layar pada sebuah laptop sangat mempengaruhi kenyamanan pemakaian. Oleh karena itu, kita kadang-kadang perlu mengatur setelannya agar tidak terlalu terang atau redup.

Tingkat kecerahan layar laptop umumnya harus disesuaikan dengan kondisi pencahayaan sekitar. Jika sedang memakai perangkat di ruangan redup atau bahkan gelap, kita biasanya perlu mengurangi setelannya supaya mata tidak cepat lelah.

Pada laptop berbasis sistem operasi Windows, meredupkan kecerahan layar secara khusus dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa metode berbeda. Kita dapat memilih salah satu cara yang dianggap praktis agar lebih cepat menyesuaikannya.

1. Menggunakan Pintasan Tombol di Keyboard

  • Cari tombol Brightness (ikon matahari) di Keyboard.
  • Tekan dan tahan tombol Fn jika diperlukan.
  • Tekan tombol Brightness yang sesuai.
  • Ulangi hingga layar nyaman digunakan.
  • Lepaskan kedua tombol jika sudah selesai.

Sejumlah laptop kadang-kadang dilengkapi dengan tombol Brightness yang ditempatkan di bagian keyboard. Biasanya, terletak sebagai salah satu dari Function Key (tombol F1 hingga F12) dengan ikon bergambar matahari.

Ada dua tombol Brightness yang diletakkan secara berdekatan dalam hal ini. Namun secara khusus, kita hanya perlu menekan tombol dengan ikon matahari redup atau bertanda Minus (-) jika ingin meredupkan kecerahan layar laptop.

Tergantung pengaturan yang diterapkan, kita mungkin perlu menggunakan tombol Brightness bersamaan dengan tombol Fn seperti halnya Function Key yang lain supaya pengaturan kecerahan bisa dilakukan.

2. Melalui Action Center

  • Tekan tombol Windows dan huruf A secara bersamaan.
  • Setelah jendela Action Center muncul, geser sakelar kecerahan layar ke arah kiri untuk meredupkan.

Baik Microsoft Windows 10 maupun Windows 11 dilengkapi dengan Action Center yang memuat berbagai pintasan pengaturan. Salah satu di antaranya, kita dapat menemukan pintasan untuk mengatur kecerahan layar sebuah laptop.

Pintasan kecerahan di Action Center biasanya ditampilkan dalam sebuah sakelar geser. Apabila belum ada, kita pun dapat menambahkannya secara manual dengan memakai cara yang sedikit berbeda untuk Windows 10 dan 11.

Kita bisa melakukan klik kanan pada area kosong Action Center di Windows 10. Sementara di Windows 11, kita hanya perlu mengetuk tombol Edit (ikon pensil). Setelah itu, kita bisa memilih menu Add > Brightness > Done.

3. Melalui Windows Mobility Center

  • Tekan bersama-sama tombol Windows dan huruf X.
  • Pilih menu Windows Mobility Center.
  • Geser sakelar di bagian Brightness.

Pengaturan kecerahan layar laptop juga dapat dilakukan melalui fitur Windows Mobility Center. Langkah ini bisa dipakai untuk berbagai perangkat dengan sistem operasi Windows yang mana di dalamnya termasuk Windows 10 dan 11.

4. Melalui Halaman Pengaturan

  • Tekan tombol Windows dan I untuk membuka Settings.
  • Masuk ke bagian Systems.
  • Buka menu Display.
  • Cari opsi Brightness.
  • Geser sakelarnya ke arah kiri untuk meredupkan kecerahan layar.

Selanjutnya, kita juga bisa meredupkan pengaturan kecerahan layar melalui halaman Settings. Langkah-langkahnya pun tak kalah praktis dan mudah dari beberapa metode yang sudah diulas pada bagian atas.

ASUS Zenfone 11 Ultra

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
4 Cara Meredupkan Layar Laptop Windows Biar Lebih Nyaman!

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us