Cek Khodam, Tren di Luar Negeri dan Kemakrufan?

cek-khodam,-tren-di-luar-negeri-dan-kemakrufan?

Mubadalah.id – Akhir-akhir ini saya sedikit heran dengan trend cek khodam yang marak di aplikasi Tiktok. Saking penasarannya, saya dan tiga teman saya mencoba scroll beranda Tiktok untuk menemukan live cek khodam.

Sebagai umat islam, tentu saya dan teman-teman tidak akan berani untuk melakukan syirik dengan mempercayai hal-hal semacam itu. Namun karena rasa penasaran dan seru-seruan saja, kami lantas coba melihat seperti apa layanan cek khodam di aplikasi itu.

Sempat pula muncul pertanyaan yang saya kira itu hanyalah pertanyaan konyol. Sambil terus menahan tawa saat ikut melihat live, saya mencoba berimajinasi dan mencerna pertanyaan saya tadi “Apa orang luar negeri juga pakai cek khodam?”.

Akhirnya setelah sebelumnya kami sempat gaduh karena menuliskan nama teman saya saat live cek khodam, saya lantas mencari jawaban atas pertanyaan saya tadi di google.

Beberapa Ulasan Cek Khodam di Luar Negeri

Sepertinya semakin aneh-aneh saja ulah warganet Indonesia. Padahal sebelumnya Tiktok sempat Pemerintah tutup karena konten-konten negatif yang tidak terkontrol jumlahnya.

Di Indonesia problem mengenai pelarangan penggunaan Tiktok masih menjadi polemik, sementara beberapa negara lain sudah melarang penggunaan Tiktok. Negara-negara tersebut antara lain: Selandia Baru, Inggris, Amerika Serikat dan beberapa negara lain di Eropa.

Pelarangan penggunaan Tiktok inipun beragam. Ada negara yang melarang penggunaan Tiktok untuk perangkat pemerintahan, anggota Parlemen dan ada juga yang melarangnya untuk karyawan kementerian.

Kembali ke masalah cek khodam. Pencarian saya membuahkan hasil. Google menampilkan beberapa negara yang juga menggunakan cek khodam, meskipun namanya tidak sama dengan yang ada di Indonesia. Zimbabwe misalnya menggunakan istilah Sangoma Tiktok untuk praktik dukun online semacam cek khodam.

Percaya atau tidak, namun begitulah faktanya. Layanan live yang berkaitan dengan klenik semacam itu, saat ini sukses meraup ribuan followers dalam hitungan menit. Paradigma masyarakat mengalami pergeseran, dari cara berpikir yang rasional menjadi irasional. Sehingga beberapa ormas menghukuminya sebagai sebuah keharaman.

Cek Khodam sebuah FOMO dan Kemunduran Peradaban?

Mengutip dari Kompas.com. Terdapat alasan mengapa anak-anak muda zaman sekarang yang harusnya menerima modernitas, dan tidak mempercayai hal-hal mistis serta irasional semacam itu, malah menjadi penonton dan menjadi pengikut live cek khodam terbanyak. Alasannya hanyalah karena fear of missing out (FOMO) atau takut ketinggalan trend saja.

Hal demikian semakin menunjukkan bahwa generasi muda saat ini hanya hidup bedasarkan trend. Lantas bagaimana mengatasi kegandrungan tersebut?

Mengutip pendapat Puji Karyanto yang merupakan dosen FIB UNAIR. Beliau menyorotinya dari perspektif budaya dan mengatakan bahwa masyarakat harus bijak dalam menyikapi setiap fenomena yang ada. Cek khodam online yang menjadi  trend saat  ini hanyalah sebuah budaya pop yang berkembang di masyarakat.

Meskipun hanya sekedar trendsesaat. Namun, alangkah baiknya jika generasi muda menggunakan waktunya untuk hal-hal yang produktif dan visioner.

Menangkal Tren Cek Khodam dengan Kemakrufan

Jika kita melihat ke negara-negara sebelah, banyak negara maju yang malah mempopulerkan penggunaan dumb phone semacam handphone bodoh yang kontra dengan smartphone. Penggunaan dumb phone ini bertujuan untuk menangkal efek negatif dari penggunaan smartphone.

Langkah-langkah yang dilakukan banyak orang di negara-negara maju tersebut bisa kita tiru. Meskipun tidak serta merta dengan meninggalkan penggunaan smartphone, namun setidaknya kita memulai langkah dengan mulai bijak menggunakannya.

Melalui sikap bijak yang kita tanamkan, pada nantinya akan tercapailah makruf dalam kehidupan. Makruf dalam kehidupan ini sebagaimana penjelasan Nyai Badriah Fayumi, yakni kehidupan yang mengandung nilai kebaikan, kebenaran, dan kepantasan yang sesuai dengan syari’at, akal sehat, dan pandangan umum suatu masyarakat. []

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Cek Khodam, Tren di Luar Negeri dan Kemakrufan?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us