Deretan Idol K-Pop Ini Rilis Lagu Genre Trot, Terbaru Ada Yunhyeong iKON!

deretan-idol-k-pop-ini-rilis-lagu-genre-trot,-terbaru-ada-yunhyeong-ikon!

Di tengah gemerlapnya dunia K-Pop yang penuh dengan genre pop, dance, hingga R&B, ada satu genre musik Korea Selatan yang mungkin belum begitu sering kita temui, yaitu Trot. 

Dengan tempo khas 2/4 dan 3/4, serta ritme dan intonasi vokal yang berulang, trot seringkali disebut sebagai “dangdut” asal Korea Selatan. Salah satu lagu trot terkenal di Korea Selatan adalah berjudul Love Battery oleh Hong Jin Young, di mana lagu ini seringkali di-cover oleh para idol K-Pop.

Biasanya, genre trot lebih dikenal di kalangan musisi yang benar-benar berfokus pada trot, dan jarang sekali kita mendengar idol K-Pop merilis lagu dengan genre ini. 

Namun, tahukah kamu bahwa ada beberapa idol K-Pop yang justru berani merilis lagu bergenre trot dalam karya mereka? Penasaran siapa saja? Yuk, kita telusuri!

Super Junior-T – Rokkugo

Super Junior-T/Foto: SM Entertainment

Super Junior-T adalah sub-grup dari boyband legendaris asal Korea Selatan, Super Junior, yang dibentuk pada tahun 2007 dengan tujuan memperkenalkan musik trot kepada dunia. Sub-grup ini terdiri dari enam anggota Super Junior, yaitu Leeteuk, Heechul, Kang-in, Shindong, Sungmin, dan Eunhyuk.

Super Junior-T memulai perjalanan mereka pada 23 Februari 2007 dengan merilis CD single berjudul Rokkugo. Lagu ini mencatatkan rekor sebagai single terlaris ke-16 di Korea Selatan dan menjadi nomor satu di tangga lagu tahun 2007, menurut Asosiasi Industri Musik Korea.

Tak berhenti di situ, pada bulan November 2008, Super Junior-T melangkah lebih jauh dengan debut di Jepang. Mereka berkolaborasi dengan duo komedian Jepang, Moeyan, untuk merilis versi Jepang dari Rokkugo yang diberi judul ROCK&GO.

Daesung BIGBANG – Look at Me, Gwisun

Daesung BIGBANG/Foto: YouTube.com/BIGBANG

Daesung, salah satu anggota BIGBANG, pernah mengejutkan penggemar dengan merilis single debut bergenre trot berjudul Look at Me, Gwisun pada tahun 2008. Baru-baru ini, dalam program Leemujin Service setelah comeback-nya, Daesung membagikan cerita menarik di balik judul lagu debutnya itu.

Ternyata, lagu Look at Me, Gwisun terinspirasi dari sebuah acara kencan yang diikuti oleh Daesung bersama anggota BIGBANG lainnya. “Ada seorang perempuan bernama Gwisun. Dalam acara itu, kami berlima berusaha memenangkan hatinya.

Kebetulan, aku dan Jiyong (G-Dragon) tereliminasi lebih awal dan harus duduk di bus sambil memantau tiga anggota lainnya yang masih berusaha,” jelas Daesung.

Di saat itulah, G-Dragon alias GD melontarkan candaan yang kemudian menjadi inspirasi untuk lagu tersebut. “Jiyong bercanda dengan mengatakan, ‘Gwisun, tolong lihat aku, lihat aku Gwisun.’ Sesuatu seperti itu. Kami mendapatkan inspirasi dari candaan itu, dan ketika kami kembali ke kantor, GD menulis lagu ini karena dia menganggapnya lucu,” tambah Daesung.

Sungmin Super Junior – YO.YO.YO

Sungmin Super Junior/Foto: Instagram.com/_liustudio_

Sungmin Super Junior kini menjelma sebagai solois yang fokus pada musik trot. Setelah sukses dengan lagu trot berjudul Lovesick pada tahun 2023 lalu, ia kembali dengan single terbaru berjudul YO.YO.YO pada 22 Agustus 2024.

Lagu YO.YO.YO menceritakan tentang perubahan hati seseorang setelah jatuh cinta, dan Sungmin menyajikannya dengan sentuhan khas trot yang cepat dan melodi yang catchy. 

Selain meluncurkan video musik yang menarik, Sungmin juga aktif melakukan promosi di acara musik, termasuk KBS, untuk mempromosikan comeback-nya.

Penampilan Sungmin kali ini memberikan angin segar bagi penggemar yang sudah lama menantikan kehadirannya di layar kaca. Dengan ritme cepat dan irama trot yang khas, YO.YO.YO menawarkan nuansa yang familiar namun tetap menyegarkan, menegaskan bahwa Sungmin adalah salah satu musisi yang bisa menyajikan musik trot dengan cara yang unik dan bersemangat.

Song Yunhyeong iKON – It’s Call

Song Yunhyeong iKON/Foto: Instagram.com/withikonic

Song Yunhyeong, anggota  iKON, memperlihatkan dedikasinya terhadap musik trot melalui album debut solonya yang bertajuk It’s Call. Dalam album ini, Yunhyeong menghadirkan tiga lagu trot yang berjudul It’s Call, This is I Live For, dan FIGHTING (band ver). Keberanian Yunhyeong untuk mengeksplorasi genre ini memperlihatkan keunikan dan keahliannya dalam dunia musik.

Sebelum debut solo, Yunhyeong telah menunjukkan minatnya terhadap trot dengan membawakan lagu unreleased berjudul Kilki Ppa Ppa di konser bersama iKON. Penampilan dan gaya panggungnya saat itu mendapat sambutan positif, menunjukkan bahwa trot adalah genre yang cocok dengan karakter dan suaranya. Bahkan, lagu solo pertamanya, FIGHTING, dirilis sebagai bagian dari album iKON bertajuk TAKE OFF, menandai awal perjalanan solonya.

Pada Maret 2024, Yunhyeong resmi memulai debut solo dengan mini album yang terdiri dari tiga lagu trot dan dua lagu ballad. Album ini menunjukkan betapa Yunhyeong memiliki suara yang sangat pas dengan genre trot, dan menampilkan kemampuan vokalnya yang mengesankan.

Performanya di panggung semakin menarik dengan penampilan menarinya yang energik, membuat lagu-lagu trotnya semakin asyik dan mengundang untuk ikut bergoyang saat mendengarkannya.

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Deretan Idol K-Pop Ini Rilis Lagu Genre Trot, Terbaru Ada Yunhyeong iKON!

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us