Pentingnya Kepedulian Membangun Bangsa dalam Perspektif Islam

pentingnya-kepedulian-membangun-bangsa-dalam-perspektif-islam

Mubadalah.id – Sadarkah kalian terhadap isu yang sedang ramai akhir-akhir ini? Melihat situasi tersebut, terasa seperti negeri ini sedang kembali dijajah. Namun, kali ini bukan oleh bangsa asing, melainkan oleh kekuasaan sendiri. Karena penjajahan, tidak harus selalu berbentuk adu fisik. Tidak melulu soal perang-perangan.

Dijajah itu seperti kita dikekang, tidak bebas melakukan apa yang kita mau. Aturan-aturan yang tidak adil bikin kita terkucilkan, sampai ngomong di negeri aja jadi susah, juga termasuk penjajahan, lho.

Dalam bukunya Rumah Kaca, Pramoedya Ananta Toer menuliskan, “dari atas ke bawah yang ada adalah larangan, penindasan, semprotan hinaan. Dari bawah ke atas yang ada adalah penjilatan, kepatuhan, dan penghambaan.”

Penjajahan era baru ini terasa sangat nyata. Krisis yang di alami juga begitu kompleks. Mulai dari isu ekonomi, sosial, politik, semuanya berantakan. Korupsi merajalela, ketidakadilan dimana-mana, rumit deh pokoknya. Kemudian, rasa pesimis pun muncul dan menyelimuti hati. Di tengah situasi yang mencekam ini, timbullah pertanyaan: Apakah masih relevan untuk mencintai dan berjuang demi tanah air?

Jawabannya jelas: Iya! Tidak ada alasan mengapa kita harus diam saat ada ketidakadilan dan penindasan terjadi, bukan?

Cinta Tanah Air

Dalam Islam, kita pun diajarkan untuk cinta tanah air. Mencintai tanah air bukan sekadar soal patriotisme semata, bukan juga rasa bangga, ingin berjuang atau cinta terhadap negeri, tapi lebih dari itu. Ini adalah sebuah kewajiban membangun bangsa, bukan pilihan. Kenapa? Karena di balik cinta tanah air terdapat nilai-nilai luhur yang diajarkan oleh Islam.

Benarkah begitu?

Mari kita bahas.

Bayangkan: Kita hidup di dunia ini, diberikan tempat tinggal, diberikan rezeki, diberikan kesempatan untuk beribadah, semuanya itu adalah karunia Allah SWT. Nah, mencintai tanah air itu sama saja seperti kita mensyukuri nikmat Allah SWT. Kita harus menjaga dan merawat tempat tinggal kita, berusaha untuk membuatnya lebih baik, dan menghindarkannya dari kerusakan. Itu bukti dari tanggung jawab kita sebagai manusia (Makhluk Allah SWT).

Menurut beberapa pakar ilmu dan Al-Qur’an, konsep cinta tanah air di dalam Al-Qur’an terkandung dalam QS. Al-Hujurat ayat 13, yang artinya:

“Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di sisi Allah ialah orang yang paling taqwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.”

Kemudian juga di dalam QS. An-Nisa’ ayat 66, yang artinya:

“Dan sesungguhnya jika seandainya Kami perintahkan kepada mereka (orang-orang munafik): “Bunuhlah diri kamu atau keluarlah dari kampung halaman kamu!” niscaya mereka tidak akan melakukannya, kecuali sebagian kecil dari mereka.”

Mengambil Peran Membangun Bangsa

Ayat-ayat ini menekankan pentingnya persatuan, saling mengenal, dan bertanggung jawab atas kemajuan bersama. Oleh karena itu, penting untuk kita dalam mengambil peran membangun bangsa.

Islam mengajarkan kita untuk menjadi “khalifah” di bumi, yaitu pemimpin yang bertanggung jawab atas kesejahteraan dan kemajuan masyarakat. Menjadi khalifah, berarti berperan aktif dalam membangun dan memajukan tanah air.

Dalam situasi negeri yang penuh masalah seperti sekarang ini, justru kita bisa menunjukkan rasa cinta tanah air dan optimis itu untuk berjuang demi memperbaiki keadaan, menentang ketidakadilan, dan mengupayakan solusi atas berbagai permasalahan yang ada.

Lalu, dari mana kita mesti memulainya?

Memang, tidak mudah tentunya dalam berkontribusi untuk negeri di tengah situasi yang ribut dan penuh masalah seperti sekarang. Serasa mau bicara aja berat, ya? Tapi, mari tetap tenang, Tarik nafas dalam-dalam, ingat bahwa selalu ada jalan keluar di dalam setiap kesulitan.

Membangun negeri adalah tanggung jawab kita semua. Setiap individu memiliki potensi untuk berkontribusi. Pertama-tama, mulailah dari diri sendiri. Kita harus bangkit, harus bersuara. Sebagaimana yang orang-orang katakan, “Satu Kata: Lawan!”

Apakah Islam memperbolehkan kita melawan?

Tentu saja. Dalam beberapa situasi dan kondisi, bahkan bukan hanya boleh, tapi harus. Kita harus melawan penjajahan era baru ini, tapi dengan cara yang bermartabat. Kita harus menuntut keadilan dari para pemimpin kita. Ini adalah panggilan bagi kita semua, untuk tidak hanya menjadi penonton, tetapi menjadi ikon perubahan. Mari kita perjuangkan kembali hak-hak kita, bangun negara yang adil dan bermartabat.

Hal ini selaras dengan ajaran Islam dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah: 195, yang artinya:

“Dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan”.

Kemudian, dalam hadits, Rasulullah SAW juga telah memberikan wejangannya untuk kita terkait hal ini:

“Perjuangan (Jihad) terbaik di jalan Allah SWT adalah (mengucapkan) kalimat kebenaran kepada penguasa yang dzalim”. (HR. Abu Daud)

Oleh karena itu, dalam hal ini, kita diperbolehkan untuk marah dengan keadaan yang ada. Kita tidak boleh menjerumuskan diri kita pada kedzaliman. Jangan membiarkan siapapun berlaku seenaknya. Mari tunjukkan bahwa kita tidak akan pernah dijajah lagi, baik itu bangsa asing maupun oleh kekuasaan yang tidak adil!

Perjalanan Panjang dan Menantang

Namun, penting untuk kita ingat bahwa marah dan melawan yang dimaksudkan boleh dalam Islam adalah marah yang terarah dan bermoral. Salurkan perlawananmu dengan cara yang terstruktur. Tetap tenang dan gunakan adab dalam segala situasi. Utamakan mengerjakan kewajiban, dan fokus pada hal-hal yang positif. Dengan itu, kita bisa lebih mudah mengendalikan emosi dan menemukan solusi yang baik.

Lalu, yang terpenting, jangan lupa untuk tetap menjaga diri kita, baik fisik dan juga mental, agar tetap dalam keadaan seimbang. Supaya kita lebih kuat dan mampu berkontribusi secara positif untuk tanah air.

Terakhir, mari doakan semoga para pemimpin kita bisa bijak dan adil terkait segala  permasalahan yang terjadi di negeri ini. Dan semoga Allah SWT segera memberikan pertolongan-Nya serta melindungi kita semua.

Ingat, membangun negeri adalah perjalanan yang panjang dan menantang. Tapi, dengan memulai dari diri sendiri, berbuat baik, tidak dzalim, dan terus optimis, kita bisa bersama-sama membangun negeri ini menjadi lebih baik. Semangat! []

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Pentingnya Kepedulian Membangun Bangsa dalam Perspektif Islam

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us