Islami

Planting Of God: Upaya Pondok Pesantren untuk Merawat Lingkungan

Mubadalah.id – Hari Jumat (11/11/22) bertepat di kantor AMAN Indonesia, di daerah Rawa Bambu, Pasar Minggu, saya mendapat kesempatan istimewa bertemu dengan Nyai Nissa Wargadipura. Ia adalah salah satu pengasuh pondok pesantren Ekologi Ath-Thariq di Desa Sukagalih, Kecamatan Targorong, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Pesantren ini merupakan sebuah tempat yang cukup ciamik dengan konsep yang sangat bagus, yakni bergerak pada pengolahan pertanian dan perkebunan, sebagai upaya merawat lingkungan.

Bertemu Bu Nissa, saya seperti mendapatkan sebuah energi baru mengapa perempuan perlu bergerak dalam isu-isu merawat lingkungan. Pada hakikatnya, perempuan adalah mahkluk yang cukup dekat sekali dengan alam. Hal ini bisa kita lihat dari faktor biologis seorang perempuan.

Kebutuhan air, makanan merupakan sesuatu yang sangat besar bagi perempuan dalam menjalankan kehidupan. Apalagi ketika berkaitan dengan sisi biologis perempuan seperti haidh, melahirkan, merawat anak, perempuan membutuhkan asupan nutrisi yang bagus untuk menjalankan kehidupan.

Pemikiran Patriarki

Segala jenis makanan seperti makanan instan yang kita konsumsi hari ini, sudahkah terjamin gizinya jika dibandingkan dengan hasil kebun yang kita ambil sendiri di belakang ataupun depan rumah?

“Pemikiran patriarki diturunkan kepada kebijakan patriarki dab menciptakan kapitalisme,” ucap Ibu Nissa mengawali pembicaraan.

Menurutnya, perempuan adalah korban dari sistem patriarki yang harus kita sadari. Keterikatan perempuan dengan alam harus dimaknai sebagai sebuah kebutuhan mendasar persoalan manusia. Maka dari itulah, pentingnya peran perempuan dalam pengelolaan alam sebagai sebuah panggilan jiwa. Pemaparan Bu Nissa hampir sama dengan Vanda Shiva, aktifis perempuan yang juga konsen di isu lingkungan.

Menurut Shiva, ada hubungan yang kuat antara kekerasan, kebijakan ekonomi yang tidak adil dan inteksifikasi kejahatan terhadap perempuan. Dari pandangan tersebut menunjukkan adanya bias gender yang terjadi pada budaya sosial di sekitar kita. Dari sini bisa kita lihat dari dampak yang sangat besar ketika terjadi bencana ekologi dan kerusakan. Dan itu terjadi kepada perempuan sebagai kelompok rentan yang sangat dekat sekali dengan alam.

Perempuan yang Aktif di Isu Lingkungan

Bu Nissa adalah sosok perempuan yang cukup aktif dalam isu lingkungan. Ketertarikannya terhadap alam, membuat ia mengambil peran sebagai pengasuh pondok pesantren Ath-tariq yang terletak di Garut. Pondok tersebut memiliki kegiatan yang sangat berbeda dengan pondok pesantren pada umumnya. Sebab kegiatan yang mereka lakukan fokus terhadap upaya untuk memulihkan alam, seperti halnya berkebun, dan sejenisnya.

Tidak hanya itu, dalam memenuhi kebutuhan, pondok ini tidak pernah mengandalkan bahan makanan yang instan. Sebab semuanya sudah tersedia. Mulai dari ikan, karena sudah tersedia di kolam, segala jenis rempah yang bisa kita gunakan untuk memasak.

“Jadi kegiatan kita di pondok itu menanam, mengaji dan makan,” ucap Bu Nissa, seketika seluruh obrolan ini menjadi semakin hangat.

Tidak hanya itu, makanan utama yang pesantren manfaatkan ini tidak hanya berupa beras. Akan tetapi juga umbi-umbian sebagai pengganti karbohidrat. Pola perilaku hidup sehat dengan kembali ke alam menjadi pola hidup yang utama di pesantren ini.

Belajar dari Pengalaman Pandemi

Terbukti ketika terjadi Covid-19 yang mengancam kebutuhan manusia pada tahun 2020, hasil panen yang dimiliki oleh pondok pesantren sangat bisa membantu warga sekitar untuk memenuhi kebutuhan hidup.

“Pada waktu Covid-19, seluruh kegiatan masyarakat sangat terbatas, mulai dari pasar, dan kegiatan lainnya. Di waktu itu kan masyarakat bingung kan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Jadi bahan makanan yang ada di sini, bisa membantu warga. Kita saling bantu, bahan makanan apa saja yang tidak kita punya. Masyarakat juga berbondong-bondong untuk menanam dan berkebun, sehingga kita bisa menjadi frame bagi masyarakat,” jelas Bu Nissa.

Pondok pesantren yang berdiri sejak tahun 2008 ini adalah sebuah ikhtiar panjang merawat lingkungan untuk menjawab tantangan zaman. Planting of god sangat pantas kita sematkan kepada kegiatan yang mereka lakukan. Sebab pelestarian alam yang selama ini luput dari pandangan kita sebagai manusia, sangat wajib untuk kita dakwahkan kepada masyarakat luas bahwa, agama juga mengatur kehidupan manusia dengan alam.

Keterikatan manusia dengan alam adalah sebuah hubungan yang tidak terbantahkan. Apalagi, semua kebutuhan manusia berasal dari alam. Maka dari itu, pelestarian lingkungan adalah cara manusia untuk bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. []

Sign up for a newsletter today!

Want the best of KWFeeds Posts in your inbox?

You can unsubscribe at any time

What's your reaction?

Leave Comment

Related Posts

Celebrity Philantrophy Amazing Stories About Stories