Islami

Doa Rasulullah saat Masuk Pasar

Pasar adalah tempat berkumpulnya masyarakat dan melakukan jual beli untuk memenuhi kebutuhan hidup. Selain punya dampak positif, pasar juga punya sisi negatif misalnya ada pihak yang berniat tidak baik, seperti curang, menipu, mencuri, dan sebagainya.  Mengingat hal tersebut, umat Islam dianjurkan untuk berdoa saat memasuki pasar agar mendapatkan perlindungan dari Allah saat melakukan aktivitas di

Pasar adalah tempat berkumpulnya masyarakat dan melakukan jual beli untuk memenuhi kebutuhan hidup. Selain punya dampak positif, pasar juga punya sisi negatif misalnya ada pihak yang berniat tidak baik, seperti curang, menipu, mencuri, dan sebagainya. 

Mengingat hal tersebut, umat Islam dianjurkan untuk berdoa saat memasuki pasar agar mendapatkan perlindungan dari Allah saat melakukan aktivitas di dalamnya. Hal ini sebagaimana telah diajarkan oleh Rasulullah.

Imam Nawawi dalam kitab Al-Adzkar (Beirut: Dar Ibn Hazm, 2004), halaman 490-491 meriwayatkan dalam kitab At-Tirmidzi dan lainnya, dari sahabat Umar bin Khattab, sesungguhnya Rasulullah Saw bersabda bahwa barangsiapa yang masuk pasar dan membaca doa ini: 

لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِي وَيُمِيْتُ، وَهُوَ حَيٌّ لَا يَمُوْتُ بِيَدِهِ الْخَيْرُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Lâ ilâha illallâhu waḫdahu lâ syarâka lah, lahul mulku walahul hamdu yuhyî wa yumîtu, wa huwa ḫayyun lâ yamût, bi yadihil khairu wa huwa ‘alâ kulli sya’in qadîr.

Artinya: “Tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah Yang Maha Esa tidak ada sekutu bagi-Nya, bagi-Nya kerajaan dan bagi-Nya segala pujian. Dia Yang Menghidupkan dan Mematikan (makhluk) dan Dia Maha Hidup lagi Tidak Akan Mati. Dalam kekuasaan-Nya segala kebaikan dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Maka Allah akan menetapkan baginya berjuta-juta kebaikan, menghapuskan berjuta-juta kesalahan, dan mengangkat berjuta-juta derajat. Sebagian riwayat lain menambahkan bahwa dia juga akan dibangunkan istana dalam surga.

Selain itu, Imam Nawawi juga menjelaskan bahwa saat Rasulullah akan memasuki pasar, beliau membaca doa ini:

بِاسْمِ اللَّهِ اَللّٰهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَ هَذِهِ السُّوْقِ، وَخَيْرَ مَا فِيْهَا، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا فِيهَا ، اَللّٰهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُ بِكَ أَنْ أُصِيْبَ فِيْهَا يَمِيْناً فَاجِرَةً أَوْ صَفْقَةً خَاسِرَةً

Bismillâhi Allahumma innî as’aluka khaira hadzihis sûqi wa khaira mâ fîhâ, wa a‘ûdzubika min syarrihâ wa syarri mâ fîhâ, Allâhumma innî a‘ûdzubika an ushîba fîhâ yamânan fâjiratan shafqatan khâsiratan.

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah, Ya Allah aku memohon kepada-Mu kebaikan dari pasar ini dan kebaikan apa yang ada di dalamnya, dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukannya dan keburukan yang ada di dalamnya, ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari sumpah palsu dan hasil yang merugikan.”

Demikian doa yang diajarkan Rasulullah saat masuk pasar. Diharapkan dengan membaca doa ini Allah selalu memberikan kelancaran, keselamatan, dan keberkahan selama berada di dalam pasar hingga kembali pulang ke rumah. Wallahu a‘lam.

Pengepul kebahagiaan dari temuan abad modern, berupa listrik, internet dan komputer. Hidup harmonis bersama barisan code dan segelas kopi kenangan.

Sign up for a newsletter today!

Want the best of KWFeeds Posts in your inbox?

You can unsubscribe at any time

What's your reaction?

Leave Comment

Related Posts

Celebrity Philantrophy Amazing Stories About Stories