Warga Jakbar diminta manfaatkan internet untuk literasi digital

warga-jakbar-diminta-manfaatkan-internet-untuk-literasi-digital

memungkinkan aksesibilitas yang luas untuk berinvestasi melalui berbagai platform tersebut

Jakarta (ANTARA) – Warga diminta untuk memanfaatkan internet yang salah satunya dipakai sebagai literasi digital  untuk mengetahui informasi mengenai keuangan digital serta investasi, kata Kepala Suku Dinas Kominfotik Jakarta Barat, Andrie Yuswanto.

Menurut dia pemahaman tentang keuangan digital sangat penting karena dengan mudahnya mengakses platform investasi digital.

“Itu memungkinkan aksesibilitas yang luas untuk berinvestasi melalui berbagai platform tersebut,” kata Andrie dalam sosialisasi Jakarta Sadar Olah Literasi Digital (SOLID) bersama Jak WiFi bertajuk ‘Merdeka Finansial Melalui Investasi Digital’ di Jakarta,  Kamis.

Berdasarkan data yang dihimpun ANTARA, dalam survei yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), penetrasi internet di Jakarta mencapai 86,96 persen.

Kemudian berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) DKI Jakarta, presentasi warga Jakarta Barat yang menggunakan internet untuk mendapatkan informasi atau berita sebesar 83,06 persen. Sementara presentasi warga yang menggunakan internet untuk fasilitas finansial sebesar 26,00 persen.

Andrie melanjutkan  berdasarkan statistik Pasar Modal Indonesia jumlah investor individu di Indonesia mencapai lebih dari 12 juta orang.

“Oleh karena itu, hari ini peserta yang hadir adalah generasi muda dari keluarga pegawai di lingkungan Pemkot Jakarta Barat,” jelasnya.

Melalui kegiatan ini, Andrie berharap peserta dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan tentang pilar literasi digital terutama keterampilan dan keamanan digital.

Andire juga menambahkan bahwa, berdasarkan data yang dipublikasi ‘We Are Social’ pada Januari 2024, sebanyak 185 juta orang menggunakan internet di Indonesia atau setara dengan 66,5 persen dari jumlah penduduk. Angka tersebut bertambah sebanyak 0,8 persen dari tahun sebelumnya.

“Dengan banyaknya angka pengguna internet, maka sangat penting bagi masyarakat untuk bijak dalam memanfaatkan teknologi. Salah satu pemanfaatan adalah untuk investasi,” tutur dia.

Baca juga: PSE perlu beri orang tua literasi digital lindungi anak di ruang siber

Baca juga: Wamenkominfo tekankan pentingnya SDM kuasai teknologi terkini

Baca juga: Sivitas akademika diajak jadi pandu digital perkuat literasi digital

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur

Editor: Ganet Dirgantara

Copyright © ANTARA 2024

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Warga Jakbar diminta manfaatkan internet untuk literasi digital

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us