10 Kawasan Elit di Amerika Serikat dengan Biaya Hidup Selangit, Tertarik Tinggal di Sana?

10-kawasan-elit-di-amerika-serikat-dengan-biaya-hidup-selangit,-tertarik-tinggal-di-sana?

Daftar kawasan elit di Amerika Serikat dengan biaya hidup selangit/Foto: Pexels.com/Vlad Alexandru Popa

Siapa yang tak ingin tinggal di Amerika Serikat? Negara yang terkenal dengan kawasan kota metropolitan yang mewah dan berkelas ini, membuat banyak orang ingin datang berkunjung dan menetap untuk mewujudkan “American Dream” mereka.

Hanya saja, ada beberapa kawasan di Amerika Serikat terkenal dengan biaya hidupnya yang sangat tinggi. Jika dibandingkan dengan wilayah lainnya, daerah mewah di Amerika ini memiliki biaya hidup yang tak tanggung-tanggung, bisa mencapai ratusan juta.

Meski begitu, masih ada banyak orang yang tinggal di kawasan elit tersebut. Melansir dari World Population Review 2024, berikut beberapa kawasan elit dengan biaya hidup selangit di Amerika Serikat. Check this out!

1. New York City, New York

New York City/ Foto: Pexels.com/Luis Dalvan

Selain dikenal sebagai kota metropolitan, New York juga menjadi pusat perdagangan dan bisnis terbesar di Amerika Serikat. Tak heran kalau kota ini dijuluki sebagai ‘City That Never Sleep’ atau kota yang tak pernah tertidur.

Kota terbesar di Amerika Serikat ini masih menjadi tempat favorit banyak orang untuk dijadikan tempat tinggal mewah dengan pemandangan gedung pencakar langit yang ciamik.

Harga sewa rata-rata untuk apartemen di sekitar pusat kota berkisar USD3.500 atau setara Rp 53 juta per bulan. Sementara, harga rumah rata-rata sekitar USD2,71 juta atau setara Rp 42 miliar.

Angka tersebut tentunya terbilang sangat fantastis. Maka kamu diharuskan berpenghasilan USD140 ribu atau sekitar Rp 2,2 miliar atau lebih, agar tidak terbebani biaya sewa dan memiliki tempat tinggal yang layak di kawasan mewah ini.

2. San Francisco, California

San Francisco/ Foto: Unsplash.com/Joshua Sortino

Termasuk deretan kota terbaik untuk menetap di Amerika Serikat, San Francisco memiliki rata-rata harga properti, transportasi, hingga bahan makanan yang lebih mahal dibandingkan daerah lainnya.

Nggak heran, harga rumah rata-rata di San Francisco mencapai USD1,4 juta atau sekitar Rp 21,7 miliar. Sementara, untuk harga sewa apartemen di daerah ini mulai dari USD3.704 atau setara Rp 57 juta per bulan.

Meskipun biaya hidup di kawasan mewah ini sangatlah mahal, hal tersebut dinilai sebanding dengan penghasilan yang diperoleh jauh lebih baik daripada di kota-kota besar lainnya di Amerika Serikat.

3. Honolulu, Hawaii

Honolulu/ Foto: Unsplash.com/Spenser Sembrat

Terkenal sebagai surga wisata tropis yang menyajikan pemandangan pantai yang menakjubkan, Honolulu kerap menjadi destinasi wisata incaran para wisatawan mancanegara.

Hanya saja, untuk memiliki tempat tinggal dan menetap di ibu kota Hawaii ini bukanlah perkara mudah. Lantaran biaya hidup yang dibayarkan penduduk Honolulu jauh lebih mahal daripada daerah lainnya.

Berada di urutan atas kawasan elit di Amerika Serikat, biaya perumahan bernilai tiga kali lipat dari rata-rata harga nasional. Harga rumah di sana berkisar USD1,68 juta atau sekitar Rp 26 miliar.

Namun, salah satu keuntungan tinggal di kawasan elit ini adalah sangat ramah pajak bagi keluarga kelas menengah. Bahkan, kota ini disebut tempat yang nyaman untuk para pensiunan karena pajak yang ramah.

4. Boston, Massachusetts

Boston/ Foto: Unsplash.com/Sean Sweeney

Bermimpi tinggal dan menetap di Boston, maka kamu harus siap-siap merogoh kocek dalam untuk membayar sewa tempat tinggal. Lantaran harga sewa apartemen dan rumah di kawasan elit ini termasuk yang tertinggi di Amerika Serikat.

Pada tahun 2022, harga sewa rata-rata apartemen dengan satu kamar tidur mencapai USD2.850 atau sekitar Rp 43 juta per bulan. Sementara, harga rata-rata rumah di Boston mencapai USD1 juta atau sekitar Rp 15 miliar.

Nggak heran, untuk bisa hidup layak di kawasan elit ini, maka dibutuhkan kestabilan penghasilan di atas rata-rata. Sebab, beberapa fasilitas publik seperti transportasi, kesehatan, dan jasa lain-lain membutuhkan biaya lebih mahal daripada rata-rata nasional.

5. Washington D.C

FILE - The sun shines on the dome of Capitol Hill in Washington, Friday, Aug. 12, 2022. A man drove his car into a barricade near the U.S. Capitol early Sunday, Aug. 14, 2022, and then began firing gunshots in the air before fatally shooting himself, police said. (AP Photo/Susan Walsh, File)

Ilustrasi Gedung Capitol AS/Foto: AP Photo/Susan Walsh, File

Meskipun memiliki biaya hidup yang tinggi, tinggal dan menetap di Washington D.C merupakan hal yang menyenangkan karena dekat dengan berbagai lembaga budaya kelas dunia dan tempat-tempat bersejarah seperti Gedung Putih dan Capitol Hill.

Harga bahan makanan, pelayanan kesehatan, dan jasa lain-lain di kawasan elit ini memang lebih mahal daripada daerah lainnya. Untungnya, biaya transportasi di sana tidak terlalu mahal karena sistem bus dan metro yang luas sehingga mencakup perjalanan cukup jauh.

Selain itu, ada banyak museum dan situs bersejarah di Washington D.C yang bisa dikunjungi secara gratis.

Bagaimanapun, harga rata-rata rumah di kawasan ini mencapai USD1,2 juta atau sekitar Rp 19 miliar. Sementara itu, harga sewa apartemen rata-rata berkisar USD3,299 atau setara Rp 51 juta per bulan.

6. Oakland, California

San Francisco Bay Bridge/ Foto: Unsplash.com/Tyler Casey

Tinggal di Oakland, Beauties bisa menikmati keindahan pemandangan Teluk atau mengunjungi jembatan yang menakjubkan, yakni San Francisco Bay Bridge. Jembatan megah yang membentang di atas lautan tersebut menghubungkan kota San Francisco dengan Oakland.

Hanya saja, biaya hidup di kawasan ini terus mengalami peningkatan secara signifikan seiring dengan meningkatnya harga properti dan biaya transportasi.

Harga sewa apartemen dengan satu kamar tidur di pusat kota mulai dari USD1,800 atau sekitar Rp 27 juta. Sementara, harga beli rumah di pusat kota mulai dari USD6,700 atau sekitar Rp 102 juta per meter persegi.

Dekatnya Oakland dengan San Francisco menjadi salah satu alasan tingginya biaya hidup di sini.

7. San Jose, California

San Jose/ Foto: Unsplash.com/Ceser Badilla Miranda

Mendambakan tinggal dan hidup di tempat yang indah dan nyaman? San Jose bisa menjadi pilihan yang tepat. Tinggal di kawasan elit ini, Beauties bisa menikmati pemandangan pohon palem yang berada disepanjang jalanan di pusat kota dan menyaksikan matahari terbenam yang menakjubkan di atas Silicon Valley.

Selain itu, San Jose terkenal sebagai pusat pengembangan teknologi di Amerika dan menjadi tempat bagi banyak perusahaan teknologi seperti Google, Netflix, Apple, Ericsson dan banyak lagi.

Nggak heran, gaji rata-rata di sini mencapai dua kali lipat dari pendapatan nasional, sehingga termasuk salah satu yang tertinggi di negara ini. Namun, hal tersebut sebanding dengan mahalnya biaya hidup dan tempat tinggal di sini.

Harga rata-rata rumah berkisar USD1,8 juta atau setara Rp 28 miliar. Hal ini sejalan dengan biaya kebutuhan rumah, listrik, kendaraan, dan lainnya yang bernilai lebih tinggi dari rata-rata nasional.

8. San Diego, California

San Diego/ Foto: Unsplash.com/Uran Wang

Dengan suhu hangat sepanjang tahun, pantai, dan jalur pendakian yang indah, San Diego menawarkan gaya hidup yang sangat diminati oleh banyak orang. Selain itu, San Diego juga terkenal dengan atraksi berkelas di Amerika Serikat.

Kota ini menawarkan kawasan hiburan yang sering didatangi oleh pengunjung kelas atas dari berbagai belahan negara. Nggak diragukan lagi, hal tersebut mampu menaikkan harga jual dan sewa rumah di kawasan elit ini.

Melansir dari CNBC Indonesia, biaya sewa rumah di San Diego mulai dari USD1,200 atau sekitar Rp 18 juta per bulan. Sementara untuk biaya hidup membutuhkan USD3,903 atau sekitar Rp 60 juta per bulan, dan setahun sekitar USD46,834 atau setara Rp 720 juta.

9. Los Angeles, California

Los Angeles/ Foto: Unsplash.com/Olenka Kotyk

Selain cuaca kotanya yang menyenangkan, berbagai tempat hiburan, restoran, dan museum seni yang terkenal di dunia menjadi daya tarik utama kota ini. Karena hal tersebut, masyarakat bersaing untuk mendapatkan perumahan yang terbatas sehingga menaikkan biaya jualnya.

Harga rata-rata rumah di Los Angeles mencapai USD1,28 juta atau setara Rp 20 miliar. Sementara, harga sewa rata-rata bernilai dua kali lipat lebih tinggi dari rata-rata di Amerika Serikat.

Selain biaya tempat tinggal, biaya transportasi juga 28% lebih mahal daripada rata-rata nasional. Sedangkan biaya bahan makanan, kesehatan, dan jasa lain-lain hanya naik sekitar 5% hingga 17% lebih mahal dari harga rata-rata di Amerika Serikat.

10. Miami, Florida

Miami/ Foto: Unsplash.com/Antonio Cueller

Tidak hanya menawarkan pesona pantai yang memesona, Miami juga terkenal dengan wisata sejarah dan budayanya. Nggak heran banyak pengunjung berbondong-bondong datang ke kota ini.

Bangunan di Miami terkenal dengan gaya arsitektur Art Deco yang menakjubkan. Berkunjung ke sana, Beauties juga bisa menemukan beberapa bangunan awal abad ke-12 dengan warna pastel yang estetik.

Keindahan pemandangan alam dan bangunan yang ada di kota membuat banyak orang tertarik untuk membeli dan menempatinya. Namun perlu diketahui bahwa biaya hidup di Miami termasuk salah satu yang paling mahal.

Harga sewa apartemen di pusat kota mulai dari USD1,300 atau setara Rp 20 juta dengan satu kamar tidur. Sementara, harga beli rumah di pusat kota mulai dari USD5,158 atau sekitar Rp 79 juta per meter persegi.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
10 Kawasan Elit di Amerika Serikat dengan Biaya Hidup Selangit, Tertarik Tinggal di Sana?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us