Menuju Petani Sejahtera, Genta Pangan Pasuruan Raya Gelar Deklarasi

menuju-petani-sejahtera,-genta-pangan-pasuruan-raya-gelar-deklarasi

Pasuruan, jurnal9.tv -Genta Pangan Pasuruan Raya menggelar Deklarasi di Taman Candra Wilwatikta, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Minggu (06-10-2024). Sebanyak 28 Korcam dan 398 Kordes dikukuhkan. Dengan adanya Genta Pangan, diharapkan dapat mensejahterakan para petani dan peternak.

Genta Pangan hadir untuk mengawal kemandirian pangan Indonesia dengan mendorong produksi pangan lokal, memberdayakan petani, dan mengoptimalkan sumber daya alam secara berkelanjutan.

Untuk meningkatkan program tersebut, Genta Pangan Pasuruan Raya menggelar pemantapan dan pengukuhan Koordinator Kecamatan (Korcam) dan Koordinator Desa (Kordes) se Kabupaten dan Kota Pasuruan.

Sebanyak 28 Korcam dan 398 Kordes dikukuhkan oleh Samsul Bahri, Ketua Genta Pangan Pasuruan Raya.

Ketua Samsul Bahri juga mendampingi Deklarasi masing-masing korcam dan kordes secara bergantian.

Dalam sambutannya, Samsul Bahri menjelaskan bahwa hadirnya genta pangan juga dikarenakan banyak sawah yang beralih fungsi.

Genta Pangan ingin mensejahterakan petani bersama-sama menjadi pelaku usaha.

“Dengan adanya genta pangan mudah-mudahan kepastian petani bisa terealisasi. Sistem Genta adalah sistem industrial, mulai dari pembibitan hingga pemasaran dicover semua oleh Genta. Sehingga dengan turunnya Genta Pangan, petani dan peternak bisa sejahtera,” ujar Wahyu Baharudin Harianto, Penasehat Genta Pangan Pasuruan Raya.

Acara tersebut juga dihadiri Agus Sudarsono, Ketua Genta Pangan Jawa Timur dan Achmad, Sekretaris Genta Pangan Jawa Timur.

Dalam sambutannya, Agus Sudarsono menjelaskan bahwa Genta Pangan dipersiapkan untuk mendukung program Presiden terpilih yakni Makan Bergizi Gratis.

Genta Pangan hadir menyiapkan bahan bakunya seperti padi, jagung, sayuran, ikan segar, ayam petelur, ayam pedaging, sapi perah serta sapi potong.

Menurut keterangan Achmad, program tersebut difokuskan untuk tanam padi terlebih dahulu. Bantuan akan diberikan setiap jelang musim tanam.

Bantuan yang diberikan diantaranya permodalan, pupuk, bibit, obat, tata kelola irigasi, serta tata kelola pemasaran.

Pihaknya juga menambahkan, bantuan akan terus diberikan selama petani bersinergi dan tidak melanggar perjanjian-perjanjian Genta Pangan.

“Pasuruan potensinya sangat luar biasa dari pertanian padi dan jagung. Di Pasuruan juga penghasil komoditi terbaik kentang, sapi potong, dan sapi perah. Insya Allah Pasuruan Raya secara kepengurusan sudah sangat siap,” terang Achmad.

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Menuju Petani Sejahtera, Genta Pangan Pasuruan Raya Gelar Deklarasi

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us