Vlogger Korea Utara, antara hal baru dan ‘propaganda pemerintah’ – BBC News Indonesia

Vlogger Korea Utara, antara hal baru dan ‘propaganda pemerintah’ – BBC News Indonesia

Tampilan lawas khas Korea Utara yang disajikan lewat media milik pemerintah di sana, sekarang mulai bersolek menjadi lebih segar.

Media pemerintah Korea Utara menampilkan para vlogger untuk memperkenalkan Pyongyang yang maju dan ditayangkan lewat kanal YouTube.

Namun para ahli menilai, pembaruan tampilan itu semata-mata untuk propaganda ‘menyembunyikan’ fakta sesungguhnya yang terjadi di Korut.

“Adegan di dalam restoran seperti dibuat-buat,” kata Sandra Fahy, ahli Korea Utara. Video yang diunggah itu juga berbahasa Inggris. “Targetnya adalah anak muda, diunggah melalui Twitter dan YouTube,” jelas Colin Zwirko, jurnalis dari NK News.

============
Berlangganan channel ini di: https://bit.ly/2Mkg9hY
Instagram: https://www.instagram.com/bbcindonesia/
Twitter: https://twitter.com/BBCIndonesia
Facebook: https://www.facebook.com/BBCNewsIndonesia/

#bbcindonesia #KoreaUtara #NorthKorea

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Vlogger Korea Utara, antara hal baru dan ‘propaganda pemerintah’ – BBC News Indonesia

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 Comment

  1. 11 September 2020, 07:30

    Ini kayak orang islam, di tv nasional ceramahnya damai-sejuk, tapi ternyata di balik layar ANARKIS…. Pencitraannya "agama damai", tetapi di mana-mana selalu bawa kekacauan, teror, dan rasa takut atas nama "dewa arab" yg mereka angkat jadi tuhan…. giliran ada bom meledak setelah membaca mantra "allohhuakbar" eh malah bikin teori konspirasi, katanya bukan islam lah, islam gak ngajarin gitulah…. PADAHAL SUDAH SANGAT JELAS seperti apa sekte yg ngaku2 agama ini…

    Reply
  2. 22 September 2020, 12:19

    Saya pernah dengar/baca bahwa ada 6 orang warga negara korut yg memutuskan untuk pindah ke korsel. Sedangkan, ada 2 orang warga negara korsel yg memutuskan untuk pindah ke korut. Well, 6 orang warga korut yg pindah ke korsel sih sangat SANGAT dimengerti alasannya karena seperti banyak rumor yg mengatakan bahwa korut sangat SANGAT buruk dalam hal memperlakukan warganya sendiri. Sedangkan, yg menjadi pertanyaan saya adalah…kenapa warga korsel yg SEPERTI kita tahu dengan segala hingar-bingar negara mereka malah memutuskan untuk pindah ke korut??
    Dengan rumor2 tentang korut yg tersebar di manca negara, siapa sih yg mau pindah??

    Reply
  3. 22 March 2021, 01:01

    jujur, gw lebih demen dokumenter nya DW ama natgeo pas jalan ke DPRK nya sendiri dibanding vlog pemerintahan mereka. selain lu tau kehidupan mereka, lu juga ngerti keseharian mareka sampe kalo hari libur, mereka biasa nya ngapain (DW lumayan lebih lengkap liputan nya soal DPRK)

    Reply
  4. 24 July 2021, 04:35

    Based true korea

    Reply
  5. 9 September 2021, 13:10

    Setidaknya kita bisa melihat wajah – wajah asli Korea

    Reply
  6. 10 January 2022, 13:53

    Semua komen ini ngebela Korut. Cuman bilang aja. Kalo ngeliat video dichannelnya, akan kelihatan kaku. Kayak discript. Dan plus, kita itu udh tau apa yg Korut coba untuk lakukan buat bikin video video vlog yg keliatan kaku banget tu, buat propaganda. Mereka itu negaranya sosialis. Dan plus, mereka gunain video vlog itu buat nyembunyiin pelanggaran HAM yg mereka telah lakukan ke warganya. Saya nggak bilang kalo negara barat itu bagus kok. Mereka jahat juga.

    Reply
  7. 5 March 2023, 05:13

    Saya lebih setuju korea tetap terpisah sesuai jalanya masing2 namun dengan catatan korea utara bisa lebih terbuka dengan dunia luar, sehingga akan berdampak positif untuk perkembangan negaranya sendiri. Segelintir rasa ke khawatiran saya ketika semenanjung korea bergabung maka akan banyak diskriminasi dan kesenjangan sosial karena perbedaan yang sudah berlangsung sekian lama.

    Reply
  8. 16 September 2023, 11:46

    ini adalah langkah awal korut untuk menjadi negara yang terbuka, sebuah itikad baik dari negara yang dibenci dunia.

    semoga kedepannya keluarga Kim akan memperlakukan rakyatnya dengan lebih baik.

    Reply
Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us