Kraken Menantang Label Sekuritas SEC Terhadap Aset Digital

kraken-menantang-label-sekuritas-sec-terhadap-aset-digital

Bursa aset kripto terpusat Kraken menantang Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) dengan menyangkal label sekuritas pada aset digital.

Regulator tersebut mengklaim Kraken melanggar hukum sekuritas federal ketika menawarkan aset digital tertentu yang dianggap sebagai sekuritas yang tidak terdaftar.

Kraken Menentang Tuduhan SEC Terhadap Aset Digital

Kraken menyatakan bahwa ADA, ALGO, SOL, dan aset lainnya tidak memenuhi definisi hukum sekuritas menurut hukum AS. Bursa tersebut juga mengecam SEC karena kurangnya kejelasan, dan menuduhnya melakukan overreach regulasi.

Baca lebih lanjut: Regulasi Kripto: Apa Manfaat dan Kerugiannya?

Kraken Denies SEC Claims
Kraken Menyangkal Klaim SEC. Sumber: Pengajuan Pengadilan

Dalam pembelaannya, Kraken mengutip putusan Howey, sebuah kasus penting Mahkamah Agung yang menjadi acuan untuk menentukan apa yang merupakan kontrak investasi. Dengan acuan ini, bursa tersebut menantang bahwa SEC gagal menunjukkan bahwa token yang disebutkan memenuhi kriteria yang diuraikan dalam kerangka Howey dan, dengan demikian, tidak berada di bawah yurisdiksi SEC.

“SEC tidak memiliki wewenang untuk mengatur platform perdagangan aset digital Kraken […] karena Aset Digital tersebut bukan sekuritas atau kontrak investasi,” tertulis dalam pengajuan tersebut.

Kraken, oleh karena itu, mendorong untuk diadakan persidangan oleh juri, mengatakan bahwa SEC menghalangi upayanya untuk mendaftar atau bekerja sama. Bursa tersebut berargumen bahwa regulator secara konsisten “menghalangi” dengan menggunakan peraturan dan panduan yang tidak konsisten.

Beberapa anggota komunitas telah mengkritik tes Howey, berargumen bahwa itu terlalu luas dan tidak memperhitungkan kompleksitas struktur investasi atau teknologi modern. Akibatnya, tes tersebut mungkin tidak selalu mengklasifikasikan jenis transaksi tertentu secara akurat dalam lanskap keuangan yang semakin kompleks saat ini.

“Masalahnya adalah tes Howey terlalu generik. Kenyataannya, banyak aset kripto tidak lulus tes spesifik itu. Namun, itu tidak mempertimbangkan nuansa dari apa yang dimaksudkan sebagai sekuritas,” komentar seorang pengguna X di sini.

Ini bukan pertama kalinya SEC mendapat kritik karena memberi label aset digital sebagai sekuritas. Pada Juni 2023, regulator tersebut mengklaim bahwa beberapa aset kripto yang diperdagangkan di Binance, Coinbase, dan Robinhood dianggap sebagai sekuritas, klaim yang segera ditantang oleh eksekutif kripto.

Baca Lebih Lanjut: Siapa Gary Gensler? Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang Ketua SEC

Baru-baru ini, SEC merevisi posisinya dengan mengubah pengaduannya terkait “Sekuritas Aset Kripto Pihak Ketiga.” Regulator tersebut menjelaskan bahwa istilah tersebut merujuk pada kontrak yang terkait dengan penjualan aset kripto, bukan aset itu sendiri. Pembaruan ini berasal dari penggunaan kata-kata dalam Catatan Kaki 6 dari pengaduan yang diubah melawan Binance.

Penyangkalan

Seluruh informasi yang terkandung dalam situs kami dipublikasikan dengan niat baik dan bertujuan memberikan informasi umum semata. Tindakan apa pun yang dilakukan oleh para pembaca atas informasi dari situs kami merupakan tanggung jawab mereka pribadi.

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Kraken Menantang Label Sekuritas SEC Terhadap Aset Digital

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us