Lagu-lagu Perjuangan Penjaga Keutuhan dan Patriotisme Bangsa

Lagu-lagu Perjuangan Penjaga Keutuhan dan Patriotisme Bangsa

Banyak lagu perjuangan di masa perang kemerdekaan Indonesia (1945-1949) yang sering diputar ketika hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia (setiap 17 Agustus). Tentu saja lagu-lagu tersebut tidak asal dibuat oleh para komposer kita. Lalu apa maksud dari setiap penciptaan lagu-lagu perjuangan tersebut ya?

Beberapa maksud dan tujuan dari penciptaan lagu wajib nasional ini yaitu merupakan salah satu bagian dari elemen upaya doktrin dan juga pembentukan karakter dasar pada diri generasi penerus bangsa agar tetap muncul untuk selalu membela, mencintai dan mempertahankan tanah air Indonesia. Selain itu lagu nasional juga masuk ke dalam lagu penyemangat dan juga perlambang kebanggaan masyarakatnya akan sebuah negara. Sehingga lagu nasional tidak boleh berhenti dinyanyikan atau dikumandangkan.

Mengapa harus mengetahui atau peduli akan lagu nasional? pertanyaan ini mungkin sering muncul terutama di kalangan anak muda. Sebenarnya terdapat banyak sekali manfaat atau fungsi lagu wajib nasional yang belum banyak diketahui oleh orang lain pada umumnya. Selain itu di antara dari sekian banyaknya lagu wajib nasional yang diciptakan sebenarnya memiliki tujuan yang sama, diantaranya yaitu untuk menanamkan dan menumbuhkan rasa cinta tanah air, menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, mereduksi sifat-sifat kedaerahan bangsa, menumbuhkan sifat rela berkorban baik jiwa maupun raga dan harta demi bangsa dan negaranya, menghargai jasa para pahlawan yang telah gugur membela dan mempertahankan bangsa Indonesia, dan menumbuhkan semangat perjuangan Indonesia untuk tetap menyala dalam sanubari generasi muda penerus bangsa, dan lain-lain.

Dikutip dari Mintargo (2017), pada masa perang kemerdekaan penyebaran jenis lagu ini biasanya dilakukan secara lisan seperti mendengar siaran radio, melalui perorangan atau kelompok perkumpulan masyarakat ssuai dengan perkembangan politik pada saat itu. Siaran radio ternyata banyak dimanfaatkan oleh para guru di daerah, mereka mencatat lagu-lagu Indonesia baik melodi maupun syairnya, untuk dilestarikan, kemudian diajarkan kepada murid-murid sekolah swasta yang tidak dikelola oleh pemerintah penjajahan (NonGovernment) sebagai mata pelajaran nilai-nilai patriotisme (Wisnu, 2001: 66). Kondisi tersebut di atas secara bertahap mengalami kemajuan dan memiliki komunitas tersendiri guna mengimbangi lagu-lagu asing yang populer saat itu. Hal ini
membuktikan bahwa bangsa Indonesia berhasil membina persatuan dan kesatuan dengan mengambil alih lagu tersebut untuk tujuan sarana pendidikan kesadaran politik nasional. Terutama pada dekade akhir masa transisi kekuasaan Jepang dan awal penjajahan Belanda yang kembali melancarkan agresinya di Indonesia.

#IndonesiaBaik #Kemerdekaan #YangMudaSukaData

Follow our social media

Facebook: https://www.facebook.com/IndonesiaBai
Instagram: https://www.facebook.com/IndonesiaBai
Twitter: https://twitter.com/indonesiabaikid

http://indonesiabaik.id/

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Lagu-lagu Perjuangan Penjaga Keutuhan dan Patriotisme Bangsa

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us