Paus Fransiskus puji kebijakan Singapura mendukung kelompok rentan, berharap perhatian khusus untuk yang miskin dan lansia

paus-fransiskus-puji-kebijakan-singapura-mendukung-kelompok-rentan,-berharap-perhatian-khusus-untuk-yang-miskin-dan-lansia

SINGAPURA: Paus Fransiskus memuji kebijakan Singapura untuk mendukung kelompok yang paling rentan, seraya menambahkan bahwa ia berharap perhatian khusus akan diberikan kepada orang miskin dan lansia.

Berbicara dalam pidato kenegaraan pada hari Kamis (12 September) selama kunjungannya ke Singapura, ia mencatat bahwa kerja keras anggota masyarakat miskin dan lansia telah meletakkan fondasi bagi negara saat ini.

Dalam pidatonya dalam bahasa Italia, Paus Fransiskus juga menyerukan Singapura untuk melindungi martabat pekerja migran. “Para pekerja ini memberikan kontribusi besar bagi masyarakat dan harus dijamin upah yang layak,” katanya di University Cultural Centre, menurut terjemahan pidatonya yang disediakan oleh Vatikan.

Paus Fransiskus tiba di Singapura pada hari Rabu untuk perjalanan terakhir dari empat negara tujuan kunjungannya ke Asia-Pasifik.

Tur pria berusia 87 tahun itu ke kawasan tersebut berlangsung selama 12 hari, perjalanan terpanjangnya sejak menjadi kepala Gereja Katolik pada tahun 2013.

Pada Kamis pagi, Paus Fransiskus disambut di Gedung Parlemen tempat ia bertemu dengan Presiden Tharman Shanmugaratnam dan Perdana Menteri Lawrence Wong.

Ia juga menamai hibrida anggrek dengan namanya.

Dalam pidato kenegaraannya, Paus Fransiskus memuji kisah Singapura sebagai kisah pertumbuhan dan ketahanan, seraya menambahkan bahwa negara tersebut telah mencapai tingkat pembangunan yang maju “yang hanya dapat berasal dari keputusan yang rasional dan bukan secara kebetulan”.

“Penting bagi Singapura untuk tidak hanya makmur secara ekonomi, tetapi juga berupaya membangun masyarakat yang menjunjung tinggi keadilan sosial dan kebaikan bersama,” katanya, seraya mencatat kebijakan perumahan umum Singapura, pendidikan berkualitas tinggi, dan sistem perawatan kesehatan yang efisien.

“Dalam hal ini, saya ingin menyoroti risiko yang ditimbulkan jika hanya berfokus pada pragmatisme atau menempatkan prestasi di atas segalanya, yaitu konsekuensi yang tidak diinginkan dari pembenaran pengecualian mereka yang terpinggirkan dari manfaat kemajuan.”

Paus Fransiskus dan Presiden Singapura Tharman Shanmugaratnam dalam pidato kenegaraan Paus pada 12 September 2024. (Foto: CNA/Syamil Sapari)

Menggambarkan Singapura sebagai mosaik suku, budaya, dan agama yang hidup bersama dalam harmoni, Paus Fransiskus mengatakan inklusivitas ini difasilitasi oleh ketidakberpihakan otoritas yang terlibat dalam dialog konstruktif dengan semua pihak.

Saling menghormati, kerja sama, dialog, dan kebebasan untuk menjalankan keyakinan dalam batasan hukum memungkinkan keberhasilan dan stabilitas negara, katanya.

“Hal-hal tersebut diperlukan untuk menghindari konflik dan kekacauan, dan sebaliknya menyediakan pembangunan yang seimbang dan berkelanjutan,” tambahnya.

Gereja Katolik di Singapura telah memberikan kontribusinya sendiri yang khas bagi kemajuan negara, khususnya di bidang pendidikan dan perawatan kesehatan, kata Paus Fransiskus.

Mencatat bahwa perjalanannya dilakukan 43 tahun setelah Singapura secara resmi menjalin hubungan dengan Takhta Suci, ia menambahkan bahwa tujuan kunjungannya adalah untuk meneguhkan iman umat Katolik.

Di tengah konflik dan perang di seluruh dunia, Singapura memiliki peran untuk dimainkan di tingkat internasional, kata Paus Fransiskus, mencatat fokus negara tersebut pada multilateralisme dan mempromosikan tatanan berbasis aturan untuk semua.

“Saya mendorong Anda untuk terus bekerja demi persatuan dan persaudaraan umat manusia dan kebaikan bersama semua orang dan semua bangsa, dengan cara yang tidak mengecualikan orang lain atau dibatasi pada kepentingan nasional Anda,” tambahnya.

SUARA GLOBAL BERSEMANGAT

Berbicara di hadapan Paus Fransiskus, Presiden  Tharman mencatat bahwa Paus telah menjadi “suara global yang bersemangat” menentang perang, mempromosikan kerukunan dan dialog antara berbagai kelompok dan agama.

Warga Singapura sangat menghargai keberadaan mereka di negara tempat berbagai komunitas etnis dan agama hidup berdampingan secara damai, kata Presiden Tharman.

“Keberagaman ditoleransi di Singapura, tetapi kini keberagaman menjadi lebih dari itu. Keberagaman dianut dan dipandang sebagai sesuatu yang memperkaya kehidupan kita,” imbuhnya, seraya mencatat peran masing-masing pemimpin agama dan komunitas mereka.

“Semua ini tidak terjadi begitu saja. Ini merupakan hasil kerja keras pembangunan bangsa selama beberapa dekade.”

Paus Fransiskus juga menekankan peran keluarga, seraya menambahkan bahwa fondasi yang dibangun keluarga sedang ditantang oleh kondisi sosial saat ini.

Keluarga harus diizinkan untuk menyampaikan nilai-nilai yang “memberikan makna dan bentuk pada kehidupan”, dan untuk mengajarkan kaum muda cara membentuk hubungan yang solid dan sehat.

“Upaya untuk mempromosikan, melindungi, dan mendukung persatuan keluarga melalui kerja berbagai lembaga karenanya patut dipuji.”

Selama pertemuan mereka, PM Wong menegaskan kembali hubungan jangka panjang Singapura dengan Vatikan, dan menyoroti kontribusi Gereja Katolik pada bidang-bidang seperti perawatan kesehatan dan pendidikan, kata Kementerian Luar Negeri (MFA).

“Kedua pemimpin mengakui bahwa dunia menghadapi banyak tantangan, dan menyatakan keyakinan bahwa masyarakat akan maju dengan mengatasi hambatan-hambatan ini,” tambah MFA.

Wong dan Paus Fransiskus juga berharap untuk memperkuat hubungan bilateral.

Paus Fransiskus juga mengadakan pertemuan pribadi dengan Menteri Senior Lee Hsien Loong pada hari Kamis.

“Kami melakukan diskusi mendalam tentang Singapura dan bagaimana kami menjaga komunitas multikultural dan multiagama kami tetap berkembang,” kata Lee dalam sebuah posting Facebook.

“Paus Fransiskus telah menjadi suara yang konsisten untuk perdamaian, empati, dan martabat setiap manusia. Masyarakat kita yang multiras dan multiagama memungkinkan agama-agama besar di sini tidak hanya untuk hidup dan beribadah bersama, tetapi juga untuk bekerja sama membangun masyarakat yang lebih toleran dan tangguh.”

Lee juga menyampaikan harapannya bahwa kunjungan Paus tidak hanya menyemangati umat Katolik tetapi juga semua orang yang telah mendengar “pesan harapan dan keteguhan moral”-nya.

Ia menambahkan bahwa ia senang Paus memilih Singapura sebagai tempat perhentian terakhir dalam lawatannya di Asia-Pasifik dan mendoakannya agar perjalanannya aman sebelum kembali ke Kota Vatikan pada hari Jumat.

Dapatkan informasi menarik lainnya dengan bergabung di WhatsApp Channel CNA.id dengan klik tautan ini. 

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Paus Fransiskus puji kebijakan Singapura mendukung kelompok rentan, berharap perhatian khusus untuk yang miskin dan lansia

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us