Rasulullah Melarang Keras Menelantarkan Anak

rasulullah-melarang-keras-menelantarkan-anak

Mubadalah.id – Dalam Islam, menelantarkan anak merupakan perbuatan yang terlarang keras dan memiliki konsekuensi yang serius. Hal ini sebagaimana Nabi Muhammad telah menegaskan dalam sabdanya:

كَفَى بِالْمَرْءِ إِثْمًا أَنْ يُضَيِّعَ مَنْ يَقُوتُ

Artinya, “Cukuplah dosa bagi seseorang dengan ia menyia-nyiakan orang yang ia tanggung.” (HR Abu Dawud dan al-Nasa’i dalam Sunan al-Kubra).

Dalam riwayat lain yang serupa, Imam Muslim meriwayatkan sebuah hadits:

كَفَى بِالْمَرْءِ إِثْمًا أَنْ يَحْبِسَ عَمَّنْ يَمْلِكُ قُوتَهُ

Artinya, “Cukuplah disebut berdosa orang-orang yang menahan (memberi) makan (pada) orang yang menjadi tanggungannya.” (HR. Muslim).

Dari dua hadis di atas, kita dapat memahami bahwa sudah menjadi kewajiban bagi orang tua terutama seorang kepala keluarga untuk memberikan kebutuhan nafkah anak-anaknya. Sehingga apabila orang tua menelantarkan anak-anaknya dan tidak menafkahi dan mencukupi kebutuhan mereka maka ia akan berdosa.

Membincang Nafkah

Imam al-Munawi mengkhususkan konteks hadis ini dengan menyinggung para kepala keluarga yang dinilai mampu memberikan nafkah kepada istri, anak, hingga orang tuanya. Namun dia malah menelantarkan mereka. (Faidh al-Qadir 4/552)

Ibnu Ruslan dalam syarahnya terhadap kitab Sunan Abi Dawud (8/108), beliau menjelaskan hadis di atas bahwa  maksudnya “menahan” dalam hadits di atas adalah menahan nafkah pada orang-orang yang seharusnya ia nafkahi seperti anak, istri, dan orang tua. Sedangkan dia malah memberikan harta itu pada orang lain, meskipun itu berupa sedekah.

Padahal sedekah untuk orang lain hukumnya tidak wajib, terlebih keluarganya membutuhkan harta tersebut. Adapun menafkahi anak dan keluarganya, di mana mereka adalah bagian dari individu yang menjadi tanggungan seorang suami lebih utama pahalanya, sedangkan menelantarkan mereka merupakan perbuatan dilarang dan berdosa.

Imam Syafi’i juga pernah menerangkan bahwa sebagaimana telah dijelaskan oleh Alquran dan hadits merupakan kewajiban seorang ayah untuk berlaku baik dalam melayani kebutuhan anak-anaknya berupa pemberian ASI, nafkah, sandang, dan pelayanan. Sehingga kewajiban.orang tua terhadap anak bukan hanya melengkapi kebutuhan anak dalam segi materi saja. Namun juga memenuhi kebutuhan mereka secara rohani, jasmani, maupun sosial.

Tanggung Jawab Orang Tua

Rasulullah sebagai uswah hasanah, merupakan seorang ayah telah mengajarkan kepada kita bahwa orang tua memiliki tanggung jawab untuk memberikan pengasuhan, perlindungan, kasih sayang, dan pendidikan kepada anak bahkan sejak ada dalam kandungan.

Dalam riwayat, Nabi terkenal sebagai sosok yang pengasih dan dekat dengan anak cucunya, ia tidak segan untuk menggendong, mengusap, dan mencium dengan penuh kasih sayang. Sementara dalam ilmu psikologi, kasih sayang orang tua ini akan membentuk  kepribadian anak dan keterampilan sosialnya.

Dalam hukum negara kita, juga terdapat UU Perlindungan Anak yang mengatur kewajiban atau tanggung jawab sebagai orang tua. Di antaranya, orang tua berkewajiban:

Mengasuh, memelihara, mendidik, dan melindungi anak. Menemani tumbuh kembang anak sesuai dengan kemampuan, bakat, dan minatnya. Mencegah terjadinya perkawinan pada usia anak. Memberikan pendidikan karakter dan penanaman nilai budi pekerti pada anak. Dilarang menelantarkan dan wajib memberikan kehidupan, perawatan, atau pemeliharaan anak. (Pasal 26 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2015)

Di sinilah pentingnya bagi setiap pasangan suami istri untuk mempersiapkan segala hal, termasuk finansial, kematangan emosi, serta kesiapan mental dalam pernikahan, sehingga baik seorang ayah maupun ataupun ibu ketika memiliki anak telah siap untuk mengemban tugas dan tanggung jawabnya sebagai orang tua terhadap anak. Karena telah ada penjelasan  bahwa Rasulullah melarang keras menelantarkan anak. Di mana hal itu merupakan perbuatan dosa. Wallah a’lam. []

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Rasulullah Melarang Keras Menelantarkan Anak

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us