Tahapan Perkembangan Anak

Tahapan Perkembangan Anak

Tahapan Perkembangan Anak
Orang tua berperan sangat penting dalam perkembangan anak. Banyak hal yang bisa dilakukan keluarga pada perkembangan bayi umur 0-6 bulan. Keluarga harus sering memeluk dan menimang bayi dengan penuh kasih sayang.
Pada usia 1 bulan, bayi bisa menatap ibu, mengeluarkan suara o…o… , tersenyum, menggerakkan tangan dan kaki. Usia 3 bulan, bayi bisa mengangkat kepala tegak ketika tengkurap, tertawa, menggerakkan kepala ke kiri dan kanan, membalan tersenyum ketika diajak bicara, mengoceh spontan.
Saat bayi usia 0-3 bulan yang bisa dilakukan keluarga yaitu, menggantungkan benda berwarna cerah yang bergerak dan bisa dilihat bayi, menatap mata bayi dan ajak tersenyum, bicara dan bernyanyi. Selain itu, perdengarkan musik/suara kepada bayi. Mulai 3 bulan, bawa bayi ke luar rumah untuk memperkenalkan lingkungan sekitar.
Usia 6 bulan, bayi bisa berbalik dari telungkup ke telentang, mempertahankan posisi kepala tetap tegak, meraih benda yang ada di dekatnya, menirukan bunyi, menggenggam mainan, tersenyum ketika melihat mainan/gambar yang menarik
Dalam perkembangan bayi usia 3-6 bulan, orang tua dan anggota keluarga lainnya perlu melakukan hal berikut kepada bayi. Sering telungkupkan bayi, gerakkan benda ke kiri dan kanan di depan matanya, perdengarkan berbagai bunyi-bunyian, beri mainan benda yang besar dan berwarna.
Bawa anak 3 bulan – 2 tahun setiap 3 bulannya ke fasilitas yang menyediakan pelayanan Stimulasi, Deteksi, dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang (SDIDTK).

Follow our social media

Facebook: https://www.facebook.com/IndonesiaBaikId/
Instagram: https://www.facebook.com/IndonesiaBaikId/
Twitter: https://twitter.com/indonesiabaikid

http://indonesiabaik.id/

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Tahapan Perkembangan Anak

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us