Sui Muncul sebagai ‘Pembunuh Solana’ yang Potensial dalam Pertarungan Blockchain: Para Ahli Menimbang

sui-muncul-sebagai-‘pembunuh-solana’-yang-potensial-dalam-pertarungan-blockchain:-para-ahli-menimbang

Sui telah mendapatkan reputasi karena inovasi teknisnya, tetapi apakah ia akan menjadi “Pembunuh Solana” berikutnya? Para ahli industri menilai kekuatan relatif kedua platform tersebut.

Komunitas yang sudah ada di Solana memberikan keuntungan, tetapi tidak boleh berpuas diri.

Sui si “Pembunuh Solana”

Sui dan Solana adalah kedua blockchain Layer-1 yang sedang membuat heboh di ruang aset kripto, meskipun dengan profil yang sangat berbeda. Solana adalah salah satu aset kripto terbesar saat ini, dengan rumor yang beredar bahwa ia mungkin menjadi kandidat untuk exchange-traded fund (ETF) ketiga. Di sisi lain, Sui adalah blockchain yang masih muda, yang bertujuan untuk mengungguli Solana dalam fitur-fitur menariknya.

Baca Lebih Lanjut: Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang Blockchain Sui

Sui telah disebut sebagai “pembunuh Solana” karena pengembangnya yang tajam dan kemampuan yang terus berkembang, tetapi secara keseluruhan pendapatnya bercampur. Misalnya, Guy Turner dari podcast Coin Bureau telah menyatakan bahwa Sui “memenuhi kriteria aset kripto yang bisa diikuti oleh ritel.”

Namun, ia menambahkan bahwa “permintaan tidak bergerak ke arah yang benar dan ini menimbulkan masalah untuk harga Sui.” Sekilas melihat Reddit menunjukkan skeptisisme intens dari anggota komunitas. Tetapi bagaimana dengan pengembang yang lebih terkemuka?

Tim Kravchunovsky, CEO Chirp, mengejutkan komunitas pada bulan Juli ketika ia memilih Sui daripada Solana untuk membangun infrastruktur Jaringan Infrastruktur Fisik Terdesentralisasi (DePIN) Chirp. Dalam sebuah wawancara, ia mengklaim bahwa jumlah gangguan Solana membuat timnya berpikir ulang.

Sui memang belum mengalami ledakan popularitas seperti Solana. Namun, protokol muda ini, nampaknya memiliki beberapa keunggulan teknis yang memotivasi pilihan Kravchunovsky.

“Solana tampaknya kesulitan mengatasi peningkatan popularitasnya sendiri. Itu adalah ‘bendera merah’. Dalam ekosistem yang berinovasi secepat blockchain, akan selalu ada pengembangan inovatif yang meningkatkan penawaran yang ada dan melampaui mereka. Kami percaya Sui adalah persis itu – semacam Solana 2.0, jika Anda mau. Saya tidak akan ragu untuk merekomendasikan Sui sebagai pilihan teratas untuk jaringan yang kuat dan skalabel,” ucap Kravchunovsky.

Raoul Pal, CEO dan pendiri Global Macro Investor, membagikan sentimen bullish ini. Pal menunjukkan sejumlah tren positif dalam kinerja terkini Sui. Yang paling menonjol, ia menunjukkan bagaimana Sui berhasil tren naik dalam pasar yang stagnan, mengklaim bahwa “kekuatan relatif dalam pasar yang stagnan layak untuk diperhatikan.”

Grafik harga Sui September 2024
Kinerja Harga Sui. Sumber: Raoul Pal

Solana Memiliki Pengalaman Pengguna yang Lebih Baik

Meskipun demikian, tidak semua orang yakin dengan manfaat teknis yang diklaim ini. Sebuah buletin mingguan dari 21Shares menarik perhatian pada fakta bahwa basis pengguna Solana saat ini jauh lebih stabil.

“Daya tarik Sui sebagian besar didorong oleh lonjakan aktivitas,” klaimnya, tetapi “Solana memiliki pertumbuhan alamat aktif yang lebih berkelanjutan.”

Sui dapat membanggakan beberapa periode pertumbuhan pengguna yang mengesankan, tetapi semuanya stagnan atau meleleh sama sekali. Solana memiliki progresi yang lebih stabil.

Baca Lebih Lanjut: Apa Itu Solana (SOL)?

Kylebuildsstuff juga mengulas manfaat Sui dari perspektif pengembang. Ia mengklaim lebih memilih Sui berdasarkan pengalamannya sendiri dan mengatakan itu meningkatkan standar bagi pengembang seperti Solana meningkatkan standar untuk keterjangkauan dan harga gas. Namun, itu saja tidak cukup untuk membuat “pembunuh Solana.”

“Sui tidak akan menggantikan Solana karena menggunakan Solana tidak buruk, pengalaman pengguna saat ini di Solana sebenarnya lebih baik menurut pendapat saya. Ekosistemnya jauh lebih matang dan produk-produknya mencerminkan hal itu. Pengguna tidak peduli tentang teknologi yang mendasarinya. Mereka peduli tentang hal-hal yang membuat hidup mereka lebih baik,” klaim Kylebuildsstuff.

Penyangkalan

Seluruh informasi yang terkandung dalam situs kami dipublikasikan dengan niat baik dan bertujuan memberikan informasi umum semata. Tindakan apa pun yang dilakukan oleh para pembaca atas informasi dari situs kami merupakan tanggung jawab mereka pribadi.

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Sui Muncul sebagai ‘Pembunuh Solana’ yang Potensial dalam Pertarungan Blockchain: Para Ahli Menimbang

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us