Lakukan 4 Hal Ini agar Kamu Tidak Gugup Saat Berbicara di Depan Umum

lakukan-4-hal-ini-agar-kamu-tidak-gugup-saat-berbicara-di-depan-umum

Maura Valysha Carmelie | Beautynesia

Rabu, 21 Aug 2024 06:30 WIB

Lakukan 4 Hal Ini agar Kamu Tidak Gugup Saat Berbicara di Depan Umum

Foto: Freepik.com/benzoix

Berbicara adalah hal paling sering kita lakukan di kehidupan sehari-hari sebagai makhluk sosial. Melakukan komunikasi dengan satu, dua orang, hingga sekelompok teman dekat kita mungkin adalah hal yang mudah untuk dilakukan. Hal tersebut karena sekelompok orang dengan jumlah yang sedikit akan membuat kita lebih percaya diri dan leluasa untuk menyampaikan sesuatu. 

Beda halnya saat kamu ingin berbicara di depan umum. Bagi sebagian orang, semakin banyak audiens yang mendengarkan mereka berbicara maka semakin terpacu pula rasa gugup dan takut mereka untuk berbicara. Terkadang, ketakutan itu muncul dalam bentuk telapak tangan yang berkeringat atau bahkan jantung berdegup dua kali lebih cepat.

Nah Beauties, jangan khawatir! Berikut ini 4 hal yang dapat kamu lakukan apabila tiba-tiba merasa gugup saat hendak berbicara di depan umum. Simak! 

1. Take A Deep Breath

Ilustrasi/Foto: freepik.com/benzoix

Bernafas. Hal tersebut mungkin terdengar kurang penting untuk mengatasi kecemasan berbicara di depan umum. Namun, ketahuilah, jika bernapas dilakukan dengan benar maka rasa gugup dapat berkurang.

Hal ini disebabkan bernafas dengan teratur dapat membantu menurunkan detak jantung, yang pada gilirannya membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih tenang. Selain itu, dengan bernapas, oksigen yang dialirkan ke dalam tubuh akan semakin banyak sehingga dapat mendorong kita untuk lebih konsentrasi dan membuat pikiran menjadi lebih jernih.

Bernapas dengan benar juga dapat kamu terapkan saat sedang berbicara, lho! Bernapas dapat mempermudah artikulasi dalam berbicara sehingga kamu akan tampil lebih percaya diri dengan apa yang mau kamu bawakan.

2. Pahami Topik

Ilustrasi/Foto: pexels.com/picjumbo

Apakah kamu pernah melihat orang berpidato sambil membaca teks yang ia bawa? Jika iya, kemungkinan orang tersebut belum memiliki persiapan yang matang sehingga gaya berbicaranya cenderung seperti membaca dan menjadi kurang komunikatif.

Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk menghindari hal tersebut adalah dengan memahami betul topik yang akan dibawakan. Selain itu, dengan memahami topik akan membantu rasa cemas yang kamu alami karena ketika kamu menguasai materi yang akan disampaikan, maka rasa percaya diri secara otomatis akan meningkat.

Kamu dapat mengurangi kecemasan berlebihan akan ketidakmampuan menjawab pertanyaan audiens atau ketakutan terbata-bata saat berbicara. Hal ini karena kamu sudah yakin bahwa kamu paham betul dengan topik yang kamu bawakan.

3. Bayangkan Kamu Bisa

Ilustrasi/Foto: pexels.com/annashvets

Sesuatu yang kuat adalah sesuatu yang dibayangkan. Walaupun hanya ada di alam bawah sadar saja, ternyata menurut learnmindpower.com dengan keyakinan ini akan mendorong kamu untuk bertindak sesuai dengan visualisasi kamu, sehingga menciptakan keadaan yang diinginkan.

Visualisasi juga akan membuat kamu lebih berhati-hati dalam bertindak sehingga dapat menarik energi positif di sekitar yang selaras dengan tujuan. Ketika kamu membayangkan kesuksesan saat berbicara di depan banyak orang, maka secara tidak sadar kamu akan mengusahakan visualisasi tersebut hingga kamu benar-benar sukses pada kenyataan. 

4. Perfect Practice Makes Perfect

Ilustrasi/Foto: freepik.com/shaiith

Seperti yang dikatakan Dale Carnegie seorang ahli komunikasi, “Practice doesn’t make perfect. Perfect practice makes perfect”. Berlatih dengan konsisten dan berkualitas merupakan kunci untuk menjadi versi  sempurna dari dirimu saat berbicara di depan umum.

Kamu dapat mulai berlatih berbicara dengan melihat dirimu sendiri di depan cermin karena dengan begitu kamu dapat menilai ekspresi dan gestur tubuhmu. Atau jika kamu ingin melihat reka adegan kamu berlatih berbicara, kamu dapat mulai merekam dirimu sendiri saat sedang latihan.

Setelah kamu merasa puas dengan berlatih melihat diri sendiri, kamu dapat mulai audiens yang berbeda-beda, seperti keluarga, teman, ataupun pasangan. Pandangan yang berbeda-beda dari setiap orang ini akan membuat kamu menerima banyak saran yang membangun untuk kemampuan kamu dalam public speaking!

Berbicara di depan umum ternyata tidak semenyeramkan itu, lho, kalau kamu menyiapkannya dengan baik. Tidak harus langsung sempurna, jika kamu merasa sudah lebih baik dari hari kemarin, maka itu sudah lebih dari cukup! Jangan gugup lagi, ya, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(dmh/dmh)

Komentar

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama memberikan komentar.

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Lakukan 4 Hal Ini agar Kamu Tidak Gugup Saat Berbicara di Depan Umum

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us