Perempuan dan Perbincangan Masa Depan

perempuan-dan-perbincangan-masa-depan

Mubadalah.id – Beberapa hari yang lalu saya sempat mengikuti acara pada salah satu kampus ternama. Acara tersebut pada akhirnya mempertemukan saya dengan teman-teman saya yang merupakan perempuan-perempuan hebat.

Ada banyak sosok perempuan hebat yang saya temui selama empat hari berada di sana. Pertama, saya bertemu dengan teman saya yang kebetulan memiliki profesi mentereng sebagai officium nobile. Kami memperbincangkan banyak hal, termasuk hal-hal random tentang masa lalu yang pernah kami lalui bersama.

Mulai dari menu makanan, pengalaman bertemu orang dengan berbagai latar belakang, sampai pada perbincangan mendalam tentang masa depan. Rasanya obrolan kami tidak akan terhenti sebelum satu sama lain merasakan kantuk dan harus menjeda perbincangan ini untuk kami lanjut esok pagi.

Perempuan Senasib yang Mencoba Melawan Arus Patriarki

Hari kedua, saya bertemu dengan salah satu teman yang berprofesi sama dengan saya. Kami juga memperbincangkan banyak hal. Obrolan kami semakin hangat ketika kami sama-sama memperbincangkan planning masa depan.

Masalah finansial, beban kerja, hingga masalah romansa yang tak sebaik karir kami menjadi perbincangan yang seakan mendominasi ruangan. Kami merasa senasib ketika menjadi perempuan dengan kesamaan latar belakang Pendidikan, namun harus berjuang melawan budaya patriarki yang seakan menjadi pakem lingkungan sekitar.

Kami saling bercerita mengenai pandangan warga kampung yang menganggap perempuan-perempuan seperti kami adalah perawan tua. Memang masyarakat seakan punya standar sendiri untuk mengukur usia pernikahan perempuan. Sementara berbanding terbalik, standar ini tidak berlaku untuk laki-laki.

Perempuan juga Menggunakan Standar Dirinya untuk Menilai Perempuan Lainnya

Perempuan karir selalu dijustifikasi menjadi perempuan pembangkang. Ya, itu biasanya yang sering kami dengar. Sebenarnya bukan membangkang, tapi lebih kepada perempuan semacam teman-teman saya adalah perempuan-perempuan yang berprinsip.

Makanya tidak kaget kalau ada orang selalu melontarkan kata-kata “perempuan tidak usah sekolah tinggi-tinggi, nanti laki-laki tidak ada yang berani mendekat” atau “perempuan yang pendidikannya lebih tinggi daripada laki-laki, biasanya akan sering membantah”. Kami rasa hanya orang-orang yang memiliki insecurity saja yang bisa mengatakan hal ini.

Berbanding terbalik dengan para secure attachment (orang-orang yang merasa aman dan percaya diri), mereka akan lebih menghargai perempuan semacam teman-teman saya. Kecerdasan dan karakter yang membentuk dirinya hingga menjadi orang seperti sekarang ini, saya rasa pantas untuk mendapatkan apresiasi.

Nasib orang tentu tidaklah sama. Ada yang mencapai kesuksesan saat masih muda, ada juga yang masih baru merintis saat usianya beranjak tua. Beberapa juga sudah menikah pada usia yang masih belia dan ada juga yang menikah pada usia yang tak lagi muda. Semua sudah ada ketentuannya masing-masing.

Kebanyakan orang selalu memaksakan kehendak dan standarnya bagi orang lain. Padahal itu semua belum tentu cocok dengan kehidupan orang lain. Ada yang menikah muda karena ia tidak menjadi sandwich generation. Ada yang memilih menunda pernikahan karena ia memang menjadi support system bagi keluarganya. Semua tidak harus melalui jalan yang sama.

Alpha Female dan Mubadalah sebagai Relasi

Masing-masing memiliki jalan dan prinsip hidup sendiri-sendiri. Perempuan semacam alpha female misalnya, tidak akan mudah menjatuhkan pilihan, terlebih dalam masalah memilih pasangan. Mereka mempunyai prinsip yang tidak mudah roboh dengan terpaan dan cacian.

Ada hal-hal penting yang selalu menjadi pertimbangan. Bagaimana melangkah ke depan, membahagiakan pasangan dan benar-benar siap menjalani kehidupan rumah tangga adalah hal besar yang perlu kematangan.

Alpha female tidak akan gegabah dengan memilih orang yang akan membelenggu dirinya. Ia akan memilih laki-laki yang mendukungnya dan mampu bekerja sama. Relasi mubadalah atau kesalingan yang mendudukkan keduanya sebagai pasanganlah yang ingin dicapainya.  Bukan relasi saling mendominasi.

Pandangan-pandangan seperti itu tentu tidak semua orang miliki. Bahkan paradigma patriarki selalu meracuni pemikiran perempuan non alpha untuk bergantung kepada laki-laki.

Alih-alih memilih hidup tidak mandiri dan menyusahkan laki-laki, Alpha female pasti akan lebih senang jika bisa berdiri di kakinya sendiri, menjadi manusia yang utuh dan bisa saling memberi support kepada pasangan masing-masing. []

0
joy
Joy
0
cong_
Cong.
0
loved
Loved
0
surprised
Surprised
0
unliked
Unliked
0
mad
Mad
Perempuan dan Perbincangan Masa Depan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Install App

By installing our application, you can access our content faster and easier.

Login

To enjoy Kabarwarga privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Follow Us